Amankah Pemakaian Sabun Batangan untuk Kulit Bayi?

keluarga Kesehatan

Amankah Pemakaian Sabun Batangan untuk Kulit Bayi? Bagi kamu yang saat ini memiliki buah hati yang usianya dibawah 3 bulan, Sebaiknya lebih teliti saat memilih produk perawatan bayi. Jangan tertipu oleh harga yang murah dan beraneka macam rasa yang ditawarkan, pilih yang terbukti aman dan tidak memicu iritasi.

Jika si kecil sudah berusia satu tahun lebih, penggunaan sabun all in one bisa menjadi pilihan tepat. Namun jika usianya masih hitungan bulan, sebaiknya cari sabun yang memang dikhususkan untuk bayi.

Ada banyak panduan yang harus kamu pelajari agar bisa menjaga kesehatan buah hati. Mulai dari bagaimana cara cuci popok kain hingga memandikan si kecil dengan benar.

Khusus untuk sabun mandi bayi, kamu bisa memilih sabun batangan atau cair. Namun jika dilihat dari keamanan dan kebersihannya, sabun cair jauh lebih dianjurkan.

Amankah Pemakaian Sabun Batangan untuk Kulit Bayi
[internet]

Amankah Pemakaian Sabun Batangan untuk Kulit Bayi?

Mengapa penggunaan sabun all in one berbentuk batangan sebaiknya kamu hindari. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal tersebut, beberapa diantaranya adalah:

Tempat bersarangnya bakteri

Pengaplikasian sabun batang lebih tidak aman bagi bayi karena bersentuhan langsung dengan tangan beberapa orang. Jadi kemungkinan terjadi perpindahan bakteri dari tangan ke sabun cukup besar.

Selain itu penyimpanannya juga tidak terjamin kebersihannya. Karena kurang higienis inilah, sebaiknya kamu menghindari pemakaian sabun tersebut dan beralih memakai sabun cair.

pH yang lebih tinggi

Beberapa jenis sabun batangan dibuat dengan pH yang cukup tinggi agar bisa mengusir bakteri dan kuman dengan cepat. Faktanya pH yang berlebih justru menyebabkan kulit terkikis dan akhirnya kondisinya menjadi kering karena kelembapannya berkurang.

Jika diaplikasikan pada bayi yang masih berusia di bawah 3 bulan, dapat menyebabkan efek negatif salah satunya adalah iritasi pada kulit. Meski harganya cenderung murah, namun akan lebih baik jika kamu menghindari pemakaian produk ini.

Tidak hanya cara cuci popok kain saja yang harus kamu ketahui, dalam pemilihan sabun bayi pun tidak bisa sembarangan. Untuk mencegah bahaya iritasi sebaiknya pakai sabun cair khusus bayi dengan pH normal dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. [w2/12/18_sos]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.