Warga LDII Wonogiri Kurban Sebesar Rp11,29 Miliar pada Idul Adha 2024

Warga LDII Wonogiri Kurban Sebesar Rp11,29 Miliar pada Idul Adha 2024 -- Keikhlasan warga Lembaga Dakwah Islam (LDII) Wonogiri dalam berkurban sungguh luar biasa. Bagaimana tidak, total uang yang mereka keluarkan untuk membeli hewan kurban mencapai Rp11,29 miliar.

Warga LDII Wonogiri Kurban Sebesar Rp11,29 Miliar pada Idul Adha 2024
Warga LDII Wonogiri Kurban Sebesar Rp11,29 Miliar pada Idul Adha 2024



Angka tersebut berasal dari pembelian 510 ekor sapi dan 660 ekor kambing, dengan rata-rata harga sapi Rp23 juta dan harga kambing Rp2,5 juta.

Ketua DPD LDII Kabupaten Wonogiri, Sutoyo, menyatakan bahwa jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pada tahun 2023, warga LDII Wonogiri menyembelih 464 ekor sapi dan 676 ekor kambing,” ucap Sutoyo, seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng, Senin (17/6).

Sutoyo juga menjelaskan latar belakang semangat luar biasa warga LDII untuk berkurban.

“Pertama, warga LDII termotivasi oleh nilai ibadah dari kurban. Setiap pengajian, para ulama dan juru dakwah selalu mengingatkan tentang sejarah, pahala, dan manfaat berkurban,” tutur Sutoyo yang didampingi oleh beberapa pengurus LDII Wonogiri.

Dari sisi sejarah, Sutoyo menambahkan, kurban mengandung nilai keikhlasan, ketaatan, dan tawakal yang tinggi seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS ketika diperintahkan menyembelih putranya, Nabi Ismail AS.

“Dari sisi pahala, setiap bulu pada hewan kurban, baik bulu halus maupun kasar, dihitung sebagai satu pahala,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa kurban bisa dilaksanakan oleh siapa saja, tidak hanya orang kaya. Mereka yang kurang mampu juga tetap bisa berkurban. Kunci utamanya adalah ketakwaan kepada Allah. Dari rasa takwa tersebut, seseorang bisa terdorong untuk beribadah, termasuk berkurban.

Ia juga merujuk pada beberapa praktik kurban pada masa Rasulullah, seperti satu orang dengan satu hewan kurban.

“Jika tidak mampu, satu hewan kurban bisa untuk tujuh orang. Ada juga satu hewan kurban untuk satu keluarga. Bahkan Rasulullah mengurbankan dua ekor kambing, satu kambing untuk keluarganya dan satu kambing dikurbankan untuk umat Islam yang tidak sempat berkurban,” tutupnya.
-
-
-
Dapatkan Informasi Lainnya di Google News
Warga LDII Wonogiri Kurban Sebesar Rp11,29 Miliar pada Idul Adha 2024 Warga LDII Wonogiri Kurban Sebesar Rp11,29 Miliar pada Idul Adha 2024 Reviewed by admin on June 17, 2024 Rating: 5

No comments:

sponsorship

Powered by Blogger.