klik soreang 18/12/2014
Saat ini peran SMK tidak bisa dianggap remeh, tidak adalagi kedudukan SMK sebagai sekolah cadangan yang menjadi pilihan kedua apabila tidak bisa masuk ke SMA yang diinginkan. Paling tidak ada beberapa alasan kuat kenapa Pembaca harus memilih SMK sebagai pilihan utama dalam memilih. Melansir sebuah blog tentang SMK, berikut 5 (lima) alasan memilih SMK, antara lain: 
  1. Setiap siswa akan dibebekal mengenai ilmu pengetahuan khusus yang sesuai dengan minat serta kemampuan masing-masing siswa.
  2. Siswa akan didorong untuk memiliki bakat berwirausaha (enterpreneurship atau kewirausahaan). Nantinya, setiap siswa SMK terbiasa memiliki etika serta etos kerja yang tinggi.
  3. Siswa SMK akan selalu diberikan dasar ilmu (basic) tentang pelatihan kerja atau biasa disebut dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
  4. Siswa akan diberikan kemampuan guna menentukan pilihan bidang keterampilan serta keahlian yang harus dikembangkan.
  5. Lulusan SMK cepat memperoleh pekerjaan, seiring dengan banyaknya perusahaan yang menginginkan pekerja dari lulusan SMK dengan ilmu yang segar atau fresh graduate.

Sejarah Sekolah Menengah Kejuruan Indonesia

Berbicara mengenai Sejarah Sekolah Menengah Kejuruan Indonesia, terdapat sedikit catatan tapi padat yang bisa dijelaskan. Penamaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah hasil revolusi dari nama-nama sebelumnya. Di dalam sejarah pendidikan Indonesia, sebelum SMK dikenal yang namanya STM yang merupakan akronim dari Sekolah Teknologi Menengah, ada lagi SMEA singkatan dari Sekolah Menengah Ekonomi Atas, ada juga Sekolah Menengah Industri dan Kerajinan disingkat dengan SMIK, Sekolah Menengah Musik (SMM) dan lain-lain.

Melihat isu-isu yang berkembang di masyarakat tentang SMK, bisa dirasakan banyak hal positif yang bisa menjadi sumber inspirasi, seperti; produk otomotif lahir dari keahlian anak-anak SMK, contoh: mobil Esemka, komputer Zyrex, Buggy Car dan lain-lain. Belum lagi bila kita berbicara kiprah anak-anak SMK di kancah internasional, semisal pelajar SMK Indonesia memenangkan kontes dalam ajang World Skill Competition – kompetisi tingkat dunia yang memperlombakan keahlian dan Indonesia meraih medali emas, perak juga Medallion excellence.

Itulah mengapa saat ini Sekolah Menengah Kejuruan sudah menjadi  bagian terpadu dari Sistem Pendidikan Nasional. Di samping bertujuan guna menyiapkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), SMK berkomitmen untuk membantu mengurangi jumlah pengangguran usia produktif.

Berikut ini 10 SMK Terbaik yang bisa dijadikan acuan buat pembaca Klik Soreang.
1) SMK Negeri 13 Bandung

SMK ini memiliki dua program keahlian, yaitu bidang Analisis Kimia dan Teknik Komputer Jaringan.Sejarah SMKN 13 Bandung ini cukup panjang lho. SMK ini bermula dari pendidikan analis kimia di bawah pengelolaan Departemen Kimia Institut Teknologi Bandung (Sekolah Analis Kimia ITB) mulai tahun 1938 yang dipelopori oleh Prof.C.O.SCHAEFFER.

Pada tahun 1988 pengelolaannya dialihkan ke Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat, intinya diganti nama gitu jadi SMT Kimia. Akhirnya, SMT Kimia diubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 13 Bandung Program Keahlian Analisis Kimia.

2) SMK Negeri 1 Cimahi (STM Pembangunan Bandung)

SMKN 1 Cimahi atau STM Pembangunan Bandung ini diresmikan pada tanggal 24 Maret 1977. SMKN 1 Cimahi memiliki peran sebagai SMK  yang menyelenggarakan Program Pendidikan Kejuruan 4 Tahun, dan merupakan salah satu SMK dari 8 (delapan) SMK Negeri di Indonesia yang memiliki program 4 (empat) tahun.

Sekolah di SMK yang memiliki lama belajar 4 tahun, siswa/siswinya akan memiliki sertifikat kompetensi yang berbeda dibanding SMK lain. Terus, ijasahnya setingkat D-1. Sekarang, SMKN 1 Cimahi memiliki beberapa jurusan/kompetensi keahlian, semisal:
1. Teknik Pendingin dan Tata Udara

2. Teknik Otomasi Industri / Listrik Industri

3. Kontrol Proses

4. Kontrol Mekanik

5. Teknik Elektronika Komunikasi

6. Teknik Elektronika

7. Teknik Komputer dan Jaringan

8. Rekayasa Perangkat Lunak

9. Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian


3) SMK N 2 Depok ( STM Pembangunan Yogyakarta)

SMK yang berada di kota pelajar, Yogyakarta ini adalah sebuah lembaga pendidikan teknik yang dahulu diresmikan tanggal 29 Juni 1972 oleh Presiden Soeharto. Masa pendidikan yang harus ditempuh yaitu 4 tahun. SMK ini memang salah satu dari 8 SMK Perintis yang memang memiliki masa belajar 4 tahun. Pada 7 Maret 1997 nama sekolah ini berubah menjadi SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta.

SMKN 2 Depok saat ini merupakan SMK dengan jurusan terbanyak se-Yogyakarta, yaitu:

1. Teknik Audio Video

2. Teknik Perbaikan Bodi Otomotif (Otomotif)

3. Teknik Permesinan

4. Teknik Gambar Bangunan

5. Teknik Informatika (Teknik Komputer dan Jaringan)

6. Geologi Pertambangan

7. Kimia Industri

8. Kimia Analisis

9. Teknik Otomasi Industri

10. Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia

11. Teknik Kendaraan Ringan

Perlu pembaca ketahui, SMKN 2 Depok ini merupakan satu-satunya SMK di Indonesia yang memiliki jurusan geologi pertambangan.

4) SMK Negeri 26 Jakarta ( STM Pembangunan Jakarta)

SMKN 26 Jakarta, merupakan sebuah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang terletak di Jl. Balai Pustaka Baru I, Jakarta Timur, Indonesia. SMK Negeri 26 Jakarta memiliki 6 jurusan, yaitu:
1. Teknik Kendaraan ringan

2. Teknik Komputer Jaringan

3. Teknik Instalasi Listrik

4. Teknik Elektronika

5. Teknik Gambar Bangunan

6. Teknik Mesin Permesinan

5) SMKN 7 Semarang ( STM Pembangunan Semarang)

Sekolah ini berdiri pada tahun 1971, dan diresmikan pada tanggal 7 Juni 1971, juga oleh Presiden Soeharto.
Dan, pada tahun 1986 nama sekolah ini berubah menjadi STM Pembangunan Semarang. SMK ini beralmat di jalan Simpang Lima, RT 02 RW 01 Kel. Mugasari, Kec. Semarang, Kota Semarang 50243.

SMK ini memiliki beberapa jurusan, yaitu:

1. Teknik Audio Video

2. Teknik Elektronika Industri

3. Teknik Gambar Bangunan

4. Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik

5. Teknik Kendaraan Ringan

6. Teknik Komputer dan Jaringan

7. Teknik Konstruksi Batu dan Beton

8. Teknik Mekatronika

9. Teknik Pemesinan

6) SMK Negeri 5 Surabaya ( STM Pembangunan Surabaya)

SMK ini didirikan pada tanggal 22 Mei 1975, dan memiliki tujuh program studi, antara lain:

1. Teknik Gambar Bangunan

2. Audio Video

3. Teknik Listrik

4. Teknik Pemesinan

5. Teknik Kendaraan Ringan

6. Kimia Industri

7. Kimia Analis.

7) SMK Negeri 1 Bekasi 

SMK ini didirikan tahun 1997 serta memiliki 4 (empat) program keahlian yaitu;
1. Teknik Otomotif
2. Teknik Mesin,
3. Teknik Kendaraan Ringan, dan
4. Teknik Pemesinan

8) SMK Negeri 3 Bandung 

Bila sebelumnya sudah disebutkan rata-rata SMK dengan kategori tekhnologi. Berikut ini SMK non-teknologi. SMKN 3 Bandung, misalnya – SMKN 3 Bandung merupakan salah satu SMK terbaik di Indonesia yang masuk dalam kategori SMK non teknologi. Sekolah ini mempunyai bebeapa program, antara lain:
1) program keahlian Administrasi Perkantoran,
2) Akuntansi,
3) Pemasaran,
4) Usaha Perjalanan Wisata, dan
5) Multimedia.

9) SMK Negeri 4 Malang (SMK Grafika)

SMK di atas beralamat di Jl. Tanimbar 22 Malang. Memiliki 6 jurusan, yaitu:
1) Produksi Grafika,
2) Persiapan Grafika,
3) Multimedia,
4) Rekayasa Perangkat Lunak,
5) Animasi, dan
6) Teknik Komputer Jaringan.

10) SMK Negeri 2 Kasihan (Sekolah Menengah Musik) 
Sekolah ini memiliki tagline, Sekolah Musiknya Indonesia. SMK ini didirikan atas inisiatif masyarakat musik dan budayawan yang ada di Indonesia (khususnya pemusik Kraton Yogyakarta), pada tanggal 17 Desember 1951. Pada tahun 1997, nama Sekolah Menengah Musik (SMM) diganti dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri II Kasihan.
Sekolah musik inipun sebagai satu-satunya sekolah di Indonesia yang memiliki program keahlian musik klasik. Yang menarik, kegiatan Praktek Kerja Industri di sekolah ini bisa ditempuh dengan mengembangkan atau menciptakan industri sendiri, teaching factory dan teaching industry yang bekerjasama dengan relasi orchestra.

Itulah sekilas informasi tentang Sejarah Sekolah Menengah Kejuruan Indonesia yang KLIK Soreang peroleh dari dua sumber (Pizna dan SMK Esemka)

2 thoughts on “Sejarah Sekolah Menengah Kejuruan Indonesia

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: