Beberapa Alasan Kenapa Kita Harus Rajin Baca Buku

Beberapa Alasan Kenapa Kita Harus Rajin Baca Buku

Kesehatan Tips

Beberapa Alasan Kenapa Kita Harus Rajin Baca Buku –  Selain guna menambah pengetahuan atau wawasan tentang hal terbaru dari kejadian atau perkembangan informasi, membaca buku memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satu yang paling penting dari keuntungan apabila kita memiliki kebiasaan rajin membaca buku adalah untuk melatih kecerdasan otak.

Seperti kita ketahui bersama, jamak dari tokoh dunia yang memiliki kebiasaan rajin baca buku, sebut saja; eks presiden Amerika Serikat Barack Obama, konon sosok yang erat kaitannya dengan Indonesia ini rajin membaca koran.

Nah, berikut ini infografis menarik yang bisa menjadi inspirasi alasan kenapa kita harus rajin baca buku – yang diperoleh dari portal Indonesia Baik. Mereka menulis bahwa orang yang rajin membaca maka dia akan memiliki 2,5 kali lebih rendah terserang penyakit Alzheimer. Padahal kita pun mengetahui kalau penyakit Alzheimer merupakan penyakit otak yang mampu menurunkan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Meskipun kondisi ini jamak dirasakan oleh mereka yang berumur di atas 65 tahun namun tidak salah juga bila kita antisipasi sejak dini.

Poin lain dari manfaat membaca buku yaitu setiap orang akan turun tingkat stressnya hingga 60%, bahkan kebiasaan ini mampu meredakan ketegangan otot serta memperlambat detak jantung. Dan bagi Anda yang memiliki aktifitas mengajar atau tampil berbicara di depan banyak orang, apabil Anda rajin baca buku maka jumlah kosakata yang kita miliki menjadi bertambah serta semakin mengasah kemampuan berbicara. Untuk kedua faktor yang menguntungkan ini Anda akan memperoleh tambahan skill sebesar 5 hingga 15%.

adetruna tampil berbicara di depan publik
Ilustrasi tampil berbicara di depan publik akan maksimal saat rajin membaca buku.

Apalagi kita dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman dan meningkatkan kapasitas diri, dengan rajin baca buku maka tuntutan ini bukan sebuah masalah. Untuk itu rajin-rajinlah membaca buku agar kita senantiasa menambah wawasan dan pengetahuan. Dengan membiasakan rajin membaca maka secara otomatis setiap orang akan memiliki pemikiran yang luas. Pada akhirnya, kita menjadi pribadi yang memiliki pemikiran terbuka terhadap perbedaan cara pandang orang lain.

Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting apabila kita memiliki kebiasaan baik seperti rajin baca buku yaitu; kita akan memiliki kemampuan yang baik tentang cara menganalisa. Dengan meningkatnya kemampuan berpikir analitis maka ini bisa membantu kita saat menilai fenomena sosial yang terjadi di masyarakat secara obyektif.

Itulah sekilas informasi yang bisa kami informasikan seputar Beberapa Alasan Kenapa Kita Harus Rajin Baca BukuPembaca … Sudah membaca buku apa hari ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.