Minuman Sebagai Obat yang Cocok Dikonsumsi Saat Pilek

Minuman Sebagai Obat yang Cocok Dikonsumsi Saat Pilek

Kesehatan

Obat pilek ampuh yang tidak ngantuk tidak hanya diperoleh melalui obat-obatan saja, melainkan bisa juga diperoleh melalui minuman yang sering dijumpai sehari-hari. Anda pun tidak perlu repot merogoh koceh banyak dalam membeli obat.

Berikut adalah beberapa jenis minuman yang bisa dijadikan obat untuk dikonsumsi saat pilek :

[1] Air garam

Gejala awal pilek biasanya ditandai dengan sakit tenggorokan. Dari efek tersebut, garam nyatanya mampu mengeluarkan cairan berlebih yang berfungsi mematikan kuman. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan larutan garam untuk mengatasi penyakit tersebut dengan cara mengambil segelas air hangat yang dicampur garam kurang lebih dua sendok makan, kemudian berkumur sebanyak tiga kali sehari.

[2] Jus jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C dan karotenoid sebagai antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas dan efektif. Buah ini juga diyakini mampu mencegah perkembangan virus influenza dalam tubuh. Nah, cara untuk mengatasi flu, minumlah 100% jus jeruk setiap hari, maka Anda bisa langsung merasakan perbedaannya.

foto pelengkap Minuman Sebagai Obat yang Cocok Dikonsumsi Saat Pilek
foto pelengkap Minuman Sebagai Obat yang Cocok Dikonsumsi Saat Pilek

Minuman Sebagai Obat yang Cocok Dikonsumsi Saat Pilek

[3] Air putih

Minum air putih bisa membantu mengurangi penyakit pilek, sehingga mampu mengatasi hidung mampet atau tersumbat. Air putih lebih baik dibanding minuman berkafein dengan efek diuretik yang menyebabkan dehidrasi lebih cepat.

[4] Teh hijau

Ilmuwan Jepang menyatakan bahwa mengkonsumsi minuman 2 cangkir teh hijau setiap harinya akan mengurangi resiko gejala pilek hingga 70%. Kandungan katekin dan tanin sebagai antioksidan yang baik berfungsi mengurangi gejala flu.

[5] Jus sayur

Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin adalah sayur. Sayur tersebut bisa diolah dengan membuat salad. Namun, jika ingin lebih praktis, bisa dijadikan jus sayur untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jus tersebut kaya akan antioksidan yang bisa dikonsumsi saat pilek atau flu, bahkan bisa juga dijadikan obat untuk masalah pencernaan.

Itulah lima minuman yang mampu menjadi obat flu paling ampuh karena keutamaan kandungan zat kimianya. Selain itu, minuman bersoda juga bisa diminum saat gejala awal flu, sehingga mampu mengurangi iritasi tenggorokan saat pilek.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.