admin 04/01/2018
Tips Agar bisa Memiliki Keluarga Harmonis

Tips Agar Bisa Memiliki Keluarga Harmonis – Modal utama dari terwujudnya keluarga harmonis bertitik awal dari pasangan suami istri yang mampu mewujudkan hubungan yang rukun, kompak dan senantiasa bisa bekerjasama yang baik. Apabila itu semua bisa terwujud, niscaya impian memiliki keluarga yang bahagia bisa tercapai.

Memiliki Keluarga Harmonis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, apalagi kualitas keharmonisan dalam berumahtangga atau berkeluarga sangat mungkin mengalami penurunan dari segi kualitasnya. Hubungan harmonis di awal membina rumah tangga tidak bisa dijadikan patokan bahwa keharmonisan akan terus berlangsung.

Dan bila di dalam sebuah rumah tangga atau keluarga sudah tidak ada lagi kerukunan serta keharmonisan maka akan membuahkan stres. Ujung-ujungnya setiap individu di dalam keluarga memiliki caranya masing-masing dengan tujuan menghindari stres di rumah.

Seorang ayah menjadi malas untuk segera pulang ke rumah usai dari bekerja sebab dia tidak lagi menemukan kenyamanan yang diinginkannya bila berada di rumah sepulang dari kantor.

Pun dengan anak-anak, mereka lebih baik tidak pulang cepat-cepat seusai kuliah atau sekolah. Waktunya dihabiskan bersama teman-temannya karena di rumah sudah tidak memperoleh nilai kasih sayang.

Bagi istri sebagai seorang pengurus rumah tangga pun akan merasa tertekan akibat kondisi yang buruk dari rumah tangga atau keluarganya. Atas dasar itu semua, kali ini pembaca akan kami ajak untuk membahas persoalan ini dengan mencari solusi dan bagaimana mengatur agar bisa Memiliki Keluarga Harmonis yang taklekang oleh waktu.

Berikut ini beberapa hal yang bisa sama-sama dilakukan oleh siapa saja yang tengah mencari jalan keluar dari persoalan rumit seputar stres dan ketidakrukunan sesama anggota keluarga di rumah.

Tips Agar bisa Memiliki Keluarga Harmonis

Tidak ada teriakan

Mulailah untuk menerima kenyataan bahwa hal yang wajar ketika terjadi pertengkaran atau pertikaian kecil di dalam keluarga. Biasanya terjadi antara adik dengan kakak atau suami dengan istri, ibu dengan anak dan seterusnya. Ketika pertikaian terjadi, hindari teriakan-teriakan, sebab sekali saja ada yang berteriak di saat terjadi pertengkaran selanjutnya suasana akan malah tambah runyam.

Saat pertikaian sudah mulai reda pun kita jangan sampai tinggal diam, cepat-cepatlah angkat bicara dengan baik-baik. Karena bicara baik-baik di saat suasana mulai reda kita akan mudah sekali untuk didengar dan lawan bicara pun akan merasa aman.

Menghukum Anak dalam Batas Kewajaran

Anak-anak di rumah walaupun sudah diingatkan berkali-kali agar tidak membuat kotor rumah atau menyimpan barang sembarangan alias tidak pada tempatnya – masih saja mengulangi kesalahannya tersebut. Sebagai orangtua menanggapi situasi seperti itu tidak perlu terpancing emosi, tapi bisa mencoba untuk mulai membuat aturan tentang kedisiplinan.

Tidak saja aturan kedisiplinan, orangtua juga sebaiknya membuat jadwal dan membagi tugas untuk bersih-bersih dan merapikan isi rumah. Atau pilihan lainnya dengan mengerjakan segala sesuatunya dengan bersama-sama.

Nah, di sinilah peran orangtua dipertaruhkan dengan memberikan contoh sikap disiplin serta tanggung jawab terhadap aturan. Sebagai orangtua pun tidak perlu ragu dalam membuat sanksi atau hukuman bagi siapa saja yang melanggar aturan berupa hukuman dalam batas kewajaran.

Tidak Usah Malu dalam Menyampaikan Maaf

Keluarga yang baik dan ideal salah satunya adalah memiliki sikap yang terbuka dan tidak merasa malu ketika salah lalu menyampaikan maaf. Sikap ini berlaku bagi semua anggota keluarga, bahkan ketika orangtua yang memulai bersikap dari kebiasaan ini akan dicontoh oleh anak-anaknya.

Tips Agar bisa Memiliki Keluarga Harmonis

Dalam menyampaikan maaf, terdapat hal lain yang tidak kalah baiknya apabila dibiasakan – yaitu; sikap tegas saat membuat pengakuan salah dan jujur apa adanya. Siapa saja akan memetik pelajaran berharga dari sikap tersebut yang pada akhirnya keluarga memiliki karakter yang kuat tentang sikap saling percaya serta keterbukaan akan segala hal.

Memelihara Harmonis Agar Tidak Hilang

Bila memang sempat terjadi kehilangan suasana harmonis dalam keluarga, anggota keluarga secara inisiatif untuk segera mengembalikan harmonis agar bisa kembali hidup dalam lingkungan keluarga. Syukur-syukur kondisi kehilangan harmonis tidak pernah terjadi sehingga keluarga tinggal memeliharanya agar tidak hilang dengan tanpa merasa bosan.

Tips Agar bisa Memiliki Keluarga Harmonis
ilustrasi [internet]
Cara sederhana dalam memelihara harmonis agar tidak hilang dalam keluarga adalah dengan mengenang hal-hal penuh kesan atau hal-hal indah yang pernah dilakukan oleh bersama anak-anak. Selain itu pun keluarga perlu menomorsatukan kebiasaan kumpul keluarga.

Saat kumpul keluarga juga perlu disiapkan cemilan dan tentunya dilengkapi pula dengan minuman. Untuk minuman, salah satu yang dapat dilakukan oleh setiap keluarga adalah dengan menyajikan Teh Sariwangi. Pasalnya, teh hadir dalam keluarga saat berkumpul telah menjadi sebuah budaya yang telah lama dimiliki oleh keluarga Indonesia.

Itulah sedikit uraian tentang Tips Agar Bisa Memiliki Keluarga Harmonis – semoga dengan artikel ini bisa memotivasi kita semua khususnya keluarga yang tengah berusaha mewujudkan kerukunan dan kekompakan di masyarakat yang diawali diciptakan di lingkungan terkecil, yaitu keluarga. [w3/12-ibd]

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: