klik soreang 14/11/2016
Wisata ke Pura Uluwatu (1 dari 8 Landmark Populer di Indonesia)
Wisata ke Pura Uluwatu (1 dari 8 Landmark Populer di Indonesia)

Bangsa Indonesia khususnya masyarakat Bali patut berbangga sebab Pura Uluwatu termasuk 1 dari 8 landmark yang populer di Indonesia. Melansir berita yang dirilis oleh Portal Online CNN Indonesia dijelaskan, bahwa …

Dari 8 tempat yang menjadi simbol kebanggaan lokal tersebut, enam tempat berada di Bali, tiga tempat berada di pulau Jawa serta 1 tempat ada di serambi Mekah; Aceh.

Inilah 8 Tempat yang menjadi simbol wilayah setempat paling terkenal yang ada di Indonesia:

  1. Pura Tanah Lot
    Pura Tanah Lot sudah sejak lama dikenal sebagai wilayah yang memiliki pantai yang banyak dijadikan tempat untuk menyaksikan matahari tenggelam. Banyak yang menilai suasana magis dan eksotis sangat kuat terasa di sini.
  2. Candi Borobudur
    Saat ini Candi Borobudur tidak lagi dikelilingi oleh banyak danau. Padahal pada awalnya (tahun 750 M), terdapat danau di sekitar Candi Borobudur. Wajar jika disebut sebagai danau purba sebab 10 ribu tahun yang sudah menghiasi wilayah tersebut.
  3. Candi Prambanan
    Belum lama ini sudah digelar sebuah pertunjukan spektakuler di Candi Prambanan. Ada banyak cahaya yang menari-nari waktu itu (9 Oktober 2016). Adalah Sembilan Matahari yang berkolaborasi dengan Epson mempertontonkan Video Mapping pada Candi Prambanan yang menyita perhatian masyarakat penyuka seni kontemporer moderen. Saat itu pertunjukan seni yang ditampilkan menambah keindahan Candi Rorojonggrang (nama lain dari Candi Prambanan) yang dibangun pada abad 9 M.

    Tahukah Anda? Sembilan Matahari merupakan merupakan kelompok anak muda kreatif asal Bandung yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Video Mapping tingkat dunia yang berlangsung di Moskow, Rusia.

  4. Pura Uluwatu
    Sebenarnya tempat yang paling sering menyedot perhatian para turis yang datang ke Bali ada 3 lokasi. Ketiga lokasi tersebut adalah Pura Tanah Lot, Pantai Jimbaran, dan Pura Uluwatu. Dan yang paling memukau dari Pura Uluwatu adalah tempatnya yang sensasional. Pura ini terletak di atas tebing karang yang menjorok ke laut dengan ketinggian 97 meter.
  5. Tirta Gangga, Karangasem
    Tirta Gangga berlokasi sekitar Gunung Agung, merupakan peninggalan istana kerajaan Karangasem. Untuk bisa ke Tirta Gangga harus menempuh perjalanan sejauh 5 kilometer dari Karangasem. Tirta Gangga secara harfiah memiliki makna air dari Sungai Gangga sebagai bentuk penghormatan untuk masyarakat Hindu Bali. Nama ini merujuk pada istana air yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung.
  6. USS Liberty Shipwreck, Tulamben
    Masih di pulau Dewata, Bali terdapat cagar wisata yang takkalah menarik, yaitu melihat bangkai kapal perang Amerika yang berada di dasar laut. Di dalam kawasan perairan Tulamben terdapat sebuah kapal yang karam bernama kapal perang Amerika USS Liberty. Tulamben bisa saja kalah populer bila dibandingkan dengan Pantai Kuta namun pemandangan indah di dasar lautnya diklaim sebagai pemandangan yang terindah sepulau Bali.
  7. Masjid Agung Baiturrahman, Banda Aceh
    Masjid Raya Baiturrahman merupakan bangunan berupa masjid pada masa Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada 1022 H/1612 M. Pasca bencana Tsunami Aceh 1,5 dekade yang silam – Pemerintah Aceh terus melakukan pembenahan terhadap masjid bersejarah ini. Melansir pemberitaan, dalam jangka panjang pembangunan dan perluasan masjid raya ini takkurang sebanyak 2 triliun digelontorkan khusus untuk Masji Raya Baiturrahman ini.
  8. Pura Tirta Empul, Tampaksiring
    Pura Tirta Empul merupakan pura umat Hindu yang berada di Bali, lebih tepatnya di Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Pura ini lebih dikenal sebab air sucinya yang dipercaya oleh umat Hindu Bali.

Demikian sekilas informasi wisata tentang Wisata ke Pura Uluwatu (1 dari 8 Landmark Populer di Indonesia). Semoga semakin menambah keinginan Anda untuk berwisata ke tempat-tempat tersebut di atas. [w1/11_IBD]
Sumber rujukan:
http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/10/cahaya-menari-nari-di-prambanan
http://news.liputan6.com/read/2119932/9-matahari-juara-dunia-video-mapping-di-moskow
http://www.tabloidbintang.com/articles/wisata-kuliner/perjalanan/50816-3-objek-wisata-di-bali-yang-paling-memukau
http://tour.seruu.com/read/2016/04/09/278426/istana-taman-tirta-gangga-air-suci-umat-hindu
http://travel.detik.com/read/2015/11/26/172548/3081501/1519/melihat-bangkai-kapal-perang-amerika-di-bawah-laut-bali
http://aceh.tribunnews.com/2016/10/28/mengintip-proyek-masjid-raya

1 thought on “Wisata ke Pura Uluwatu (1 dari 8 Landmark Populer di Indonesia)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: