klik soreang 05/05/2015
Guru adalah seseorang yang harus digugu (dipercaya) serta diteladani atau ditiru. Sudah sepatutnya setiap anak didik mematuhi kepada gurunya. Kalimat bijak menyebutkan, “Bila ingin melihat kualitas suatu bangsa maka lihatlah kualitas gurunya.” Sebab guru yang berkualitas akan memiliki karakter yang baik, yang dapat ditiru oleh peserta didiknya.

Inilah 6 Ciri-Ciri Guru yang Berkarakter.

  1. Mencintai anak-anak. Mencintai anak-anak dengan segenap hati merupakan modal yang harus dimiliki oleh seorang guru. Guru yang mencintai anak didiknya akan berusaha mencintai anak didiknya dengan cara yang menyenangkan.
  2. Memahami latar belakang sosial budaya peserta didiknya. Guru yang berkarakter akan senantiasa memahami kebiasaan anak didik berdasarkan latar belakang sosial budaya mereka. Sehingga hal ini akan memudahkan guru untuk menjalankan metodologi pengajaran dengan tepat. Dan siswa pun akan merasakan kemudahan dalamm menyerap ilmu pengetahuan yang diberikan oleh guru serta memahami nilai-nilai yang ditanamkan. Guru yang memahami latar belakang sosial budaya para muridnya akan menjalankan proses belajar mengajar tanpa ada unsur-unsur diskriminatif bahkan akan memberikan pemahaman yang mendalam bagi pribadi seorang guru. Setiap guru yang memahami bahwa setiap individu siswa memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing tentunya akan membuahkan sikap saling menghargai akan kelebihan dan kekurangan bersama.
  3. Mampu mengendalikan emosi dengan stabil. Saat berhadapan dengan siswa-siswanya, seorang guru harus mampu mengendalikan emosi. Dengan sikap dan perilaku yang beraneka ragam yang ada pada masing-masing individu siswa tentu saja ini tantangan yang besar dan berat yang harus dihadapi.

    Guru harus bertutur kata yang baik, sopan dan tetap bersikap ramah dalam membangun suasana kelas yang bersahabat penuh keakraban. Sebab sangatlah rugi bila seorang guru memasang muka masam, berkata kasar dan bersikap arogan di hadapan para murid-muridnya. Bila ini terjadi akan memancing ketidaksukaan para murid dan suasana kelas akan menjadi tegang dan kaku yang berujung muncul rasa kebencian kolektif dari murid terhadap guru. Guru harus menghindari praktek penghukuman yang over acting atau berlebihan dan tidak mendidik, baik yang menyakiti secara fisik ataupun non fisik.

  4. Memiliki Jiwa Motivator. Guru yang baik memiliki daya motivasi yang tinggi. Dengan memiliki jiwa motivator akan mampu mengarahkan anak didik ke arah yang baik dan disenangi. Dengan pengaruh positif yang ditularkan oleh guru kepada murid-muridnya akan mengubah sikap bodoh, keadaan miskin. Juga jiwa berbagi yang ditanamkan oleh seorang guru mampu mengubah kondisi menjadi lebih baik, memunculkan rasa percaya diri murid yang tinggi, memberikan keyakinan yang kuat bahwa di masa yang akan datang setiap murid akan menjadi pribad yang mandiri, cerdas dan bermasa depan yang cerah. 
  5. Guru mencintai profesinya. Memiliki rasa mencintai profesinya sebagai guru pun bisa menjadi modal dasar untuk mengerjakan tugasnya dengan penuh keseriusan, perhatian, mencurahkan keahliannya dengan profesional dan intelektual. Serta guru dengan sikap seperti ini akan berusaha semaksimal mungkin melakukan yang terbaik untuk murid-muridnya. Selain totalitas, guru pun akan senantiasa bersikap secara loyalitas, tanggung jawab terhadap profesinya dan tujuannya dalam mendidik.
  6. Tidak pernah berhenti belajar. Seperti yang diucapkan oleh mantan bos Apple, mendiang Steve Jobs, Stay hungry stay foolish. Guru harus senantiasa merasa lapar dan haus untuk terus belajar, dan merasa ‘bodoh’ supaya termotivasi untuk terus belajar. Sehingga guru selalu mengetahui isu terkini, mengikuti perkembangan jaman dan teknologi, berilmu, cerdas dan berwawasan yang luas.

6 Ciri-Ciri Guru yang Berkarakter

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan pernah menyatakan, “Tokoh Pendidikan Moderen, Ki Hajar Dewantara menyebut sekolah sebagai taman. Artinya, ketika anak datang ke sekolah akan membawa perasaan senang dan gembira saat mendatanginya. Dan merasa berat hati untuk beranjak pulang.”


Bila ditarik benang merah dari ucapan pak menteri di atas, sekolah bisa dibentuk dan dijadikan tempat bermain yang menyenangkan bagi para siswa. Perlu kesadaran dan semangat yang tinggi dari semua elemen pendidikan di sekolah mulai dari kepala sekolah serta bapak / ibu guru. 

6 Ciri-ciri Guru yang Berkarakter



Itulah sekilas informasi pendidikan tentang 6 Ciri-Ciri Guru yang Berkarakter – Tidak ada maksud menggurui sekadar sharing dari apa yang sudah Klik Soreang dapatkan dari pemberitaan seputar dunia pendidikan. Semoga artikel ini bisa menjadi penyemangat dan dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional (diperingati setiap 2 Mei) yang disesuaikan dengan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yang kini sudah memasuki usia ke-126 tahun.

Maju Terus Pendidikan Indonesia. Hidup guru!

1 thought on “6 Ciri-Ciri Guru yang Berkarakter

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: