8 Tata Cara Shalat Taubat Mulai Niat Sampai Sujud

8 Tata Cara Shalat Taubat Mulai Niat Sampai Sujud

Home » Umum » 8 Tata Cara Shalat Taubat Mulai Niat Sampai Sujud

8 Tata Cara Shalat Taubat Mulai Niat Sampai Sujud – Sebagai umat Islam, kita harus mengetahui tata cara sholat taubat. Setiap orang pastilah pernah melakukan perbuatan salah. Karena manusia memang tak dapat lepas dari dosa.

Oleh sebab itu manusia butuh memohon ampunan pada Allah SWT. Salah satu langkah untuk melakukannya adalah dengan melaksanakan shalat taubat. Berikut adalah 8 tata cara shalat taubat yang perlu Anda ketahui.

[1] Membaca Niat

Tata cara shalat taubat masih sama layaknya shalat sunnah lainnya. Shalat taubat dilaksanakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam. Shalat ini pun dapat dikerjakan dalam 4 atau 6 rakaat. Shalat taubat sebaiknya dilaksanakan secara sendirian. Ini sebab shalat taubat adalah shalat nafilah yang tak disyariatkan untuk dilaksanakan secara berjemaah. Untuk memulainya, Anda dapat membaca niat dalam hati.

[2] Takbiratul Ihram

Gerakan pertama ketika shalat taubat, yakni takbiratul ihram. Gerakan ini dilakukan mengangkat kedua tangan. Makna gerakan takbiratul ihram tersebut adalah menunjukkan jika seorang hamba itu seakan tengah tenggelam. Seorang hamba tenggelam dalam lautan kesalahan-kesalahan serta kemaksiatan.

[3] Membaca Doa Istiftah/Iftitah (Sunnah)

Tata cara shalat taubat selanjutnya adalah membaca doa iftitah. Doa iftitah merupakan salah satu doa yang dibaca ketika shalat. Doa dibaca setelah gerakan takbiratul ihram serta sebelum membaca surat Al Fatihah. Hukum dari membaca doa iftitah ialah sunnah. Doa iftitah dibaca hanya di rakaat pertama saja. Sama seperti shalat wajib maupun sunnah lainnya.

[4] Membaca Surat Al-Fatihah

Pendapat Imam Malik, Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Syafi’iy, serta para sahabat mereka mengatakan jika membaca Al-Fatihah hukumnya wajib dalam shalat. Apabila seseorang tak membaca Al-Fatihah, maka ibadah shalatnya tak sah.

[5] Membaca Surat dari Al-Quran

Ketika shalat taubat, umumnya kita membaca surat-surat pendek yang terdapat di Al-Quran. Surat pendek ini dibaca selepas membaca Surat Al-Fatihah

[6] Ruku’ (Membaca Tasbih Ruku’ Tiga Kali)

Setelah selesai membaca surat pendek, gerakan berikutnya adalah ruku’. Ruku’ mempunyai makna seolah seorang hamba sedang melaksanakan shalat. Kemudian mengatakan, “Aku adalah hamba-Mu. Sungguh diriku telah menghamparkan tanganku kepada-Mu.” Kemudian ketika bangkit dari rukuk, memiliki makna permohonan pada Allah. Agar dibebaskan dari semua dosa.

BACA JUGA :  Inilah Frozen Food Daging dan Ikan yang Dijual Warung Nasi Ampera Bandung

[7] I’tidal (Membaca Doa I’tidal)

Gerakan ini dilakukan setelah gerakan ruku’ dengan posisi Anda kembali berdiri. Posisi tangan lurus ke bawah. Ada pula yang melakukan gerakan sidekap. Tujuannya agar tangan tak bergerak-gerak.

[8] Sujud (Membaca Tasbih Sujud Tiga Kali)

Gerakan selanjutnya setelah i’tidal ialah gerakan sujud. Makna dari gerakan sujud yang pertama ketika diletakkannya dahi di atas tanah yakni seolah seorang hamba sedang mengatakan: “Dari tanahlah Allah SWT menciptakanku.”

Kemudian makna mengangkat kepala dari posisi sujud pertama adalah seolah seseorang mengatakan: “dari tanahlah Allah SWT mengeluarkanku”.

Kemudian makna sujud kedua adalah seolah seorang hamba tengah mengatakan: “dan di dalam tanahlah Allah SWT akan mengembalikan diriku.”

Dalam hal ini maksudnya adalah dikubur di dalam tanah saat meninggal dunia). Setelah itu, makna bangun dari sujud kedua yakni seolah mengatakan: “dan dari tanah Allah SWT mengeluarkan diriku lagi.” Yaitu dibangkitkan saat hari Kiamat untuk dihisab.

8 Tata Cara Shalat Taubat Mulai Niat Sampai Sujud
ilustrasi 8 Tata Cara Shalat Taubat Mulai Niat Sampai Sujud [internet]

8 Tata Cara Shalat Taubat Mulai Niat Sampai Sujud

Itu tadi adalah tata cara shalat taubat dari niat hingga sukid. Ketika telah melaksanakan poin-poin di atas serta waktu pelaksanaannya juga benar. Maka seorang muslim semestinya tak mungkin lagi mengulangi maksiat maupun dosa yang telah lampau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.