admin 01/02/2018

Kenali Istilah Panel ATS-AMF Sebelum Menyewa Genset – Saat akan sewa genset untuk pertama kalinya baik untuk acara maupun cadangan daya tambahan di gedung, mungkin Anda akan dihadapkan oleh berbagai istilah asing dari dunia listrik dan mesin.

Salah satu istilah yang akan Anda hadapi adalah panel ATS dan AMF. Apa itu? ATS adalah sebuah singkatan dari Automatic Transfer Switch. Sedangkan AMF adalah Automatic Main Failure.

Kedua panel di dalam genset ini memiliki fungsi yang berbeda. Seperti apa cara kerjanya? Yuk, simak sekilas pembahasannya berikut ini.

Kenali Istilah Panel ATS-AMF Sebelum Menyewa Genset

kenali istilah panel ats amf sebelum menyewa genset
[internet]
AMF memiliki fungsi untuk menyalakan genset secara otomatis saat listrik dari PLN padam. Agar fungsi ini berjalan baik, panel AMF memerlukan input listrik PLN untuk dipantau aktif atau padam.

Fungsi lainnya adalah sebagai data mesin untuk mengetahui apakah genset berhasil dinyalakan atau tidak. Output dari AMF adalah sinyal ke genset untuk menyalakan dan mematikannya.

Biasanya pada genset baru dengan sistem kontrol digital, kebanyakan modul kontrol mereka sudah menyediakan fungsi AMF. Jadi Anda sudah tidak perlu lagi menambahkan fungsi AMF ke dalam panel.

Sejauh ini, genset sudah menyala dan siap menerima beban atas fungsi AMF, namun masih belum terhubung ke bebannya atau jaringan gedung. ATS pun hadir untuk menyambungkan genset ke jaringan gedung secara otomatis.

ATS ini juga perlu mendeteksi listrik PLN, jadi ketika PLN sudah menyala, ATS akan mengoperkan beban dari genset ke PLN secara otomatis.

Kenali Istilah Panel ATS-AMF Sebelum Menyewa Genset

Pada prinsipnya, ATS-AMF ini seperti menggantikan operator manual untuk berjaga mengantisipasi pemadaman PLN yang kadang mendadak. Namun perlu diketahui pula, bahwa ATS-AMF itu bukan pengganti kegiatan maintenance rutin yang biasanya dikerjakan oleh operator.

Jadi peran operator pun tetap tidak bisa digantikan oleh ATS-AMF. Karena secanggih apapun panel ATS-AMF, tetap harus ada operator atau teknisi untuk memonitor kesiapan mesin seperti ketegangan fan belt, level air radiator, oil level, memeriksa kebocoran oli dan radiator, mengganti filter yang ada, dan lainnya.

Namun tetap jangan pernah terjadi ketika melakukan proses maintenance manual oleh operator terlupakan oleh kecanggihan teknologi, ya? Oh ya yang terakhir nih … Untuk sewa genset Kalimantan Anda bisa kunjungi web Sewatama [w1/02/2018_iBM]

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

%d blogger menyukai ini: