klik soreang 10/06/2014

Sebelum kita lanjutkan pembahasan artikel tentang, Bisnis di Soreang, Anda akan saya ajak untuk memerhatikan isu penting yang disampaikan oleh Samsul Hadi. Dalam sebuah kesempatan seminar yang dilaksanakan pada 21 Maret 2014 silam (baca artikelnya di sini) mengatakan, kedudukan UMKM sangat penting bagi pembangunan di Indonesia. UMKM menyumbang 56 % dari total pendapatan domestik bruto (PDB) dan mampu menciptakan lapangan kerja baru tanpa harus membebani pemerintah. Saat ini tercatat 98 % dari dunia usaha di tanah air adalah UMKM.”

Dari pernyataan di atas, terdapat korelasi antara bisnis di Soreang dengan UMKM. Banyak warga Soreang yang berhasil menciptakan lapangan kerja baru tanpa bantuan dari pemerintah. Beberapa usaha yang terdapat di Soreang, yaitu:

  1. Bisnis pulsa dan token listrik,
  2. Bisnis konveksi, seperti; pengadaan baju murah untuk pria dan wanita, anak-anak dan dewasa,
  3. Grosir sembako,
  4. Pedagang obat herbal dan madu,
  5. Pedagang alquran dan buku,
  6. Produsen bakso,
  7. Produsen kue kering atau basah
  8. Distro atau clothing
  9. Cafe atau kuliner
  10. dan lain-lain.

Bisnis di Soreang ini menunjukkan bahwa masyarakatnya telah mengambil peran sebagai individu yang mampu menciptakan lapangan kerja baru. Karena biasanya, usaha yang berhasil memerlukan sumber daya manusia yang seimbang dengan produksi yang dikeluarkan. Ini yang perlu diketahui dan patut dibanggakan.

Selain itu, dalam menjalankan bisnis di Soreang, warganya perlu mengasah ilmu tentang pemanfaatan teknologi dan informasi. Hal ini perlu dilakukan guna menunjang bisnis yang dijalankan. Internet adalah jawabannya.

Dengan internet semua bisnis yang dijalankan akan semakin efektif dari segi waktu sebab internet mampu mengakses data serta informasi dengan cepat. Bahkan internet bila dilibatkan dalam bisnis, akan menghemat waktu, serta tidak terbatas jangkauan bisnisnya. Jejaring sosial sebagai bagian dari internet pun mengambil peran yang juga dominan dalam menjalankan bisnis.

Populasi pengguna Facebook -sebagai jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia- kini telah membawa Indonesia ke peringkat 4 sebagai Pengguna Facebook Terbanyak di Dunia.

Untuk itu melalui artikel Bisnis di Soreang ini, diharapkan bisa memberikan motivasi, bahwa UMKM perlu belajar tentang Internet Dasar, antara lain:

  • Belajar membuat email,
  • Belajar membuat akun jejaring sosial,
  • Belajar membuat blog serta toko online,
  • dan belajar cara beriklan agar usaha yang dijalankan bisa masuk ke dalam hasil mesin pencarian sehingga pengguna internet yang sedang membutuhkan produk yang diinginkannya.

Dalam rangka mewujudkan Bisnis di Soreang, pada tanggal 15 Juni 2014 di Sudut Baca Soreang (SBS) – sebuah taman bacaan masyarakat – akan mengadakan pelatihan Internet Dasar; cara membuat email, berjejaring, dan nge-blog untuk bisnis. Pelatihan ini hasil kerjasama SBS dengan Perpuseru, Coca-Cola, Bapapsi dan Relawan TIK kabupaten Bandung.

Itulah sekilas tentang Bisnis di Soreang, dan mudah-mudahan pelatihan yang akan diselenggarakan bisa melahirkan pelaku bisnis online yang sukses.

Anda warga Soreang? 
Memiliki bisnis dan ingin dikenal oleh banyak orang? 
Hub. Klik Soreang: 089651415992 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: