admin 13/11/2017
15 Tips Komunikasi Jitu

15 Tips Komunikasi Jitu – Hakikat seorang manusia terhadap manusia lainnya adalah menjalin hubungan baik sebagai makhluk sosial. Peran manusia tersebut menjadikan sebuah komunikasi menjadi sangat essential untuk dijaga.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sangatlah penting dalam segala macam aspek kehidupan, mulai dari di dalam keluarga, pendidikan dan juga di dalam pekerjaan. Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui pengetahuan komunikasi yang jitu.

Berikut ini adalah 15 tips Komunikasi Jitu:

  1. Memahami hakikat suatu komunikasi itu sendiri, yaitu mengantarkan pesan dari pembicara ke pendengar dan juga sebaliknya. Komunikasi adalah suatu proses mengirimkan pesan antara pengirim dan penerima pesan dengan menggunakan berbagai macam metoda, yaitu bisa secara lisan ataupun secara tulisan. Komunikasi juga dapat dilakukan secara non verbal seperti menggunakan bahasa isyarat. Hal ini juga membuktikan bahwa komunikasi dapat dilakukan ketika pesan yang di sampaikan oleh pengirim dapat dimengerti oleh penerima.
  2. Gunakan volume suara yang sesuai dengan situasi percakapan
  3. Mengetahui karakter lawan bicara.
  4. Memahami setiap kata yang diucap. Hindari kata-kata yang sulit difahami karena akan berpengaruh terhadap isi pesan yang diterima.
  5. Tata bahasa yang tepat. Kemampuan berbahasa yang baik dan terstruktur baik akan lebih mudah difahami pendengar. Selain itu kompetensi pembicara dapat dinilai dari pemilihan bahasa yang tepat sehingga menambah keyakinan pendengar terhadap pesan.
  6. Menebar senyum ketika berbicara. Hal ini dapat menghangatkan situasi komunikasi dan memperindah suatu hubungan.
  7. Memiliki rasa percaya diri dalam berkomunikasi. Indicator penting suatu pesan dapat dipercaya jika pembicara memiliki keyakinan akan kebenaran informasi yang disampaikan. Ketika Anda tidak percaya diri akan apa yang ingin Anda sampaikan maka lawan bicara Anda akan mengalami kesulitan untuk mengerti apa yang ingin Anda sampaikan. Milikilah keberanian untuk mengatakan apa yang ada di dalam Pikiran Anda.
  8. Aktifkan kontak mata. Menjaga kontak mata dalam berkomunikasi adalah tanda ketertarikan pembicara lam menyampaikan dan meyakinkan pendengarnya. Semakin intens kontak mata si pembicara, maka semakin antusias si pendengar. Salah satu cara untuk membantu Anda dalam hal ini adalah dengan memandang salah satu mata pembicara lalu berpindah ke mata lainnya. Dengan melakukan teknik ini maka Anda dapat terlihat memberikan perhatiaan lebih kepada sang pembicara.
  9. Gunakan gesture tangan dan wajah. Untuk memperjelas isi pesan yang disampaikan, maka keaktifan mimic wajah dan tangan perlu dilakukan sebagai penegasan sebuah pesan.
  10. Selaraskan kata, gesture, ekspresi dan nada suara dengan pesan yang ingin disampaikan.
  11. Dapat menjadi pendengar yang baik. Komunikasi tidak hanya berlangsung secara satu arah saja. Di dalam melakukan komunikasi yang baik maka ada saat Anda menjadi pembicara atau pengirim pesan dan ada saatnya dimana Anda akan menjadi penerima pesan atau pendengar. Salah saat hal yang menandakan seseorang bijak dalam berkomunikasi adalah mengetahui saatnya dimananya dia harus menjadi pendengar yang baik.
  12. Fahami tanda ofensif si pendengar dan meresponnya dengan bijak.
  13. Menyisipkan sedikit humor dalam isi pesan.
  14. Beri ruang untuk pertanyaan atau kritik bagi pendengar.
  15. Dapat menjawab setiap kritik dan pertanyaan dengan baik.

15 Tips Komunikasi Jitu

Baik itulah 15 Tips Komunikasi Jitu – dari uraian tersebut di atas kita bisa sama-sama menarik kesimpulan bahwa sebuah komunikasi terjalin untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Nyatanya, tips komunikasi ini tidak sekadar mengeluarkan perkataan, namun juga pentingnya mempertimbangkan pilihan kata yang tepat dan cara penyampaian yang baik sehingga tidak adanya kesalahfahaman.

Bagaimana, Anda setuju dengan penjelasan artikel kali ini? Mari keluarkan pendapat Anda dengan cara berkomentar … Selamat Beraktifitas!

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: