Beli Token Listrik Aman di Bhinneka.com

Home » Teknologi » Beli Token Listrik Aman di Bhinneka.com

Token listrik adalah kebutuhan pokok di rumah, selain pangan dan sandang tentunya. Sejak PLN menambah layanan listrik prabayar, kebutuhan masyarakat akan token listrik pun bertambah. Di mana Anda biasa beli token listrik? Apakah di minimarket dekat rumah, di ATM, atau di loket PPOB? Untuk pergi ke tempat-tempat tersebut, harus keluar rumah, padahal kini sedang pandemi.

Alangkah baiknya apabila Anda mengurangi aktivitas di luar rumah demi menjaga kesehatan tubuh. Lalu, bagaimana jika pulsa listrik habis dan harus membelinya? Beli saja token listrik di Bhinneka.com. Marketplace satu ini bisa diakses melalui aplikasi dan juga web browser.

Apa Itu Token Listrik?

Istilah token listrik mungkin sudah sering Anda dengar, namun apakah Anda mengetahui apa pengertiannya? Mari simak bersama-sama.

Token listrik adalah istilah yang dipakai untuk menyebut satuan pembayaran yang dipakai untuk melakukan pengisian ulang terhadap daya listrik PLN prabayar. Token tersebut terdiri dari 20 angka acak yang disebut dengan kode stroom atau kode token.

Angka tersebut bisa didapatkan dengan cara membeli di agen-agen yang bekerja sama dengan PLN, kemudian token tersebut harus dimasukkan atau input ke kWh meter khusus prabayar, atau yang disebut sebagai MPB.

Satu token hanya bisa digunakan untuk satu MPB dan tidak bisa digunakan untuk unit lain. Masa berlakunya pun hanya satu kali. Jika telah dimasukkan, maka kode tersebut tidak akan bisa digunakan ulang.

Cara Beli Token Listrik di Bhinneka.com

Seperti yang sudah Anda ketahui, Bhinneka.com hadir di dua platform sekaligus, yaitu mobile dan website. Cara membeli token di kedua platform ini pun sedikit berbeda. Oleh sebab itu, Anda perlu mencermati tutorial berikut ini supaya tidak bingung nantinya.

· Cara Beli Token Listrik Di Website Bhinneka.Com

  1. Buka browser di laptop atau komputer Anda dan pastikan sudah terhubung dengan jaringan internet.
  2. Ketik Bhinneka.com pada address bar lalu tekan enter. Tunggu hingga laman selesai dimuat.
  3. Masuk atau Log in ke Bhinneka.com menggunakan email dan password atau akun Google.
  4. Jika sudah berhasil log in, klik menu “Digital Product”.
  5. Di sana Anda akan melihat beberapa tab yang memperlihatkan produk digital yang dimiliki oleh Bhinneka.com.
  6. Pilih “Listrik PLN”.
  7. Klik pada pilihan “token listrik”, jangan sampai salah pilih.
  8. Setelah itu, Anda diminta untuk memasukkan ID pelanggan atau nomor meter. Dari mana Anda bisa melihat nomor meter tersebut? Carilah di kartu yang diberikan oleh petugas PLN setelah pemasangan meteran selesai dilakukan. Anda juga bisa melihat nomor meter yang tertera pada kWh meter.
  9. Pilih nominal pulsa listrik yang ingin Anda beli. Di sana akan tampak nominal mulai dari Rp20.000,- hingga Rp1.000.000,-.
  10. Klik “bayar sekarang” ketika Anda sudah yakin akan melakukan pembelian token.
  11. Pilih metode pembayaran sesuai dengan yang Anda inginkan.
  12. Selesaikan pembayaran dan tunggu 5-10 menit. Di laman Bhinneka akan muncul token yang dapat Anda input ke kWh meter.
BACA JUGA :  Cara Mengobati Flu dengan Obat Alami

· Cara Beli Token Listrik Di Aplikasi Bhinneka

  1. Pastikan Anda sudah mendownload dan install aplikasi Bhinneka di smartphone. Jika belum, Anda dapat mendownload terlebih dahulu di Playstore atau App store.
  2. Sebaiknya Anda log in terlebih dahulu. Klik tab “akun saya”.
  3. Masukkan email dan password. Anda juga bisa masuk ke Bhinneka menggunakan akun Facebook maupun Google.
  4. Jika belum memiliki akun Bhinneka, buatlah akun terlebih dahulu dengan klik tombol “Registrasi”.
  5. Setelah log in, Anda dapat kembali ke tab awal atau “Beranda”.
  6. Di bagian tengah tampilan aplikasi terdapat beberapa menu yang berjajar. Klik pada menu “Digital Product”.
  7. Lihat di sub menu “Top Up & Voucher”.
  8. Klik “Token listrik”.
  9. Masukkan Nomor meter atau ID pelanggan. Pastikan Anda memasukkan nomor yang benar.
  10. Jika nomor yang Anda masukkan benar, di bagian bawah akan muncul pilihan nominal pulsa listrik. Klik pada salah satunya.
  11. Klik pada tombol kuning yang bertuliskan “Beli Sekarang”.
  12. Lihat informasi mengenai nama pelanggan, nomor meter, dan uang yang harus Anda bayarkan. Jika sudah yakin, klik lagi pada tombol “Bayar Sekarang”.
  13. Anda akan diarahkan pada laman pembayaran. Pilihlah metode pembayaran yang Anda sukai.
  14. Setelah itu, transfer atau lakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan permintaan dari Bhinneka.
  15. Pembayaran terkonfirmasi secara otomatis.
  16. Tunggu hingga Bhinneka mengirimkan Token listrik.

Langkah Mengisi Token Listrik PLN

Setelah membaca tutorial di atas, apakah Anda sudah paham mengenai cara membeli token listrik? Mari lanjutkan pembahasan dengan tutorial mengisikan token ke kWh meter. Kalau Anda adalah pengguna baru, panduan di bawah ini akan sangat berguna dan sebaiknya tidak dilewatkan:

  1. Beli token listrik terlebih dahulu dengan mengikuti tutorial yang sudah diberikan sebelumnya.
  2. Pastikan Anda sudah mendapatkan token atau nomor stroom yang berjumlah 20 digit angka.
  3. Ketik langsung token tersebut pada kWh meter atau Meter Prabayar (MPB) yang ada di rumah Anda.
  4. Jika merasa ada angka yang salah ketik, hapus dengan menggunakan tombol backspace yang posisinya ada di sisi kiri tombol “0”.
  5. Setelah semua angka selesai diketik, klik tombol “Enter” yang posisinya berada di paling kanan bawah.
  6. Layar kWh meter akan menunjukkan tulisan “Benar” atau “Accept” jika token sudah benar. Jumlah kWh pun akan bertambah secara otomatis.
  7. Kalau layar masih menunjukkan “Gagal” atau “Reject”, sebaiknya ulangi input token dengan lebih teliti agar tak terjadi kesalahan.
BACA JUGA :  Bingung Cari Inspirasi Nama Untuk Bayi Laki-Laki Bernuansa Jawa? Berikut List Nama Bayi Laki-Laki Bernuansa Jawa!

Apakah Ada Potongan Biaya Ketika Beli Token Listrik?

Pertanyaan tersebut sangat sering diajukan oleh para pengguna listrik prabayar dari PLN. Ketika Anda membeli token listrik sebesar Rp20.000,-, maka yang Anda dapatkan tidak utuh sesuai nominal tersebut.

Jumlah yang Anda dapatkan sudah dipotong dengan berbagai biaya yang menyertai. Biaya tersebut mencakup tiga hal, yaitu biaya administrasi, biaya materai, dan pajak penerangan jalan (PPJ).

·   Biaya Administrasi

Semua loket atau merchant yang bekerja sama dengan PLN dalam menyediakan token listrik pasti membebankan biaya administrasi kepada pembeli. Jumlahnya pun beragam, mulai dari Rp1.500,- hingga Rp5.000,-. Oleh sebab itu, ketika Anda membeli token Rp20.000,- penjual akan meminta pembayaran minimal Rp21.500,-.

·  Biaya Materai

Biaya materai dikhususkan untuk pembelian token yang nominalnya di atas Rp200.000,-. Pembeli akan dibebankan biaya materai sebesar Rp3.000,- jika membeli token listrik mulai dari Rp250.000,- hingga Rp1.000.000,-. Jika membeli di atas nominal tersebut, maka biaya meterainya pun menjadi Rp6.000,-.

·  Pajak Penerangan Jalan (PPJ)

PPJ ini ditarik oleh pemerintah daerah. Besarannya pun beragam, tergantung dari kebijakan daerah masing-masing. Umumnya adalah 3-6% dari harga token.

Solusi Mudah Langgan Produk Digital ~ Beli Token Listrik Aman di Bhinneka
Solusi Mudah Langgan Produk Digital ~ Beli Token Listrik Aman di Bhinneka

Anda tak hanya bisa beli token listrik saja di Bhinneka.com. Situs marketplace tersebut juga merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja kebutuhan bisnis dalam jumlah besar. Dari pada Anda harus mencari supplier ke sana ke mari, mengapa tak mencoba Bhinneka saja?

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.