klik soreang 17/06/2014

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dari beberapa wilayah kabupaten Bandung berhasil menggelar sebuah pelatihan Internet Dasar. Hal ini sebagai perwujudan dari Program Rencana Tindak Lanjut dengan tema, “Seminar Pemanfaatan Teknologi Informatika untuk pengembangan Usaha”. Pelatihan internet dasar ini merupakan kolaborasi antara; Sudut Baca Soreang (SBS), Coca-Cola Foundation, Perpuseru, Bapapsi serta Relawan TIK sebagai instrukturnya.

Pelatihan tersebut bertempat di kediaman Agus Munawar pemilik sekaligus pengelola SBS, Perum Griya Prima Asri Blok A32-33 RT 03 RW 16 desa Ciwaru kec. Ciwaru kabupaten Bandung jam 08.00 – 12.00 WIB , dengan jumlah peserta sebanyak 45 orang yang terbagi dalam 2 kelas. Setiap peserta sudah memiliki usaha yang telah dijalaninya selama ini. Beberapa diantaranya; pengusaha kue kering, konveksi jaket kulit, kelompok tani bidang pupuk cair organik, cenderamata boneka flanel, dan obat herbal.

Relawan TIK Jalani Tugas Melatih UMKM
Dari hasil obrolan Klik Soreang dengan Anita Emmayanti, Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Informasi BAPAPSI, Emma menyatakan, “Belum ada aktifitas kerelawanan yang signifikan terjadi. Padahal, masih banyak masyarakat yang memerlukan pengetahuan teknologi dan informasi yang itu merupakan tugas Relawan TIK”.

Dengan instruktur dari RTIK pada pelatihan tersebut di atas menjadi sebuah jawaban sekaligus pembuktian bahwa Relawan TIK kabupaten Bandung telah kembali bertugas dan bekerja. RTIK Kabupaten Bandung sudah mulai kembali untuk mendorong masyarakat agar mengambil manfaat dari Internet. Hal ini nampak dari materi yang diajarkan; membuat email, membuat akun Facebook baik fanpage dan grup, juga pembuatan blog. Semua materi ini diperlukan oleh pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk bisnis online.

Antusiasme peserta

Suasana kelas internet dasar

Kelas internet lanjutan

Peserta tengah memuat blog untuk jualan

Semoga dengan adanya Relawan TIK Jalani Tugas Melatih UMKM ini mampu mengurangi kesenjangan digital yang terjadi di kabupaten Bandung.

2 thoughts on “Relawan TIK Jalani Tugas Melatih UMKM

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: