admin 26/07/2018
Inilah Keluhan Awal dan Gejala Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Keluhan Awal dan Gejala Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Ketahui – Ginjal merupakan organ dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai sistem filterisasi dalam saluran metabolisme tubuh manusia.

Organ ini juga memiliki peranan penting dalam menyaring racun yang mungkin saja masuk dalam tubuh, melalui berbagai jenis makanan yang kita konsumsi. Jika pada tubuh seseorang, salah satu organ vital ini mengalami gangguan maka sangatlah wajar jika berbagai keluhan akan menyertai tubuh mereka.

Salah satu keluhan utama yang kerap kali dirasakan oleh seseorang dengan fungsi ginjal yang tidak sempurna adalah adanya rasa sakit yang berlebihan pada bagian pinggang hingga bagian perut depan.

Rasa sakit ini muncul karena memang ginjal bekerja terlalu keras dalam melakukan filterisasi dalam proses metabolism darah dalam tubuh kita.

Gejala awal fungsi ginjal dalam tubuh seseorang memang biasanya akan sulit di deteksi secara kasat mata, tanpa melakukan uji ataupun pengetesan terhadap kesehatan seseorang.

Gangguan kesehatan pada bagian ginjal akan mengakibatkan indikasi terjadinya kelemahan dalam tubuh, jika memang kerusakan ginjal telah mencapai angka lebih dari 50%.

Hal inilah yang memang harus kita waspadai dan mengharuskan kita untuk selalu melakukan pengujian kesehatan terutama yang terkait dengan fungsi ginjal dan organ dalam vital lainnya.

foto pelengkap artikel Inilah Keluhan Awal dan Gejala Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Ketahui
[internet]

Inilah Keluhan Awal dan Gejala Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa kondisi ginjal pada diri seseorang telah mengalami kerusakan ataupun tidak dapat berfungsi dengan optimal, yang antara lain adalah:

  • Kulit tubuh seseorang terlihat lebih pucat dari warna biasanya karena memang sistem penyaringan darah tidak dapat berjalan dengan sempurna.
  • Munculnya keluhan gatal pada kulit diberbagai bagian tubuh, yang juga disebabkan darah yang mengalir dalam tubuh tidak mendapatkan sistem filterisasi yang baik.
  • Nafsu makan akan menjadi menurun, karena beberapa keluhan rasa sakit akan muncul dalam diri seseorang yang memang mengalami kerusakan pada bagian ginjal mereka.
  • Munculnya bengkak pada beberapa bagian tubuh terutama pada bagian pergelangan, dimana hal ini lebih disebabkan karena ada penumpukan cairan dalam tubuh.
  • Keluhan munculnya darah yang dikeluarkan bersama dengan urin, ketika seseorang yang mengalami gangguan ginjal melakukan aktivitas buang air kecil.

Selain keluhan diatas, para penderita gangguan ginjal biasanya juga akan memiliki bau nafas yang sedikit tidak sedap, bahkan cenderung berbau sedikit seperti urine.

Bau nafas tidak sedap ini memang dapat timbul karena memang proses penyaringan darah dalam tubuh tidak berjalan dengan sempurna.

Selain bau nafas, sistem pernafasan pun akan terlihat berbeda, dimana para penderita penyakit ginjal biasanya akan memiliki nafas yang pendek-pendek, sehingga sangatlah wajar jika mereka tidak dapat melakukan aktivitas yang tergolong berat.

Bagi Anda yang memang tidak ingin mengalami keluhan terhadap kesehatan ginjal Anda, maka akan sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang memang baik untuk kesehatan ginjal dan tubuh kita.

Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh, karena selain dapat memberatkan kerja ginjal, makanan ini pun dapat membentuk tumpukan lemak yang dapat mengganggu kesehatan organ tubuh lainnya.

Perbanyaklah mengkonsumsi air putih ataupun air mineral, untuk membantu proses penyaringan yang dilakukan oleh ginjal kita. Dengan mengkonsumsi banyak air putih maka kerja ginjal akan menjadi lebih ringan dalam membuang berbagai jenis racun yang mungkin masuk kedalam tubuh kita.

Selain membantu proses filterisasi air putih pun juga akan membantu membentuk ion tubuh dan menghindarkan kita dari dehidrasi yang memang dapat menimbulkan berbagai keluhan lainnya. [w4/7/2018_iBM]

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: