klik soreang 30/05/2017

Hampir semua masyarakat Indonesia hari ini mengantongi satu unit smartphone di saku celananya. Artinya, rata-rata setiap individu baik di pelosok atau perkotaan menjadi pengguna ponsel pintar.

Dan bisa dipastikan pula para pengguna smartphone ini menggunakan data internet guna menjalankan aplikasi yang ada di ponsel pintarnya tersebut.

Bisa kita bayangkan, untuk chatting via Whatsapp atau Instagram penggunanya memerlukan data internet. Saat hendak menonton sang content creator pujaan di YouTube juga memerlukan data.

Kondisi seperti ini dimanfaatkan dengan cermat oleh setiap provider dalam menawarkan paket data internet dan semuanya menawarkan paket berlabel “hemat” atau “gratis” (bicara atau kuota).

Provider telekomunikasi berlomba-lomba melakukan hal tersebut karena menangkap adanya fenomena tingginya angka kebutuhan masyarakat akan mengakses internet pada smartphone.

Selain adanya upaya provider yang menawarkan promosi hemat dan gratis – dari sisi si penggunanya sendiri dapat menyiasati pemakaian data internet pada smartphone agar hemat. Caranya bagaimana? 

Inilah Cara Menyiasati Pemakaian Data Internet pada Smartphone Agar Hemat   
  • Siasat pertama, Anda coba matikan jaringan internet di malam hari saat Anda memutuskan untuk ke peraduan guna beristirahat. Langkah ini disarankan bagi pengguna Smartphone yang bertujuan guna mengurangi pemakaian data internet selama ditinggal tidur. Pasalnya, setiap notifikasi yang masuk dapat terjadi sebab paket data internet pada smartphone masih aktif – otomatis data internetnya akan terpakai.
  • Siasat kedua, coba Anda matikan opsi mengunduh media otomatis yang terdapat di aplikasi percakapan (chatting). Seperti; WhatsApp atau Line. Caranya, silakan Anda atur pada pilihan untuk mengunduh jika terhubung dengan wifi atau secara manual.
  • Siasat ketiga, silakan Anda matikan update aplikasi otomatis lainnya. Bila hal ini dilakukan maka Anda akan terhindar dari pembaruan aplikasi secara otomatis. Jika membiarkan update secara otomatis terhadap aplikasi aktif, akibatnya data internet Anda akan terpakai. Dan bila tetap harus melakukan pengunduhan sedangkan berkas atau file berukuran lumayan besar, sangat disarankan untuk menggunakan wifi yang ada di sekitar Anda saja.
  • Siasat keempat, mulai hari ini cobalah Anda mengganti aplikasi standar dengan versi yang lebih ringat alias lite. Umumnya, aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play Store (untuk handphone Android) tersedia juga aplikasi serupa dengan versi lite. Tujuan mengganti aplikasi ini tentu saja supaya lebih menghemat data internet. 

Tahukah Anda? Aplikasi Android dengan versi lite mampu menghemat pemakaian data internet dibandingkan versi default-nya. Apa pasal? Karena pada setiap aplikasi Lite – terjadi penurunan performa serta adanya pengurangan fitur yang memakai data internet, sebut saja; pada gambar atau video beresolusi tinggi.

    • Siasat kelima, atau langkah terakhir – Anda disarankan untuk membiasakan menggunakan browser yang memiliki fitur menghemat data. Umumnya, browser standar dari unit ponsel yang dibawa oleh jamak vendor akan menguras data internet lebih banyak daripada browser pihak ketiga yang berfitur mampu menghemat paket data pada smartphone Anda.

    Demikian saja artikel tentang cara menghemat penggunaan data internet yang bisa dilakukan oleh Anda pengguna smartphone Android merek apa saja. Tidak terkecuali bagi Anda pengguna ponsel Xiaomi. [w4/05]

    Leave a comment.

    Your email address will not be published. Required fields are marked*

    %d blogger menyukai ini: