klik soreang 29/07/2016

Duhai Pelangi …
Warnamu memancar nan indah,
Pesona lengkunganmu membuat senyumku merekah,
Sejatinya ‘ku takmau kehilangan dirimu.

Sajak di atas saya tulis untuk mengungkapkan rasa cinta kepada pesona pelangi yang indah serta tidak hadir setiap hari menghiasi alam. Refleksi keindahannya memiliki persyaratan; ada mentari setelah hujan.

***

Bicara soal pelangi, di Malang terdapat sebuah air terjun yang selalu menghadirkan pelangi secara alami yang berlokasi di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur bernama Air Terjun Coban Pelangi.

Wana Wisata Air Terjun Coban Pelangi di Malang
Wana Wisata Air Terjun Coban Pelangi di Malang

Selain air terjun Coban Pelangi, Malang pun sudah mashyur dengan pesona alam lain, sebut saja Pantai Tiga Warna. Ini sebagai bukti bahwa Malang merupakan sebuah daerah yang takkan habis-habis bila digali kekayaan alamnya.

Air Terjun Coban Pelangi terletak di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Pancokusumo, kabupaten Malang – Jawa Timur.

Anda takperlu menunggu hujan datang dan reda taklama kemudian muncul pelangi di air terjun Coban Pelangi yang berada di kaki gunung Semeru ini. Pasalnya pelangi akan senantiasa muncul akibat efek bias cahaya dari air terjun oleh sinar matahari.

Sepertinya kalau semesta mendukung lalu beramai-ramai datang ke wana wisata Air Terjun Coban Pelangi akan seru kali ya?

Dari portal wisata yang terdapat di internet disebutkan bahwa Wana Wisata Air Terjun Coban Pelangi di Malang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang.

Wana wisata tersebut dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Air terjun Coban Pelangi Malang memiliki ketinggian 1299,5 m.

Bertempat di kaki Gunung Semeru menuju arah desa Ngadas dan memiliki kecuraman air terjun yang tingginya kira-kira 110 m.

Suhu udara di Wana Wisata Air Terjun Coban Pelangi di Malang lebih kurang 19 hingga 23 derajat Celcius. Alasan utama dinamai dengan, “Coban Pelangi” sebab air terjun ini kerap merefleksikan warna pelangi.

Kendaraan pribadi atau angkutan umum yang menjadi transportasi setiap wisatawan atau pendaki yang datang hilir mudik dari pasar Tumpang menuju ke Gunung Bromo senantiasa melewati kawasan ini. Maka pantas bila semuanya merasa takasing dengan wana wisata air terjun Coban Pelangi.

Wana wisata air terjun Coban Pelangi berjarak sekira 32 km sebelah timur kota Malang atau hanya 2 kilometer dari desa Gubuk Klakah.

Untuk mengunjungi dan masuk ke wana wisata ini, hanya dipatok harga tiket masuk sebesar 3000 saja sedangkan untuk parkir kendaraan; 500 rupiah untuk motor dan 1000 rupiah untuk mobil.

Wana wisata air terjun Coban Pelangi terletak di Sungai Amprong ini. Saat akan datang ke wana wisata ini, silakan arahkan kendaraan menuju Tumpang, lanjutkan menuju Desa Gubug Klakah.

Perjalanan menuju desa Gubug Klakah berkelok-kelok dan menanjak sehingga Anda perlu berhati-hati saat mengendarai baik motor atau mobil.

Wana wisata air terjun ini berlokasi takjauh dari pertigaan Jemplang arah menuju Gunung Semeru serta Gunung Bromo. Apabila Anda sudah melampaui Desa Gubuk Klakah, Anda akan melihat Gapura yang bertuliskan Air Terjun Coban Pelangi di ruas jalan sebelah kiri.

Dari area pintu masuk Coban Pelangi yang berada di atas tebing setinggi sekitar 100 meter, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun dan melintasi jembatan. Jarak tempuh jalan ini sekitar 1, 5 km hingga lokasi air terjun berada.

Guna mengantisipasi kemungkinan buruk seperti datangnya ari bah yang bisa lazim datang dari arah pegunungan di bagian hulu maka pihak pengelola wana wisata ini membatasi waktu kunjungan sampai dengan jam 4 sore.

Hotel Murah di Malang

Setelah beraktifitas seharian, banyak wisatawan yang takhanya menetap sehari di Malang. Rata-rata mereka akan kembali ke tempat menginap masing-masing.

Ada banyak hotel murah di Malang untuk memenuhi kebutuhan akomodasi siapa saja yang berencana mengunjungi kota penghasil buah apel ini.

Agar bisa melakukan wisata dengan lebih rileks serta aman, saran terbaik dari redaksi adalah silakan untuk melakukan pemesanan atau booking hotel di Airy Rooms.

Pada dasarnya harga yang ditawarkan oleh Airy Rooms relatif murah dengan beberapa fasilitas yang akan memberikan solusi terbaik bagi Anda.

7 (tujuh) fasilitas yang menarik dari Airy Rooms

Dengan memesan kamar via Airy Rooms maka Anda akan mendapatkan setidaknya 7 (tujuh) fasilitas yang menarik, sebut saja;

  1. Ruang ber-AC (air condition), 
  2. TV layar datar, 
  3. Perlengkapan mandi, 
  4. Tempat tidur bersih, 
  5. Shower air hangat, 
  6. Air minum gratis, dan 
  7. WiFi gratis.
Airy Room Malang
Airy Room Malang

Itulah sepenggal artikel wisata tentang Wana Wisata Air Terjun Coban Pelangi di Malang, sekali lagi jangan lupa ya pembaca… Untuk urusan menginap atau bermalam, manfaatkan saja penawaran menarik dari Airy Rooms. Selamat berwisata! [w3/07_kiki]

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: