klik soreang 25/08/2017

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir adalah hal yang menakutkan bagi setiap ibu yang baru kali pertama memandikan si kecil. Namun, bila dibiasakan tentu saja akan menjadi rutinitas yang menyenangkan dan perlu.

Pasalnya, sang buah hati saat dimandikan itu tidak bisa diam apalagi bermandikan sabun licin yang membikin deg-degan setiap ibu baru. Ya memang memandikan bayi baru lahir itu penuh tantangan, tapi percayalah seiring berjalannya waktu,  setiap ibu akan terbiasa dengan penanganan memandikan si kecil.

Nah, agar bisa memandikan bayi baru lahir dengan terampil, berikut ini sejumlah cara memandikan bayi baru lahir yang bisa diterapkan oleh setiap ibu yang baru pertama kali melakukannya.

  1. Yang paling pertama dari langkah-langkah yang harus dilakukan, yaitu; jangan pernah meninggalkan si kecil sendirian di dalam bak mandi. Setiap orangtua harus mengawasi dengan ketat, pasalnya air setinggi 2 cm saja mampu membawa risiko yang membahayakan si kecil, potensi tenggelam -misalnya.
  2. Selanjutnya, kalau Bunda hendak mengambil barang yang lupa, pastikan si kecil tetap bersama anda, tidak meninggalkannya sendiri di bak mandi – siapkan seluruh keperluan mandi sang buah hati, mulai dari; sabun, handuk, lap, dan lain-lain di sebelum mulai memandikannya jangan lupa untuk menutup keran dengan spons yang bertujuan agar terhindari dari bahaya benturan.
  3. Agar bak mandi, tempat bermain si kecil tidak licin maka bunda bisa menempelkan alas anti selip di dasar bak supaya seret jadi bayi tidak terpeleset.
  4. Sebelum memasukkan si kecil ke dalam bak mandi, cek suhu airnya dengan cara mencelupkan siku Bunda ke dalam air. Suhu air yang aman untuk bayi adalah bila air tidak terasa terlalu panas atau terlalu dingin. Bunda perlu sekali menggunakan air hangat karena itu dapat memberikan rasa nyaman pada bayi. Jaga pula suhu air yaitu kurang lebih sama dengan suhu tubuh bayi hal ini agar bayi tidak merasa kedinginan.
  5. Oleh karena bayi yang baru lahir pada umumnya suka muntah setelah makan maka hindari memandikan bayi setelah bayi baru selesai makan – apalagi si kecil baru lahir. Kalau sudah terlanjur memandikan setelah si bayi baru selesai makan maka Bunda harus memandikannya sekali lagi.
  6. Untuk sang buah hati yang sudah mulai belajar berdiri, jangan pernah mengajarinya berdiri di dalam bak mandi.
Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Itulah 6 langkah mudah dalam proses memandikan bayi yang baru lahir. Hal ini tidak saja membantu setiap ibu saat menjaga kebersihan tubuh si mungil bahkan aktifitas tersebut mampu membangun ikatan personal antara ibu dan bayinya, bayi bisa tidur lebih nyenyak dan lain-lain.  [w2/08-ibd]

3 thoughts on “Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: