3 (Tiga) Fungsi Humidifier Di Rumah Untuk Kesehatan

3 (Tiga) Fungsi Humidifier Di Rumah Untuk Kesehatan

Home » Kesehatan » 3 (Tiga) Fungsi Humidifier Di Rumah Untuk Kesehatan

Humidifier adalah alat yang bertujuan untuk menjaga kelembapan udara pada suatu ruangan tetap stabil. Alat ini pun bermanfaat untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh udara yang kering.

ilustrasi sakit pilek saat rumah berudara kering
ilustrasi sakit pilek saat rumah berudara kering

Masalah yang kerap timbul karena udara kering bisa berupa pilek, sakit tenggorokan, bibir pecah dan kulit terasa kering. Karena itu humidifier sangat diperlukan, terlebih dalam ruangan ber-AC.

Namun penggunaan humidifier pun harus secukupnya. Karena bila dipergunakan secara berlebihan akan berakibat pada buruk pada alat pernapasan. Alat ini juga harus dibersihkan dengan rutin agar tidak kotor. Pembersihan dapat dilakukan tiap beberapa hari untuk menghindari tumbuhnya jamur.

3 (Tiga) Fungsi Humidifier Di Rumah Untuk Kesehatan

Fungsi humidifier di rumah selain menjaga kelembapan udara pada ruangan juga memiliki manfaat yang lain. Alat mungil yang menyemprotkan uap air ke dalam udara ini memiliki banyak manfaat. Uap air yang dilepaskan mampu menghilangkan radikal bebas serta membasmi jamur maupun bakteri.

3 Fungsi Humidifier Di Rumah

Ruangan yang menggunakan AC memang terasa menyenangkan namun bisa menyebabkan udara kering. Sebab itu diperlukan alat yang berfungsi untuk melembabkan udara agar tetap ideal. Selain itu ada fungsi humidifier di rumah yang masih jarang diketahui secara luas. Berikut manfaat dari alat ini.

Mengurangi Risiko Terjadinya Mimisan

Mimisan biasa terjadi karena ada masalah pada hidung. Bagian saluran pernapasan yang terluka bisa memicu terjadinya mimisan atau pendarahan pada hidung. Humidifier dapat menekan risiko terjadinya perlukaan pada hidung atau masalah pernapasan lain. Sehingga kemungkinan terjadinya mimisan lebih kecil terjadi daaam ruangan yang lembab.

Fungsi Humidifier Di Rumah Untuk Mencegah Terjadinya Flu

Riset menunjukkan bahwa virus dapat berkembang secara aktif dalam udara kering. Namun sebuah ruangan yang memiliki kadar kelembapan 40% mampu mengurangi risiko berkembangnya virus atau bakteri. Sehingga kemungkinan terkena flu pun dapat ditekan serendah mungkin.

Menjaga Kesehatan Rambut

Kurangnya kelembapan pada udara bisa menyebabkan kulit kepala lebih kering. Sehingga akibatnya kulit kepala terasa gatal dan timbul iritasi. Ini juga berimbas pada rambut yang menjadi lebih kasar serta rapuh. Adanya humidifier bermanfaat untuk kulit kepala tetap lembap dan rambut tetap sehat.

BACA JUGA :  Inilah Frozen Food Daging dan Ikan yang Dijual Warung Nasi Ampera Bandung

Demikian fungsi humidifier di rumah yang masih belum banyak diketahui secara umum. Namun perlu diingat penggunaan humidifier harus selalu dijaga kebersihannya. Air untuk humidifier juga harus selalu diganti tiap hari, lebih baik lagi bila menggunakan air mineral untuk hasil maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.