admin 31/01/2018

Warga Bangkinang Bisa Kuliah Ke Luar Negeri Berkat Dukungan PT RAPP – Keberadaan PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) menghadirkan berkah bagi para warga di sekitarnya. Bukan hanya dalam segi ekonomi, PT RAPP juga memberikan kesempatan untuk meraih pendidikan yang lebih baik.

RAPP Riau merupakan unit operasional APRIL Group di Indonesia. Mereka dikenal sebagai salah satu produsen pulp dan kertas terbesar di dunia. Kapasitas produksinya menjadi bukti. Per tahun, APRIL sanggup menghasilkan pulp sebanyak 2,8 juta ton dan kertas sebanyak 850 ribu ton.

Kemampuan itu tak lepas dari kejelian APRIL dalam mendapatkan bahan baku. Mereka bisa konsisten memperolehnya karena mengelola perkebunannya sendiri. Saat ini, APRIL tercatat memiliki perkebunan seluas 476 ribu hektare yang dikelola bersama 40 mitra pemasok jangka panjang.

Dalam pengelolaan perkebunan, APRIL menyerahkannya kepada RAPP Riau. Sebagai unit bisnis bagiannya, RAPP menjalankan pengelolaan perkebunan, merawat, hingga mengolah bahan baku menjadi pulp dan kertas.

Riau Andalan Pulp & Paper memiliki basis operasi di Pangkalan Kerinci. Di sana mereka punya pabrik yang terintegrasi dengan perkebunan. RAPP menanaminya dengan pohon akasia dan eukaliptus yang menjadi bahan baku pulp dan kertas.

Keberadaan PT RAPP menjadi berkah bagi banyak pihak di sekitarnya. Paling terlihat adalah dampak ekonomi. RAPP Riau memutar roda perekonomian di sana. Mereka juga membuka lapangan kerja yang besar.

Hasil riset Unit Penelitian Ekonomi dan Sosial Universitas Indonesia bisa menjadi acuan. Mereka menyatakan bahwa APRIL yang menjadi induk RAPP mampu menyediakan lapangan kerja langsung bago 5.900 orang. Selain itu, mereka juga membuka lapangan pekerjaan tidak langsung kepada 11.200 kontraktor.

Akan tetapi, berkah yang dirasakan bukan hanya dari segi ekonomi. Warga di sekitar area operasional Riau Andalan Pulp & Paper juga merasakan dukungan besar terhadap perkembangan pendidikannya.

Banyak yang merasakannya. Salah satunya adalah Sri Wahdini Rahmi atau yang akrab disapa Nani. Wanita asal Bangkinang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ini bisa merasakan kuliah di luar negeri berkat dukungan PT RAPP.

Nani tercatat bisa menempuh studi di Asian Institute Technology Thailand selama dua tahun. Ia masuk pada 2010 dan menyelesaikan perkuliahannya pada 2012.

Di sana Nani mengambil studi manufaktur pulp dan kertas. Kebetulan bidang tersebut sesuai dengan latar belakangannya sebagai salah satu karyawan di Riau Andalan Pulp & Paper.

Awal mula peruntungan Nani bisa kuliah di Thailand dimulai dari program di RAPP. Talent Management PT RAPP menawari kesempatan tersebut dengan sistem program beasiswa.

Kala itu, Nani sebelumnya ragu. Ia masih berikir-pikir untuk melanjutkan studi di luar negeri. Sebab, ia kurang yakin dengan kemampuannya sendiri.

“Saya sempat menolak karena tidak pede, tapi dari Talent Management meyakinkan bahwa saya mampu. Berat juga harus jauh dari keluarga. Tapi akhirnya saya terima,” kata Nani di Bisnis.com.

            Sesudah itu Nani mulai menjalani proses seleksi. Penyaringan program beasiswa ini dimulai dengan seleksi di tingkat perusahaan meliputi tes psikotes dan wawancara. Setelah itu, ia melakukan tes di univesitas terkait dan tes TOEFL.

Beruntung, Nani yang merupakan lulusan Universitas Sriwijaya ini mampu melewati rangkaian tes dengan baik. Ia akhirnya mendapatkan kesempatan studi di luar negeri secara gratis.

“Pada 2010, di angkatan saya ada 5 orang yang menerima beasiswa magister. Saya jadi satu-satunya perempuan pada waktu itu,” ujar Nani di Tribunnews.com.

Sebagai penerima beasiswa dari RAPP Riau, Nani mendapat sejumlah keuntungan. Ia memperoleh dukungan biaya pendidikan dan biaya hidup selama menjalani pendidikan. Selain itu, karena sudah berstatus sebagai karyawan RAPP, ia tetap mendapatkan gaji seperti biasa.

“Bantuan beasiswa saya sekitar Rp60 juta per semester,  biaya hidup 15 ribu baht atau sekitar 6 juta rupiah. Gaji pun tetap dibayarkan, karena yang ikut sudah ada yang berkeluarga, jadi seperti Pegawai Negeri Sipil,” ujar Ari.

foto pelengkap artikel berita tentang Warga Bangkinang Bisa Kuliah Ke Luar Negeri Berkat Dukungan PT RAPP

MENAMBAH ILMU DAN PENGALAMAN

Jadilah Nani menjalani kuliah di Thailand. Mulanya sebagai orang Indonesia di negeri lain, ia merasa kikuk. Perlu ada penyesuaian yang harus dilakukannya terhadap kehidupan di Negeri Gajah Putih.

Namun, karena mau belajar, Nani bisa menyesuaikan diri dengan baik. Sesudahnya ia mampu menjalani kuliah dengan baik. Selain itu, Nani mengaku mendapatkan manfaat besar lain berupa pengalaman hidup yang penting.

Selama kuliah di Asian Institute Technology Thailand, Nani juga bisa merasakan hidup di dua negara lain, yakni Jepang dan Kanada. Hal itu diperolehnya berkat program di tempatnya menuntut ilmu.

Nani mendapat kesempatan mengikuti program Summer School selama 4 bulan di Tohoku University dan University of British Columbia (UBC). Pengalaman itu dirasanya sangat berkesan.

“Sewaktu menjalani kuliah untuk mengambil titel master, saya bisa ke Jepang, Kanada, lewat program Summer School. Itu dapat pembiayaan dari universitas yang mengundang,” kata Nani.

Selain pengalaman menarik hidup di negeri asing, Nani juga mendapat ilmu yang banyak. Kuliah jenjang master di negeri asing memudahkannya untuk mengembangkan kemampuan di Riau Andalan Pulp & Paper. Alhasil, sesudah studinya selesai, Nani mampu bekerja dengan semakin baik.

Saat ini, Nani bekerja di Divisi Continuous Improvement Pulp and Paper. Di sana ia bertugas untuk memastikan setiap kegiatan perusahaan berjalan dengan efisien dan tepat sasaran  demi peningkatan produktivitas kerja.

Oleh sebab itu, Nani sangat berterima kasih kepada RAPP Riau yang memberinya kesempatan mengikuti program beasiswa. Apalagi, ia merasa kesejahteraannya semakin meningkat setelah bekerja di PT RAPP. Sebagai bukti, Nani mampu mengajak ibunya menjalani umrah.

Alhamdulillah, 2 tahun lalu (pada 2015, Red.) saya sudah berangkat umrah bersama ibu, dan memang saya bangga menjadi bagian dari keluarga besar RAPP,” ujar Nani.

Riau Andalan Pulp & Paper memang memberi kesempatan kepada karyawannya untuk meningkatkan pendidikan. Mereka membuka program beasiswa yang dapat diikuti oleh siapa saja tanpa memandang asal divisi atau bagian pekerjaannya.

Pendidikan memang menjadi bagian penting dalam tubuh PT RAPP. Mereka ingin semua pihak mampu terus meningkatkan kualitas ilmunya dengan beragam cara.

Hal ini tidak hanya dinikmati oleh para karyawan RAPP. Sebagai bukti, hingga saat ini, APRIL yang menjadi induk perusahaan RAPP sudah memberikan sejumlah program beasiswa kepada masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya. Penerimanya beragam mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Selain itu, mereka juga memberi pelatihan kepada guru dan menyediakan fasilitas serta peralatan sekolah.

Khusus untuk beasiswa sekolah, APRIL sudah memberikannya kepada 17.613 siswa sekolah dasar dan menengah. Mereka juga menawarkan 50 beasiswa untuk lulusan sekolah menengah untuk melanjutkan studi pertanian diploma di INSTIPER.

Sementara itu, terkait pengembangan fasilitas sekolah APRIL membantu renovasi dan pengembangan 219 sekolah di daerah pedesaan sejak tahun 1999. Mereka juga mensponsori pelatihan untuk 600 guru sejak tahun 2009 hingga 2012.

Semua dilakukan oleh induk perusahaan PT RAPP sebagai bagian dari langkah untuk memberi manfaat kepada masyarakat dan negara. Hal itu merupakan kewajiban dalam perusahaan yang harus dijalankan secara konsisten. [w4/01/01/2018-pbn]

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: