Atalia Praratya Mengapresiasi 8 Bidang Garapan Gerakan Sakoda SPN Jawa Barat

Atalia Praratya Mengapresiasi 8 Bidang Garapan Gerakan Sakoda SPN Jawa Barat

Gerakan Sako SPN Jawa Barat Kuatkan Karakter Anak Bangsa — Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat Atalia Praratya melantik serta mengukuhkan Pengurus Satuan Komunitas Daerah Sekawan Persada Nusantara (Sakoda SPN) Jawa Barat.

Acaranya berlangsung pada hari Kamis 10 Maret 2022 di Graha Aulia Jatinangor, Kabupaten Sumedang yang dihadiri semua pengurus mulai dari Ketua Komisi Kwartir Daerah dan Kepala Pengurus Kwartir Daerah, antara lain Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat Asep Sukmana, Ketua Harian Kwarda Jawa Barat Deny Nurdyana Hadimin, Ketua Komisi Orgakum Aseng Junaedi.

Turut menghadiri pula, Ketua Komisi Bina Wasa Engkus Sutisna, Ketua Komisi Kerjasama Dedi Supandi, Ketua Komisi Mensprit Sri Nurhayati, Ketua Komisi Saka Sako Imam Pramudya Subagja, Sekretaris Kwarda Fajar Kusumajaya, Wakil Sekretaris Kwarda M. Syachrul Koswara dan Ridha Wirachman, Sekretaris Komisi Saka Sako Mamet Slamet, Andalan Kwarda Wilayah Sumedang Dedi Hermawan, dan Ketua BPK Suyono.

Dalam acara tersebut, Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat Atalia Praratya melantik dan mengukuhkan Dicky Abdillah Mursyid Harun sebagai Ketua Mabisako SPN Jawa Barat dan Bambang Setiawan sebagai Ketua Pimpinan Sako SPN Jawa Barat. Hadir dari unsur Pengurus Sakonas SPN adalah Sekretaris Mabisakonas SPN Adityo Handoko mewakili Ketua Mabisakonas SPN Chriswanto Santoso dan Ketua Pinsakonas SPN Edwin Sumiroza yang tidak bisa hadir di acara tersebut.

Ketua Mabisako SPN Jawa Barat Dicky Abdillah Mursyid Harun memberi kata sambutan
Ketua Mabisako SPN Jawa Barat Dicky Abdillah Mursyid Harun memberi kata sambutan (foto: SUP)

Ketua Mabisako SPN Jawa Barat Dicky Abdillah Mursyid Harun memberi kata sambutan, Kenapa LDII yang bergerak dalam bidang dakwah juga berkecimpung di dalam bidang kepramukaan. Beliau memberi dasar kuat, sebagai lembaga dakwah, LDII punya konsen dan kepedulian serta perhatian yang sangat besar pada pembentukan karakter anak bangsa atau disebutnya dengan generus atau generasi penerus.

“Generasi penerus LDII harapannya menjadi generasi penerus yang unggul, generasi yang profesional dan religius. Artinya, generasi penerus punya keinginan apa saya yang diinginkan dan dicitakannya, misalnya menjadi pengusaha, dokter, dan apapun itu, harus profesional dalam bidangnya. Namun di balik profesionalitasnya itu, harus diiringi dengan religiusitas yang tinggi, dua-duanya ini harus beriringan,” kata Ketua Mabisako SPN Jawa Barat Dicky Harun, Kamis 10 Maret 2022.

Guna mencapai generasi penerus yang profesional dan religius, Dicky Harun menambahkan, LDII bersama Sako SPN menyiapkan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan Program Tri Sukses, program yang canangkan di dalam pembinaan generasi penerus di LDII.

“Tri sukses berarti adalah alim, faiqh, dan mandiri. Alim itu berilmu, baik itu ilmu dunia dan ilmu agama; faqih adalah faham agama, berakhlakul karimah yaitu akhlak yang luhur sesuai dengan akhlak Rasulullah SAW, lalu yang ketiga adalah punya kemandirian,” tegas Dicky Harun.

Menyoal Tri Sukses, Dicky Harun menyebutkan, sangat relevan sekali dengan apa yang disampaikan oleh Kang Emil saat membuka Muswil LDII Jawa Barat pada bulan Desember 2020. Kang Emil menyampaikan, ada Jabar Masagi, dimana tubuh anak-anak Jawa Barat itu harus sehat, bebas dari stunting, istilahnya harus karasep dan gareulis. Kemudian, anak-anak Jawa Barat juga harus punya IQ yang tinggi, EQ atau emosionalnya berbudi luhur.

Sekretaris Satuan Komunitas Nasional Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) Adityo Handoko menyampaikan ungkapan terima kasih
Sekretaris Satuan Komunitas Nasional Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) Adityo Handoko menyampaikan ungkapan terima kasih

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Satuan Komunitas Nasional Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) Adityo Handoko menyampaikan ungkapan terima kasih dalam sambutannya kepada Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat atas dukungan kerjasamanya dalam membimbing Pramuka Sako SPN di Jabar.

LDII membentuk Sako SPN secara berjenjang dari DPP sampai dengan DPD, berpedoman pada UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka merupakan bagian dari Kwartir Nasional. Selanjutnya di daerah-daerah, merupakan representasi Kwarda dan seterusnya yang berpangkalan di majelis taklim dan pondok pesantren hadir membina karakter para santri agar tumbuh menjadi pemuda yang berkualitas memiliki tabiat luhur yang in-line dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, meraih sukses faqih-alim, berakhlak mulia, dan pribadi yang mandiri.

“Usai pelantikan ini, amanah dari Musyawarah Sakonas SPN agar Sakoda SPN Jabar segera menentukan langkah-langkah strategis berpedoman pada 8 bidang pengabdian LDII untuk bangsa yang tentunya juga mendukung visi misi di Jabar,” kata Sekretaris Sakonas SPN Adityo Handoko.

Khususnya – menurut Adityo Handoko – yang berkaitan dengan: Bidang Kebangsaan, Bidang Dakwah, Bidang Pendidikan, Bidang Pangan dan Lingkungan Hidup, Bidang Ekonomi Syariah, Bidang Kesehatan Alami, Bidang Teknologi Digital, dan Bidang Energi Terbarukan.

Dalam acara ini, Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat Atalia Praratya menyampaikan selamat kepada Pengurus Satuan Komunitas Daerah Sekawan Persada Nusantara (Sakoda SPN) Jawa Barat yang hari ini dilantik dan dikukuhkan.

Dalam sambutannya, Ketua Atalia Praratya menyatakan, “Sudah ada Sako SPN di 8 provinsi dan ada 20 Sako SPN Cabang se-Jawa Barat, semoga mampu bahu-membahu bergerak bersama-sama guna menumbuhkan karakter anak bangsa. Dan tentu hadirnya Sako ini menjadi energi bagi kita semua bagaimana gerakan-gerakan ini harus hadir dan terus ada melengkapi kebutuhan kita yang tentu saja ini sangat penting bagi pengembangan anak bangsa.”

Kak Atalia Praratya sempat bercerita, kemarin ini adalah 9 Maret, bertepatan dengan 9 Maret 1961, Presiden Soekarno menggabungkan seluruh unsur organisasi kepanduan menjadi satu pramuka, ini merupakan sejarah yang tidak boleh kita lupakan kita menyebutkan dengan Hari Tunas.

“Hari Tunas Pramuka ini harus menguatkan kita sebagai kebanggaan yang luar biasa bahwa kita tidak bergerak sendirian, kita ini adalah mesin bersama yang memperjuangkan terutama pentingnya karakter anak bangsa,” ucap Atalia Praratya menegaskan.

Dengan adanya 8 bidang garapan, Atalia Praratya sangat mengapresiasi mulai kebangsaan, ada ekonomi kreatif, kemudian ada yang terkait dengan energi terbarukan. “Termasuk, bagaimana Kak Gubernur Jabar sering menyampaikan kepada saya. Kalo saya hadir ke sebuah acara, Kang Emil ada pesan tidak buat Sako SPN? Pesannya cuman satu, tolong bantu jaga negeri ini jangan sampai mudah dipecah-belah,” pungkas Atalia Praratya menyampaikan pesan suaminya, sekaligus sebagai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (SUP)*


Share

One thought on “Atalia Praratya Mengapresiasi 8 Bidang Garapan Gerakan Sakoda SPN Jawa Barat

Leave a Reply

%d bloggers like this: