klik soreang 04/08/2015

Sebelum dilanjutkan uraian dari artikel kesehatan dan herbal Manfaat Kayu Manis Plus Madu Bagi Kesehatan. Mari kita kembali mengulas sekilas informasi mengenai kandungan kayu manis dan madu.

Dari Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedi Bebas disebutkan, Kayu manis atau Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum merupakan sejenis pohon yang menghasilkan rempah-rempah beraroma, manis, namun juga pedas. Dan kayu manis pun merupakan satu dari sekian banyak bumbu yang sejak lama digunakan oleh manusia, seperti digunakan oleh orang Mesir Kuno sekira 50 abad yang lampau.

Manfaat Kayu Manis plus Madu bagi Kesehatan
Manfaat Kayu Manis plus Madu bagi Kesehatan

Kayu manis pun dikenal sebagai makanan penunjang yang mampu melawan beberapa penyakit. Dengan dicampur madu, kayu manis berkhasiat menyembuhkan penyakit radang sendi, kulit, jantung dan perut kembung.

Sedangkan madu, cairan alami yang dihasilkan dari ‘kerja’ lebah ini memiliki banyak manfaat. Anda bisa membaca: 6 Manfaat Madu. Perlu diketahui pula bahwa per 100 gram-nya madu mengandung nutrisi berupa karbohidrat, gula, serat pangan, protein, air, riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), kalsium, besi, asam pantotenat (vitamin B5), vitamin B6, folat (vitamin B9), vitamin C, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, dan energi.

Manfaat Kayu Manis Plus Madu Bagi Kesehatan

Kini kita kembali ke topik artikel Manfaat Kayu Manis Plus Madu Bagi Kesehatan. Di dalam tubuh setiap orang terdapat platelet atau jamak orang mengenalnya dengan istilah kedokteran; trombosit. Mengacu pada laman kamus kesehatan dijelaskan, “Platelet merupakan potongan kecil dari sebuah sel yang terlepas dari sel besar yang ditemukan pada sumsum tulang yang bisa membantu menyembuhkan luka serta membentuk gumpalan darah tujuannya untuk mencegah perdarahan.”

Sedikitnya ada 13 Manfaat Kayu Manis plus Madu bagi Kesehatan.

  1. Menurunkan kolesterol. Kombinasi antara kayu manis dengan madu mampu meringankan penyembuhan dalam upaya menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh hingga mencapai 20%. Pembaca, Anda bisa mencobanya dengan mencampurkan 1 sdt madu dengan 1 jumputan kayu manis bubuk pada teh (BACA: Manfaat Teh Hijau). Biasakanlah dengan meminumnya 2 kali setiap hari.
  2. Meredakan Nyeri Sendi. Manfaat kayu manis plus madu bagi kesehatan yang ke-2 adalah kemampuannya untuk meredakan nyeri sendi, yaitu memberikan dampak positif bagi arthritis kronis. Anda cukup menambahkan 1 sdt madu yang dicampur dengan ½ sdt kayu manis ke dalam segelas air putih, rutinkan dengan meminumnya 2 kali setiap hari di saat perut tengah kosong.
  3. Mengatasi Flu. Cobalah Anda campurkan kayu manis dengan air madu hangat, karena ini baik guna menyembuhkan pilek dan sinusitis. Biasakanlah dengan meminumnya 2 atau 3 kali setiap hari.
  4. Menurunkan Berat Badan. Campuran kayu manis dengan madu mampu pula mencegah pembentukan lemak. Silakan Anda campurkan 2 sdt madu dengan sejumput bubuk kayu manis dalam air hangat. Minumlah setiap sebelum sarapan dan sebelum tidur saat perut kosong.
  5. Menambah Energi. Seringkali orang mengeluh masalah lemah, letih dan lesu (3L). Dengan memanfaatkan kayu manis plus madu, masalah 3L tadi bisa tertanggulangi. Untuk menambah energi atau pembangkit stamina, coba Anda campurkan sejumput kayu putih ditambah dengan vitamin c yang segar dari perasan air jeruk lemon plus 1 sdt madu ke dalam segelas air hangat.
  6. Mengurangi Asam Lambung.
    Pengertian
    Berikut ini pengertian dari penyakit asam lambung yang dipetik dari portal Alo Dokter.

    “Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan problema yang terbilang umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini dikarenakan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.”.

    Untuk mengurangi permasalahan tersebut, Anda bisa memanfaatkan kayu manis plus madu. Cobalah taburkan bubuk kayu manis pada 2 sdm madu sebelum makan.

  7. Mengatasi kerontokan rambut. Ada beberapa penyebab rambut rontok, antara lain.
    • Perlakuan berlebih pada rambut seperti blow dry, terlalu kencang saat menyisir, terlalu kencang mengikat rambut, dan lain-lain.
    • Stress, emosional yang berat.
    • Kurang nutrisi seperti kurang protein, zinc pada orang yang suka berdiet ketat.
    • Sensitif terhadap hormon testosteron (DHT).
    • Usia.
    • Efek obat sistemik maupun obat oles.
    • Penggunaan produk rambut yang salah dan tidak sesuai.
    • Infeksi jamur.
    • dan lain-lain.

    BACA JUGA: 37 Suplemen Mujarab dari Tiens Syariah

    Guna mengetahui apakah kerontokan rambut Anda masih dalam batas normal (normal rambut rontok +/- 100 helai/hari) ataukah tidak? Maka Anda dapat memeriksa seberapa banyak kerontokan rambut pada kepala Anda. Caranya dengan melakukan analisa rambut di dokter atau jika rambut rontok selalu ada, semisal pada bantal, baju, lantai dan setiap Anda menarik ringan rambut Anda. Maka tingkat kerontokannya sudah terbilang parah maka diperlukan penanganan segera. Salah satu cara sederhana guna menangani masalah kerontokan rambut, yaitu dengan memanfaatkan kayu manis plus madu. Silakan Anda campurkan madu, kayu manis, dan minyak zaitun,lalu Anda aduk hingga merata. Setelah itu, Anda mulai oleskan pada bagian kepala yang mengalami kerontokan. Diamkan selama 15 menit kemudian dibasuh.

  8. Mengobati Sakit Gigi. Bila Anda menderita sakit gigi cobalah usir penyakit yang menyiksa ini dengan kayu manis plus madu. Silakan Anda campur 1 sdt kayu manis dengan 5 sdt madu. Oleskan pada gigi yang sakit. Gunakan 3 kali setiap hari hingga sembuh.
  9. Manfaat Kayu Manis Plus Madu Bagi Kesehatan

  10. Atasi Kemandulan. Penggunaan kayu manis plus madu pun mampu membantu Pasutri yang ingin mendapatkan keturunan Silakan Anda (istri) oleskan madu dan 1 sdt bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. 
  11. Mengobati Infeksi Kandung Kemih. Silakan Anda campurkan sejumput kayu manis dengaan madu secukupnya lalu minum dengan air hangat.
  12. Mengatasi Susah Buang Gas. Sulit buang gas selain tidak nyaman agi tubuh setiap orang juga memicu penyakit semisal maag. Oleh karena itu manfaatkan kayu manis plus madu untuk mengatasinya. Hasil penelitian di India dan Jepang, bahwa mengkonsumsi sejumput kayu manis plus madu dapat mempermudah buang gas.
  13. Obat Awet Muda. Berolahraga adalah cara mudah agar seseorang bisa awet muda. Usaha lain agar awet muda adalah dengan tidur yang cukup. Dan jangan lupa meminum secara rutin teh yang dicampur kayu manis plus madu.
  14. Mengobati Jerawat. Jerawat merupakan sebuah kondisi di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jumlah penderitanya cukup besar – seorang peneliti problem jerawat; Kligmann, menyebutkan.

    “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.”

    Penyebab jerawat yaitu adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Serta perubahan hormonal lain yang menjadi pemicu timbulnya jerawat yaitu masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, serta stres. Cara sederhana untuk mengoati jerawat adalah dengan mengkonsumsi bubuk kayu manis plus madu. Caranya; Anda campurkan bubuk kayu manis dengan madu lalu oleskan pada jerawat sebelum tidur dan biarkan sampai keesokan harinya kemudian bersihkan. Kombinasi ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Cina dan India sejak 50 abad yang lampau. Terdapat enzim yang menghasilkan hidrogen piroksida yang sangat ampuh pada campuran kayu manis dengan madu yang mampu menghentikan serta membunuh bakteri serta jamur. 

Demikianlah sekilas artikel yang mengetengahkan informasi kesehatan tentang Manfaat Kayu Manis plus Madu bagi Kesehatan tubuh manusia. Anda bisa mempraktekkan poin-poin tersebut di atas sesuai dengan permasalahan kesehatan yang Anda alami. Selamat mencoba 🙂   


Referensi:
Wikipedia
http://www.alodokter.com/komunitas/topic/rambut-rontok-6/#post-31627

    Leave a comment.

    Your email address will not be published. Required fields are marked*

    %d blogger menyukai ini: