klik soreang 09/09/2017

Keluarga merupakan kelompok terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di sebuah rumah dan mereka saling ketergantungan. Dan berikut ini Cerita Tentang Keluarga yang unik. Uniknya seperti apa? Ikuti saja …

Keluarga dengan Tiga Nama Sama Semua  

Memberikan nama anak persis dengan nama orang tuanya itu memang sudah menjadi kebiasaan jamak kelurga, bukan? Begitu pula dengan keluarga  Ririn Yuniasih, mahasiswa S3 Indonesia yang sedang belajar di Melbourne. 
Namun ada yang unik dari penamaan anak-anak di keluarganya, suami serta anaknya yang berjumlah 2 orang memiliki nama depan dan belakang yang sama. Mencuplik Cerita Tentang Keluarga ini lewat Australia Plus, disebutkan karena sekeluarga bernama sama, sering mengalami pengalaman unik.
Atas dasar bahwa nama merupakan refleksi dari doa serta pengharapan orangtua terhadap anak, maka wajar bila setiap orang tua akan senantiasa berusaha memberikan nama yang baik untuk anak-anaknya. Begitu pun dengan Ririn bersama suaminya, mereka sejak awal menikah sudah sepakat kalu di kemudian hari ketika dikaruniai keturunan mereka akan menggunakan, “Wijayakusuma” (nama belakang suami) juga sebagai nama belakang anak-anak.
Pasutri ini kemudian membuat catatan yang berisi rencana; jika laki-laki maka akan diberi nama Muhammad (nama) Wijayakusuma, dan bila anak perempuan akan dinamai (nama) Putri Wijayakusuma. Awalnya tidak banyak hal yang mereka pertimbangkan, “Kami hanya sekadar berniat pengin punya semacam ‘family name’ di keluarga kami, dan kebetulan dari cerita almarhumah ibu mertua, di balik penamaan Wijayakusuma tersebut ada cerita indah,” cerita Ririn.
Saat menetap di Indonesia, keluarga Wijayausuma ini tidak memiliki banyak hal atau kejadian yang membuat mereka menjadi berpikir, “Nih kayaknya ada ‘sesuatu’ dengan nama anak-anak kami.”
Termasuk sedikit merasa bahwa nama anak pertama agak kepanjangan. Jadi di saat membuat passport, kolom namanya jadi tidak cukup alhasil harus ‘menghilangkan’ satu namanya.
Namun pada 3 tahun terakhir, sejak Ririn dan kelurganya menjadi warga negara Australia, lebih tepatnya di Melbourne – ada pengalaman-pengalaman menarik yang membuat mereka merasa nama anak-anaknya menjadi unik serta agak istimewa.
Semisal mereka akan melakukan perjalanan bersama dengan menggunakan jasa penerbangan. Pada boarding pass mereka kerap menjumpai tiga nama, “Muhammad Wijayakusuma”. Begitu pula dengan tempat duduk di pesawat, karena sekeluarga lazim duduk di deretan yang sama, maka jadilah tiga Muhammad Wijayakusuma ini duduk berdampingan.
[internet]
Ririn lalu melanjutkan Cerita tentang Keluarga, suatu ketika suaminya iseng mengunggah foto tiket ketiga boarding pass dengan nama yang sama tersebut di account facebook-nya. Lantas suaminya memasang status, “booking 3 tempat duduk di pesawat biar bisa selonjoran”, sontak beranda Facebook suaminya menjadi ramai oleh komentar.
Itulah sepenggal keunikan yang terjadi dalam keluarga Ririn Yuniasih. Keluarga mereka nampak bahagia. Menyoal kebahagiaan di dalam keluarga, ternyata jamak cara yang bisa dilakukan agar bisa tetap membahagiakan keluarga walau Anda dan keluarga hidup dalam keadaan yang sederhana, setuju? Silakan berkomentar … [w2/08-ibd] 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: