klik soreang 27/05/2015
Saat ini beragam obat tetes mata tersedia di apotek, bahkan di mini market pun mudah sekali ditemukannya. Akan tetapi dengan semakin beragamnya obat tersebut, sepatutnya masyarakat semakin jeli dalam memilih. Dan disarankan, setiap orang tidak terlalu sering menggunakan obat tetes mata sebab hal ini bisa mengganggu pola kerja mata.

Lalu bagaimana solusi terbaik agar kita tidak salah dalam memilih obat tetes mata? Jawabannya, kita harus senantiasa melakukan perawatan tanpa ketergantungan dengan obat tetes mata. Anda perhatikan 10 Tips Merawat Kesehatan Mata berikut ini.
  1. Jangan terlalu dekat saat menonton televisi, mentang-mentang suka Persib, Bobotoh pula – nonton pertandingan sepakbola kalo tidak depan sekali rasanya kurang afdol. Silakan perhatikan jarak ideal menonton televisi di bawah ini.
  2. 5 x diagonal layar TV. Contoh: diagonal TV ukuran 21 inci, maka jarak idealnya 5 x 21 inci sama dengan 105 inci atau 25,6 meter. Maka, semakin besar ukuran diagonal layar televisi otomatis jarak pandang terdekatnya bertambah jauh. Manfaat dari memperhatikan jarak pandang ideal, mata akan menjadi relaks, lensa mata menangkap gambar dengan usaha tanpa harus bekerja keras. Bila lensa mata terus menerus bekerja keras, lensa mata menjadi cembung sehingga dikemudian hari butuh kacamata. Juga perhatikan hal-hal yang akan membuat mata menjadi tegang dan lelah, antara lain; membaca buku terlalu dekat dan bermain game terlalu dekat. Saat membaca buku, sebaiknya menggunakan alat penerang serta tidak dianjurkan membaca sambil tiduran.
  3. Bekerja di depan komputer, bermain game, serta nonton TV tidak boleh terlalu lama, pasalnya radiasi yang terpancar dari layar dapat berakibat buruk bagi mata.
  4. Seringlah mengalihkan mata ke arah pandangan lain dan berkedip yang banyak.
  5. Di saat mata gatal, jangan menggosoknya dengan kasar serta berlebihan, begitupun saat mata kemasukan benda asing.
    10 Tips Merawat Kesehatan Mata
    10 Tips Merawat Kesehatan Mata

  6. Gunakan kacamata atau pelindung kepala seperti helm yang berkaca saat beraktifitas di luar ruangan, tujuannya menghindari debu dan polusi yang bisa membuat mata iritasi, bahkan lebih parahnya lagi; debu berpotensi membuat mata infeksi dan katarak.
  7. Saat berkegiatan di luar ruangan, pakailah topi untuk menghindari paparan langsung sinar matahari, perlu juga untuk mengenakan kacamata berlensa gelap (sunglasses), guna menyaring 100% sinar ultraviolet (UV).
  8. Konsumsilah makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin A, seperti alpukat, tomat, pepaya, wortel dan aneka sayuran hijau. Salah satu suplemen herbal yang mengandung beta carotene alias unsur wortel ekstrak, yaitu Tiens Renuves Capsules.
  9. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang berfungsi sebagai antioksidan, misal; berry, jeruk, plum, serta ceri. Semua buah-buahan tersebut mampu meminiimalisir kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
  10. Konsumsi asam lemak omega-3 dari ikan salmon, halibut dan tuna guna melindungi saluan air mata, lensa, meminimalisir kekeringan pada mata dan mencegah katarak.
Itulah 10 Tips Merawat Kesehatan Mata –  dengan memahami tips-tips tersebut di atas, setiap orang tidak akan ketergantungan dengan obat tetes mata. Sebab, keseringan menggunakan obat tetes mata mampu menimbulkan suatu penyakit mata yang tidak diinginkan. Cara terbaik sebelum menggunakan obat tetes mata adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: