klik soreang 10/01/2016

Masalah keuangan adalah masalah klasik yang sering hadir di dalam kehidupan banyak orang, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Semakin bertambahnya anggota keluarga maka akan semakin banyak pula pengeluaran yang dibutuhkan.

Cara Mengatasi Masalah Keuangan di Dalam Keluarga

Cara Mengatasi Masalah Keuangan di Dalam Keluarga

Masalah yang datang silih berganti dalam menjalani kehidupan berumah tangga menjadi salah satu faktor penyebab stres. Sampai-sampai sebuah masalah mampu meretakkan hubungan rumah tangga hingga berujung perceraian.

Faktor keuangan yang tidak terkendali menjadi salah satu penyebab munculnya masalah. Bukan dari besar kecilnya pengahasilan, namun dari bagaimana cara kita mengatur atau mengelola keuangan keluarga tersebut.

Adapula sebagian orang yang mampu mengatasi permasalahan tanpa harus stres, termasuk menghadapi masalah di dalam kehidupan keluarga. Biasanya mereka ini memiliki kemampuan dalam bidang manajemen keuangan.

Di sinilah perlu adanya manajemen keuangan keluarga dengan cerdas. Karena dengan manajemen yang baik faktor keuangan sudah bukan lagi masalah dalam kehidupan berumah tangga.

Cara Mengatasi Masalah Keuangan di Dalam Keluarga

Kebahagiaan tentu saja akan dirasakan oleh setiap anggota keluarga yang mampu mengatur keuangan meskipun penghasilan atau pendapatan keluarga kecil. Sebaliknya, kerumitan akan hadir apabila tidak adanya sistem manajemen keuangan keluarga yang diterapkan.

Berikut 3 (tiga) cara mudah mengatasi masalah keuangan di dalam keluarga:

  1. Membuat catatan pengeluaran. Anda – mulai dari sekarang – wajib membiasakan membuat rencana pengeluaran selama satu bulan. Catatan ini sangat dibutuhkan sekali sebab kita bisa mengetahui apa saja sih yang menjadi skala prioritas kebutuhan dalam satu bulan ke depan. Dan kita juga dengan mudah mengetahui kira-kira berapa jumlah pengeluaran dalam jangka waktu satu bulan. Maksud dari skala prioritas yaitu; di dalam memenuhi keperluan dapat mendahulukan kebutuhan yang sangat penting dibandingkan keperluan sekunder.
  2. Menabung. Satu hal yang sangat penting dari kehidupan termasuk dalam berkeluarga adalah menabung. Dengan menabung setiap bulan, sedikit meringankan beban, terutama saat ingin memenuhi kebutuhan barang yang bernilai besar. Bila mengandalkan uang sehari-hari saja tentunya akan berat. Itulah perlunya menabung,karena apabila kita ada keperluan yang mendesak maka langsung saja menggunakan simpanan.
  3. Membuat rencana jangka panjang. Langkah inipun terbilang penting, misalnya Anda memiliki rencana di masa yang akan datang; akan mengadakan liburan atau menyekolahkan anak. Alangkah baiknya Anda merencanakan dari sekarang. Langkah yang bisa dilakukan yaitu; dengan cara menabung atau investasi.

Itulah sekilas informasi keuangan yang terangkum dalam artikel Cara Mengatasi Masalah Keuangan di Dalam Keluarga. Semoga dengan informasi tersebut akan memberikan solusi saat Anda mengatur keuangan. Selamat beraktifitas!

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: