Dam Baan 29/10/2017
artikel-Makanan-dan-Minuman-yang-Dapat-Membuat-Gigi-Sehat

Makanan dan Minuman yang Dapat Membuat Gigi Sehat –¬†Gigi memiliki peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Bukan hanya penunjang penampilan, tapi fungsi gigi sebagai alat pengunyah makanan yang masuk ke dalam tubuh, juga memiliki senyawa yang berperan penting dalam pencernaan manusia.

Melakukan perawatan gigi sangatlah perlu agar gigi sehat bisa tercipta. Selain itu, melakukan perawatan rutin setiap 6 bulan sekali sangat dianjurkan untuk mengetahui masalah dan kendala yang bisa saja terjadi. Namun selain menjaga dan merawatnya, Anda juga harus mengimbanginya dengan memakan makanan sehat untuk menunjangnya.

IStyle berbagi tips tentang makanan dan minuman yang baik untuk menjaga kesehatan gigi.

[1] Teh Hijau

Senyawa yang terkandung di dalam teh hijau memiliki manfaat yang besar bagi gigi. Selain itu, di teh hijau juga mengandung anti oksidan yang dapat melindungi gigi dari tumbuhnya plak dan karang gigi, mencegah gigi berlubang dan melindungi gigi dari kerusakan.

[2] Susu dan yogurt rendah lemak

Kandungan kalsium yang terdapat di dalam susu dan yogurt, sangat bagus untuk melindungi gigi dari keroposan. Namun dalam mengkonsumsi susu dan yogurt ini, pastikan bahwa minuman ini rendah lemak dan gula atau sekalian tanpa gula.

Makanan dan Minuman yang Dapat Membuat Gigi Sehat
Makanan dan Minuman yang Dapat Membuat Gigi Sehat [internet]

Makanan dan Minuman yang Dapat Membuat Gigi Sehat

[3] Keju

Mungkin tidak banyak yang tahu jika mengkonsumsi keju akan dapat menyehatkan dan memutihkan gigi. Mengkonsumsi keju setelah makan akan membantu melindungi gigi dari zat-zat berbahaya yang terdapat dalam kandungan makanan.

Selain itu, memakan keju juga membantu untuk melindungi gigi dari bahaya pembusukan makanan yang dilakukan oleh bakteri di dalam mulut. Di dalam keju terdapat fosfat dan kalsium tinggi yang berguna melindungi gigi dari keroposan.

[4] Bawang Merah

Kandungan yang terdapat di dalam bawang merah sangat besar demi kesehatan tubuh manusia.  Selain itu, kandungan anti-mikroba dan anti-septik yang tersusun di dalam bawang merah, juga mengontrol dan mengobati sakit gigi.

[5] Seledri

Mengkonsumsi seledri setiap hari sangat bagus untuk kesehatan mulut dan gigi. Menguyahnya akan membuat air liur bertambah. Hal ini sangat bagus untuk memusnahkan bakteri yang terdapat di mulut yang menjadi penyebab gigi berlubang dan gigi keropos.

Makanan dan Minuman yang Dapat Membuat Gigi Sehat

[6] Biji wijin

Anda bisa mengkreasikan biji wijen dengan makanan apapun jika tidak ingin mengkonsumsinya begitu saja. Kandungan di dalam wijen akan melarutkan plak-plak yang terdapat pada gigi. Selian itu, biji wijin juga dapat membantu menjaga email gigi yang memiliki fungsi sebagai pelindung gigi. Kandungan kalsium yang terdapat pada biji wijen juga mampu menjaga mulut dan gusi selalu sehat.

[7] Sayuran

Sayuran yang berfungsi langsung dalam menjaga dan merawat, serta menyehatkan gigi adalah sayuran yang mengandung vitamin A. Mengkonsumsi sayuran ini setiap hari akan membantu dalam pembentukan dan pembangunan enamel gigi. Seperti yang kita ketahui, enamel merupakan pelindung yang berfungsi untuk mecegah kerusakan pada gigi.

[8] Air

Kebutuhan manusia terhadap cairan mutlak diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan proses metabolisme tubuh. Selain segudang manfaat dan kebutuhan dari mengkonsumsi air setiap hari, berkumur dengan menggunakan air akan melarutkan bakteri dan kuman yang menempel pada gigi dan mulut. Setelah air membersihkan mulut, maka air liur akan dapat memelihara dan merawat gigi dengan sangat baik.

Kesehatan gigi dan juga mulut, bukan hanya dipengaruhi oleh seberapa sering Anda rutin menyikat gigi, memilih pasta gigi yang tepat dan mengunjungi dokter setiap bulannya. Namun juga dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bagus untuk kesehatan gigi. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menjalani hidup sehat, tubuh dan gigi.[w2/10-ibd]

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: