klik soreang 30/03/2017

10 Tips Agar Anak Senang Membaca – Dibandingkan dengan membaca, anak-anak lebih condong untuk memilih kegiatan selain membaca. Mereka merasa senang dan gembira bila kegiatannya kotor-kotoran, basah-basahan, lari-lari dan lain-lain.

Padahal seandainya saja mereka memilih kegiatan membaca maka mereka tentu saja akan bertambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Tapi ya itulah, namanya juga anak-anak.

Maka di sini diperlukan peran orangtua atau guru atau siapa saja yang bertanggung jawab atas perkembangan dan pertumbahan anak-anak untuk bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan menggembirakan dari membaca.

Peter Corey, seorang penulis buku anak terkenal menganjurkan sebuah cara mengajari anak membaca sehingga kegiatan membaca menjadi menyenangkan. Caranya adalah dengan membaca bersama-sama dengan mereka (anak-anak), atau membaca bersama si kecil – anak kita.

Membaca merupakan salah satu kegiatan positif dan edukatif, pasalnya kegiatan ini mampu meningkatkan minat baca anak-anak. Menyitat informasi yang ditulis oleh female first, Ada 10 Tips Agar Anak Senang Membaca versi Peter Corey yang bertujuab agar anak-anak bisa memiliki minat baca dan meningkatkannya. 

[1] Membaca Bersama Selama 10 Menit

Membaca bersama yang dilakukan selama 10 hingga 5 menit setiap harinya itu lebih efektif dalam upaya meningkatkan minat baca pada anak-anak. Jika Anda tidak menemukan waktu yang pas selama seharian bisa memanfaatkan waktu sebelum tidur dipakai dengan membaca bersama buah hati Anda.

[2] Jangan Memaksa Anak untuk Membaca Sesuai Aturan Waktu

Walaupun membaca adalah aktifitas yang menyenangkan, namun tetap saja orang dewasa harus menghindari memaksakan anak agar membaca padahal si kecil lelah sebab banyak kegiatan. Coba kita membiarkan ia memiliki kesadaran untuk memulai membaca.

[3] Mendiskusikan Bacaan Si Kecil

Pada saat si kecil menyelesaikan kegiatan membacanya, Anda bisa memberikan kesempatan beberapa menit untuk si kecil guna memberikan pendapat, kesan, ide tentang cerita yang sudah dibacanya. Sebaiknya kita menjadi pendengar yang baik atas semua  yang diutarakannya lalu didiskusikan. Cara ini efektif bagi kita -orangtua- untuk mengetahui apakah anak memahami isi buku yang telah dibacanya.

[4] Pergunakan komponen Buku Bacaan  

Di dalam sebuah buku terdapat beberapa komponen pendukung isi bacaan. Orangtua bisa mempergunakan komponen tersebut sebagai fasilitas pendukung cerita. Sebagai contoh; menikmati setiap gambar pada buku cerita tersebut. Biasanya, setiap anak akan merasa lebih mudah memperoleh pemahaman dengan bantuan gambar.

[5] Memilih Tema Bacaan Kesukaan Anak Kita

Setiap orang dewasa dalam kegiatan membaca bersama anak-anak dianjurkan untuk memilih cerita yang sederhana, lucu dan menarik. Jika perlu, Anda memilih buku cerita yang menjadi tema kesukaannya.

[6] Selalu Mencari Tema yang Menarik

Kita maklumi bersama bahwa tema cerita buku anak-anak sangat beragam. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membeli buku dengan cerita menarik pada toko buku yang menyediakannya di bagian khusus anak.

[7] Mengubah Isi Cerita dengan Bahasa Sehari-hari

Nah ini sedikit tantangan bagi orang dewasa yang akan membaca buku bersama-sama dengan anak-anak. Awali dengan menyederhanakan penggunaan beberapa kata yang akan diucapkan. Lalu biasakan menghindari bacaan dengan kalimat yang panjang serta sulit dimengeri oleh anak. Selanjutnya, jika anak Anda tidak mengerti dengan alur cerita, langkah yang bisa Anda ambil adalah menggunakan bahasa sehari-hari sehingga anak bisa lebih mudah untuk mengerti.

[8] Putuskan dengan Cepat Layak atau Tidak Buku yang Akan Dibeli

Bagi setiap orang dewasa yang akan membeli buku bacaan anak, supaya tidak ragu-ragu dalam menilai buku. Biasanya, sebelum membeli, kita akan menilai layak atau tidak itu dari sampul dan siapa penulisnya.

[9] Tidak Usah Kuatir dengan Anak Keseringan Membaca Buku Kesukaannya 

Pada umumnya, anak-anak jamak yang menikmati kegiatan yang sifat berulang-ulang termasuk dalam membaca sebuah buku. Pasalnya, pemandangan tersebut mampu membantu setiap dari mereka untuk bisa lebih memahami cerita. Jadi, tidak usah kuatir dengan kondisi anak yang keseringan membaca buku kesukaannya.

[10] Jangan Pelit untuk Memuji Anak yang Berusaha Membaca Buku 

Perlu bunda sadari, ketika anak melakukan kesalahan dalam membaca, maka biarkan ia mengetahui apa kesalahannya. Dengan begitu, anak akan semakin sempurna dalam peningkatan membacanya. Selanjutnya, berikanlah pujian kepada anak Anda yang telah berusaha untuk membaca.

Itulah 10 Tips Agar Anak Senang Membaca – Pembaca … Khususnya orangtua di mana saja Anda berada, mari kita ciptakan suasana yang menyenangkan dan menggembirakan agar Anak hobi membaca dan memiliki minat baca yang tinggi. [w3/03-IBD] 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: