Dam Baan 29/10/2017
cara orangtua mengasah otak si kecil

Cara Orangtua Mengasah Otak Si Kecil – Memiliki buah hati adalah keinginan semua pasangan yang telah menikah. Sehingga kehadiran bayi didalam keluarga adalah sesuatu karunia Tuhan yang tidak bisa disia-siakan. Semua orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya. Sehingga apapun akan diberikan guna mempertahankan nutrisi pada si bayi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan kecerdasan si bayi. Seperti melakukan pemijatan, senam, mengajaknya berbicara, dan memeluk bayi, berikut adalah caranya :

[1] Pemijatan

Melakukan pemijatan pada bayi dapat merangsang sel saraf otak bayi. Pijatan lembut yang diberikan oleh ibu, selain berguna membangun ikatan emosional dengannya, juga dapat melatih stimulasi sensorik si bayi. Hal ini akan membuat perkembangan bayi menjadi lebih sehat dan tumbuh dengan baik.

Zwitsal telah lebih dari 30 tahun menjadi bagian dari keluarga Indonesia. Yang sejak dulu membantu merawat bayi. Pada saat melakukan pemijatan, menggunakan zwitsal baby oil dapat menjaga kulit bayi anda agar tetap lembut dan sehat. Selain harga yang terjangkau, produk ini telah terbukti sejak lama menemani keluarga Indonesia.

Cara Orangtua Mengasah Otak Si Kecil

[2] Senam

Lakukanlah senam ringan kepada buah hati anda secara rutin. Hal ini akan berdampak baik kepada pertumbuhan bayi anda dan mengasah kemampuan otak si bayi. Senam ringan ini dapat dilakukan ketika anda sedang bermain dengan buah hati anda. Caranya mudah!

Bagaimana caranya?

Bunda sudah bisa mengawali dengan menggerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda sebanyak empat kali hitungan. Kemudian anda juga bisa menggerakkan tangan si bayi dan silangkan ke bagian depan dada.

Hitungannya tetap sama, sebanyak empat kali hitungan. Atau anda juga boleh memiliki pola hitungan sendiri. Lakukanlah secara rutin, karena ini merupakan salah satu cara mengasah kemampuan bayi anda.

[3] Mengajak berbicara

Bayi memang belum bisa berbicara. Tapi tidak ada salahnya mengajak bayi anda untuk berbicara. Sebuah penelitian yang kemudian diterbitkan berupa jurnal Child Development menunjukkan bahwa mengajak berbicara bayi dapat merangsang pertumbuhan otaknya.

Mengajak bayi berbicara lebih cepat meningkatkan kemampuan otak bayi daripada mendengarkannya musik. Kata-kata memiliki peranan besar dalam pikirannya dan melatih kemampuannya mengingat. Mengajaknya berbicara juga melatih pendengaran bayi dan membuat bayi ingin menirukan kata-kata tersebut.

Sejak di dalam kandungan, bayi telah dapat mendengarkan suara. Termasuk apa yang dibicarakan oleh orang tuanya. Jadi, apabila bayi sering diajak berbicara, maka akan membuat kemampuan otaknya meningkat.

[4] Memeluk bayi

Pelukan ibu kepada anak adalah ikatan batin. Dengan memeluk bayi, dapat memberikan ikatan emosional yang luar biasa antara ibu dan anak. Hal ini dapat merangsang otak bayi untu mengenal rasa cinta dan kasih sayang.

artikel Cara Orangtua Mengasah Otak Si Kecil
[internet]

Cara Orangtua Mengasah Otak Si Kecil

[5] Memberikan ASI

ASI adalah makanan yang paling penting untuk buah hati anda. Selain sebagai makanan pertama untuk bayi, ASI juga merupakan makanan yang paling penting untuk otak sang bayi. Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa ASI memilki banyak manfaat dalam pertumbuhan bayi, dalam mengasah otak anak dan dalam mengasah sensor motorik anak anda.

[6] Makanan Bernutrisi

Selain rangkaian senam dan cara cara di atas, salah satu cara yang dapat membantu kita dalam hal parenting, khususnya perihal mengasah otak anak dan juga untuk membantu stimulasi motorik anak adalah dengan memberikan makana yang memilki nutrisi yang cukup. Sebuah penelitian dari Urban Child Institute menyatakan 40% dari nutrisi anak berguna untuk tumbuh kembang si buah hati.

Kesimpulannya, nutrisi yang cukup merupakan salah satu faktor yang membuat bayi menjadi cerdas. Selain itu, orang tua juga harus memberikan latihan-latihan yang dapat mengasah kemampuan otak bayi. Selamat beraktifitas jangan lupa bahagia ya bunda … 😀

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: