admin 13/01/2018
Ketahui Beberapa Fase Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Ketahui Beberapa Fase Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan – Memiliki seorang bayi, merupakan anugerah terindah yang kita dapatkan dari Sang Pencipta. Tak heran jika bulan-bulan awal setelah kelahirannya adalah momen paling spesial dan istimewa. Ketika menginjak bulan ketiga, bayi mulai lebih aktif dan belajar banyak hal termasuk mengenali hingga membedakan wajah kedua orangtuanya.

Perkembangan bayi usia 3 bulan ini memang tergolong pesat, karena ia juga sudah mulai bisa mengamati benda-benda yang ada di sekitarnya serta ingin menyentuhnya segala yang ada dalam jangkauannya.

Bayi Anda juga pasti akan lebih sadar dalam setiap gerak geriknya. Kebiasaan tangan menggenggamnya pun perlahan berangsur menghilang. Ia mulai menggerakkan tangan untuk menyentuh setiap benda. Sang buah hati kecil Anda juga sudah bisa menatap dan melambaikan tangan meskipun belum sepenuhnya terarah.

Fase perkembangan bayi usia 3 bulan ini tentunya membutuhkan pengawasan ekstra dari para orangtua, karena ia mulai memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya. Ia juga suka mendengarkan suara asing, bahkan terutama suaranya sendiri.

gambar pelengkap artikel Ketahui Beberapa Fase Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan
[internet]

Ketahui Beberapa Fase Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Anda dapat memberinya mainan yang aman terbuat dari karet dengan ujung yang tumpul agar kemampuan motoriknya semakin terasah dengan baik. Hindari pemilihan mainan yang menggunakan zat pewarna seperti cat.

Akan lebih baik, jika Anda memberinya mainan yang bisa mengeluarkan suara tertentu untuk melatih pendengarannya. Pada usia ini, bayi juga sudah lebih aman untuk diperkenalkan pada dunia luar dengan membawanya berjalan ke sekitar rumah.

Ajak dia juga untuk mendengarkan lantunan ayat suci atau pun lagu-lagu lembut yang sangat berguna bagi perkembangan otaknya. Bayi usia 3 bulan akan mulai belajar menggumam dan mengeluarkan suara-suara seperti sedang berusaha mengucap suara huruf P,B, dan M.

Anda juga tak perlu heran, jika bayi sudah bisa menyebut Mama atau Papa meskipun belum terlalu jelas. Ia juga sudah bisa diajak komunikasi lho! Salah satu tandanya dengan menggerakkan kedua tangannya yang mungil.

Bahkan, ia mampu untuk mengekspresikan kegembiraan, sedih, atau tertawa terpingkal. Bayi usia 3 bulan ini juga akan meraih apapun yang Anda sodorkan padanya. Ia akan terlihat begitu senang sambil tertawa dengan kaki menendang-nendang.

Ketahui Beberapa Fase Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Si kecil ini juga akan lebih jarang menangis jika perutnya lapar, ia hanya akan sesekali merengek saja. Tips bagi Anda yang memiliki bayi berusia 3 bulan adalah berikan kesempatan padanya dalam mengembangkan minat pada segala hal yang ada di sekitar.

  • Gendong bayi dengan posisi nyaman, duduk, dan sandarkan ia di dada Anda. Ia akan bebas bereksplorasi dan akan jarang rewel karena sedang sibuk mengamati sekitarnya.
  • Kenali karakter hingga emosionalnya sejak dini.
  • Amati reaksi ketika ia senang, tertawa, marah, atau pun menangis. Hal ini penting untuk menjalin hubungan khusus antara si kecil dengan Anda sebagai orangtuanya.

Tak cukup hingga di situ saja, Anda pun wajib memberinya perhatian dalam bentuk perawatan-perawatan tubuh yang tentunya bisa membuat bayi merasa lebih nyaman dan terlihat segar seperti Zwitsal Baby Powder Extra Care dengan Zinc yang tentunya dapat membantu mengurangi serta mengatasi iritasi ringan serta kulit kemerahan akibat udara yang terlalu panas.

Jika bayi nyaman, maka perkembangannya pun juga pasti akan maksimal bukan? Demikian ulasan singkat mengenai perkembangan bayi usia 3 bulan yang semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. [w2/01/18-ibd]

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: