klik soreang 21/07/2017

Tips Penjelajahan Ala Backpacker di Palembang – Jenuh dengan rutinitas kerja sehari-hari sering membuat keinginan untuk berlibur ke suatu daerah tertentu. Sejenak untuk melepas kebosanan dan mengabiskan cuti yang tersisa dapat anda lakukan dengan mencoba melancong ke Palembang.

Tips Penjelajahan Ala Backpacker di Palembang
(sumber : garuda-indonesia.com)

Nah, kalau Anda berminat untuk melakukan penjelajahan yang seru dengan biaya yang murah meriah, cobalah melakukan backpacker. Selain seru dan menyenangkan, liburan dengan bujet pas-pasan bisa terasa lebih bermakna jika dilakukan bersama-sama.

Berikut beberapa tips perjalanan backpacker ke Palembang yang mungkin bisa Anda pertimbangkan sebelum menyusun rencana perjalanan. Semoga bermanfaat! (Asumsi perjalanan dari Jakarta.)

1. Akses Perjalanan ke Palembang

Ada dua akses perjalanan yang bisa dilakukan untuk menuju Palembang. Pertama, dengan menggunakan pesawat. Kedua, dengan bus atau kereta yang jauh lebih murah.

Berhubung tujuan awal dari perjalanan adalah backpacker, maka jalur darat bisa dipilih dengan menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni. Dari pelabuhan yang ada di Lampung, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Stasiun Rajabasa untuk membeli tiket menuju Palembang.

Ada dua jenis kereta yang beroperasi dengan tujuan akhir Palembang. Pertama, jenis kereta pagi dengan biaya sekitar Rp20.000. Kedua, kereta malam dengan biaya 3-4 kali lipat. Jadi, pertimbangkan jam keberangkatan untuk mendapatkan kereta yang murah.

2. Melakukan Riset Tempat Wisata dan Alat Transportasi

Lakukan riset tempat wisata apa saja yang mudah didatangi dan aksesnya mudah. Anda bisa mendaftarnya terlebih dahulu untuk mendapatkan mana yang bisa diprioritaskan, dan mana yang opsional. Setelah mendapatkan daftar tempat wisata, Anda harus meriset alat transportasi yang digunakan untuk pergi ke sana.

Kalau tidak ada transportasi umum yang menjangkau tempat itu atau sulit mencari karena Lebaran, Anda bisa menyewa mobil atau motor. Dengan menyewa kendaraan, Anda bisa lebih hemat biaya transportasi dan bisa menjangkau banyak tempat wisata.

3. Wisata Kuliner Lokal

Saat di Palembang, jangan lupa untuk menyantap kuliner lokal yang autentik dan rasanya nikmat. Karena perjalanan dilakukan secara backpacker, makanlah seperti penduduk lokal. Jangan masuk ke restoran mahal karena bisa membebani bujet perjalanan, dan esensi dari perjalanan akan hilang.

Kuliner pertama yang harus Anda coba adalah pempek. Meski pempek ada di hampir semua kota, menyantap kuliner ini di tanah asalnya pasti memberikan sensasi yang berbeda. Selanjutnya, coba mi celor yang yang memiliki rasa gurih. Sempatkan juga mencicipi laksa yang mirip sekali dengan lontong sayur dengan santan kental sedikit pedas.

4. Menginap di Hotel Murah

Hotel murah di Palembang bisa didapatkan dengan mudah, terutama yang masuk dalam jaringan Airy Rooms. Anda bisa memesan hotel dalam jaringan terbesar di Indonesia ini melalui aplikasi ponsel Android dan Apple atau web. Setelah memesan, pembayaran bisa dilakukan dengan tiga cara sehingga lebih fleksibel. Anda bisa menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau membayarnya di gerai Indomaret.

Meski hotel dari jaringan ini dikenal murah, lokasinya selalu strategis dan mudah dijangkau. Selain itu, ada jaminan fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola. Anda bisa mendapatkan ruangan yang sudah memiliki pancuran air hangat lengkap dengan peralatan mandi, AC, televisi layar datar dengan saluran TV kabel, akses internet nirkabel, kasur yang bersih, dan air mineral gratis.

Demikianlah tips perjalanan backpacker ke Palembang yang bisa Anda praktikkan saat berlibur. Semoga apa yang tertulis di atas bisa Anda gunakan sebagai acuan sebelum menyusun rencana perjalanan yang sempurna. [w3/07-ar]

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: