admin 13/01/2018
5 Dampak Polusi Udara Bagi Bumi Beserta Isinya

5 Dampak Polusi Udara Bagi Bumi Beserta Isinya – Telah banyak penelitian yang membuktikan, bahwa beberapa penyebab polusi udara tidak hanya menurunkan kualitas udara di lingkungan sekitar kita, tapi juga berpotensi menyebabkan bencana di bumi.

Hal itu terjadi akibat pemanasan global yang telah menjadi isu penting di dunia internasional. Lalu, apa saja dampak polusi udara bagi bumi beserta isinya? Berikut ulasannya.

[1] Penurunan Kualitas Kesehatan Manusia

ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Atas adalah salah satu dampak polusi udara. Banyak penyakit gangguan pernapasan lainnya yang juga bisa menyerang manusia seperti bronkitis hingga pneumonia sebagai akibat polusi udara ini.

enurunan Kualitas Kesehatan Manusia

Indonesia terbukti mengalami penurunan kualitas udara yang menyebabkan semakin banyaknya penderita gangguan pernapasan setiap tahunnya. Banyak pihak memprediksi bahwa akan semakin banyak korban dampak polusi udara ini, terbukti dengan jumlah kematian terbesar di Indonesia akibat gangguan pernapasan yang menduduki peringkat enam secara nasional.

[2] Menghambat Pertumbuhan Tanaman

Tak hanya manusia, tanaman pun akan mengalami dampak polusi udara yang kian memburuk seperti gangguan pada nekrosis, klorosis, serta bintik hitam. Tentu saja hal ini berakibat buruk juga terhadap kelangsungan hidup makhluk lain, karena tanaman merupakan sumber mata rantai kehidupan. Polusi udara juga menyebabkan tanaman mudah layu dan mati, karena polusi udara menyebabkan proses fotosintesis terhambat.

5 Dampak Polusi Udara Bagi Bumi Beserta Isinya

[3] Penyebab Hujan Asam

Tahukah Anda jika udara yang telah terkontaminasi dengan NO2, N20, dan juga CO2 berpotensi menyebabkan hujan asam? Zat-zat kimia yang ada pada atmosfer bumi akan bereaksi bersama dengan air hujan sehingga memiliki pH asam hingga 5,6.

Tentunya, hujan asam dapat memberikan dampak negatif karena kualitas tanah dan air akan menurun sehingga tidak sehat lagi bagi setiap makhluk yang ada di bumi.

Berbagai jenis logam yang tercemar dalam air hujan pun akan ikut meresap masuk ke dalam tanah, mengakibatkan bangunan cepat keropos karena hujan asam memiliki sifat korosif.

[4] Penyebab Efek Rumah Kaca

Ketika beberapa jenis zat kimia seperti CO2, CFC, Metana, dan juga NO2 bertahan di lapisan troposfer, maka sudah dapat dipastikan akan terjadi efek rumah kaca di bumi.

Hal ini tentu saja berakibat buruk pada kelangsungan hidup semua makhluk di permukaan bumi, seperti misalnya peningkatan suhu permukaan bumi sehingga menyebabkan pencairan es di kutub yang menyebabkan permukaan air laut meninggi.

5 Dampak Polusi Udara Bagi Bumi Beserta Isinya

[5] Merusak Lapisan Ozon

Anda pasti tahu bahwa lapisan ozon yang ada di atmosfer memiliki fungsi untuk melindungi bumi beserta isinya dari radiasi sinar ultraviolet. Lapisan ozon ini dapat mengalami kerusakan akibat efek emisi CFC yang menyebabkan penguraian molekul ozon lebih cepat sehingga lapisan ozon pada stratosfer mengalami kerusakan.

Demikian 5 dampak polusi udara bagi bumi beserta isinya. Anda patut menyadari pentingnya menanamkan kesadaran untuk menjaga lingkungan, karena itu adalah hal mutlak.

Polusi udara telah menjadi salah satu isu penting penyebab kerusakan di banyak sektor seperti pencemaran tanah, hingga kesehatan makhluk hidup di bumi.

Oleh karena itu, penting sekali untuk meningkatkan partisipasi demi peningkatan kualitas udara di muka bumi. Dan jangan lupa, senantiasa oleskan Vaseline pada tubuh Anda sebelum terpapar sinar matahari dan udara di luar rumah, karena Vaseline mengandung anti oksidan alami dan keseimbangan filter pelindung UVA dan UVB. Anda pun tak perlu khawatir lagi jika harus keluar rumah. [w2/01-18_ibd]

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: