LDII Cileungsi Lakukan Pembinaan Remaja tentang Bahaya Rokok dan Vape

LDII Cileungsi Lakukan Pembinaan Remaja tentang Bahaya Rokok dan VapePC LDII Kecamatan Cileungsi menghelat penyuluhan bagi generasi muda yang bertajuk, "Bahaya Rokok, Vape, dan Sejenisnya" di Masjid Al-Aziziyah, Pasirangin, Kecamatan Cileungsi, pada Minggu (22/9).

LDII Cileungsi Lakukan Pembinaan Remaja tentang Bahaya Rokok dan Vape
LDII Cileungsi Lakukan Pembinaan Remaja tentang Bahaya Rokok dan Vape

LDII Cileungsi Lakukan Pembinaan Remaja tentang Bahaya Rokok dan Vape

Utusan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Yudi Agustiana, menjelaskan bahwa rokok merupakan benda yang berisi tembakau atau bahan lain yang digunakan dengan cara dihisap, sedangkan vape adalah cairan yang diuapkan kemudian dihisap oleh penggunanya.  

"Baik rokok maupun vape keduanya sama-sama berbahaya dan dapat menimbulkan kerusakan pada tubuh, baik bagi perokok aktif maupun pasif, seperti kerusakan paru-paru, iritasi pernapasan, gagal ginjal, dan lain sebagainya," jelasnya.

Menurut Yudi, dampak akibat merokok bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
"Jangka pendeknya, yang pasti rugi secara ekonomi, karena mengeluarkan uang untuk membeli sebungkus rokok. Semakin kecanduan, seorang perokok bisa menghabiskan lebih dari satu bungkus rokok, yang nilainya lebih dari seharga 2 liter beras," tegasnya.

"Sedangkan jangka panjangnya adalah merusak paru-paru sedikit demi sedikit, hingga akhirnya menyebabkan penyakit paru kronis. Tidak hanya bagi perokok aktif, tetapi juga bagi perokok pasif, orang yang turut menghirup asap rokok," tambahnya.

Yudi berpesan kepada generasi penerus untuk memperkuat pemahaman agama. Mereka harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang menimbulkan mudarat.  

"Rokok atau vape termasuk hal yang merugikan. Oleh karena itu, kita harus menghindarinya," pesan Yudi.

Sementara itu, Ketua PC LDII Cileungsi, H. Rasyid Husein, mengungkapkan bahwa program penyuluhan ini merupakan bagian dari komitmen LDII dalam melakukan pembinaan generasi penerus, dengan mempraktikkan 29 karakter luhur.

“Kegiatan pengajian remaja dan penyuluhan ini merupakan bagian dari program kami. Selain mengkaji Al-Qur’an dan Al-Hadist, kami juga memberikan bekal penyuluhan kepada remaja. Kebetulan kali ini kami mengangkat materi tentang bahaya rokok, vape, dan sejenisnya. Kami ingin para generasi muda LDII dapat menjaga diri mereka sebaik mungkin dari hal-hal negatif,” tutur pria yang akrab disapa Husein. (Lines Bogor)

-
-
-
 
Dapatkan Informasi Lainnya di Google News
LDII Cileungsi Lakukan Pembinaan Remaja tentang Bahaya Rokok dan Vape LDII Cileungsi Lakukan Pembinaan Remaja tentang Bahaya Rokok dan Vape Reviewed by admin on September 24, 2024 Rating: 5

No comments:

sponsorship

Powered by Blogger.