Dampak Dari Bergabungnya Lionel Messi Ke PSG

Dampak Dari Bergabungnya Lionel Messi Ke PSG

Home » Olah Raga » Dampak Dari Bergabungnya Lionel Messi Ke PSG

Keriuhan berita tentang pindahnya Lionel Messi dari klub sepakbola yang telah membesarkan karirnya selama dua dekade; Barcelona ke PSG (Paris Saint-Germain) dari hari ke hari kian ramai saja. Salah satunya tentang Dampak Bergabungnya Lionel Messi Ke PSG.

Kota Paris Dibuat Heboh Saat Lionel Messi Hadir

Selasa, 10 Agustus 2021 menjadi catatan sejarah baru dengan hadirnya megabintang sepakbola, Lionel Messi yang resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain. Warga Paris terutama fans berat PSG menyambut dengan penuh suka cita kedatangan peraih enam trofi Ballon d’Or ini. Salah satu dampak dari bergabungnya Lionel Messi ke PSG adalah melonjaknya jumlah follower akun media sosial PSG.

Disinyalir PSG langsung merasakan dampak positif dengan hadirnya The Goat (julukan bagi Messi), dalam 3 kali 24 jam saja – jumlah follower PSG bertambah 1,2 juta pengikut baru. Bertempat di Parc des Princes, stadion di kota Paris sekaligus markas klub sepakbola PSG, secara resmi, pihak manajemen memperkenalkan Lionel Messi sebagai pemain baru PSG.

Dan pada saat debutnya nanti di PSG, Lionel Messi akan mengenakan kaos tim bernomor punggung 30. Dalam sebuah wawancara, Messi mengungkapkan janjinya yang kelak akan membangun kemenangan bersama-sama tim.

Dan pada saat debutnya nanti di PSG, Lionel Messi akan mengenakan kaos tim bernomor punggung 30 (internet)
Dan pada saat debutnya nanti di PSG, Lionel Messi akan mengenakan kaos tim bernomor punggung 30 (internet)

“Saya bertekad akan membangun bersama-sama mereka (PSG-red). Saya akan menciptakan sesuatu yang hebat untuk para supporter dan klub,” tegas Messi.

Messi Meninggalkan Barcelona dengan Penuh Kesedihan

Beberapa hari sebelumnya (Minggu, 8/8) pada sore hari bertempat di kompleks Stadion Camp Nou, Lionel Messi secara resmi mengucapkan selamat tinggal kepada rekan setimnya, pejabat serta supporter Barcelona. Messi dikabarkan tidak bisa menahan kesedihan dan suasana haru meliputi berakhirnya hubungan mendadak yang sudah berjalan selama 21 tahun antara Messi dan Barca. Perpisahannya tersebut sama sekali tidak terbayang oleh Messi.

“Saya tidak pernah membayangkan perpisahan ini karena ini tidak ada dalam rencana saya. Saya tidak pernah berpikir akan terjadi seperti ini,” ungkap Messi.

“Saya akan lebih senang jika melakukan perpisahan dengan para fans di lapangan dan mendengarkan mereka menyemangati saya untuk terakhir kalinya. Selama pandemi saya merindukan mereka karena tidak bisa bertemu dan kami tidak ada pertandingan,” sambungnya.

Ratusan Fans Barca Berkumpul di Luar Stadion Camp Nou

Sementara itu di waktu yang sama ratusan fan Barca telah berkumpul di luar komplek stadion Camp Nou menantikan kemunculan Messi. Salah satu pegawai FC Barcelona, Dobrinka Hristova – mengungkapkan kesedihan atas kepergian dari Barcelona lalu bergabung dengan PSG.

“Dia (Messi-red) adalah yang terbaik sepanjang masa. Dia adalah putra yang dibesarkan di sini (Barca-red) dan sekarang dia meninggalkan kita,” ucap Dobrinka dengan berurai airmata.

“Saya hancur. Kita tidak bisa membiarkan dia pergi dengan cara ini. Dia tidak pantas mendapatkan ini,” tambahnya lagi.

Sedangkan seorang penggemar yang lain, Ezequiel Pizzaro berkomentar, “Menyaksikan Messi tumbuh di sini selama bertahun-tahun membuat saya sedih dengan pengumuman yang terjadi secara tiba-tiba.”

“Sangat menyakitkan. Ini menyakiti semua pendukung Barca,” ucap Ezequiel.

Kontrak yang Memisahkan Hubungan Baik Antara Messi dengan Barca

Berpisahnya hubungan baik antara Messi dengan Barcelona ini karena adanya kontrak. Pada kontrak sebelumnya yang ditandatangani pada 2017, Messi menerima gaji ditambah dengan bonus berjumlah hingga 71 juta Euro setara dengan 1,23 triliun rupiah per musim. Nilai gaji tersebut membawa Messi sebagai pesepakbola dengan nilai gaji tertinggi sepanjang sejarah.

Dalam sebuah konferensi pers pada Jumat (6/8) Laporta — memberitakan, “Barca akan mencatatkan pengeluaran sekira110% dari jumlah pemasukan apabila mengonfirmasi kontrak baru Messi.”

Hal inilah yang membuat proposal laporan keuangan Barca untuk musim 2021 – 2022 ditolak oleh La Liga selaku operator Liga Spanyol. Messi mengkonfirmasi dirinya yang bersedia memotong 50% agar dia bisa bermain dan memperpanjang kontrak dengan Barca yang berdurasi hingga 30 Juni 2026. Namun, sayangnya kehendak Messi dan Barca tersebut terhalang sebuah aturan. La Liga memiliki regulasi pembatasan gaji yang sudah ditetapkan.

PSG Sangat Bangga Dengan Bergabungnya Messi

Suasana sebaliknya terjadi di kubu PSG, mereka sangat bangga dengan bergabungnya Messi. Hal ini nampak saat pengumuman resminya di portal Les Parisiens. PSG dikabarkan telah menyewa menara Eiffel untuk memperkenalkan Messi bergabung dengan PSG. Neymar pun tidak ketinggalan menyambut kehadiran sahabatnya tersebut.

Pesan Dunia Atas Kepergian Messi dari Barca

[1] Carles Puyol

Yang pertama datang dari Carles Puyol, mantan pemain belakang tim nasional sepak bola Spanyol dan eks kapten FC Barcelona.

“Terima kasih untuk semuanya Leo. Kami tidak akan pernah bisa berterima kasih membalas semua yang telah kamu berikan kepada kami. Berharap yang terbaik untuk kamu.” — Carles Puyol.

[2] Pep Guardiola

Pesan selanjutnya datang dari Pep Guardiola, eks pemain sepak bola Spanyol dan pada 2016 melatih Manchester City. Sejak 2008 hingga Juni 2012 melatih Barcelona.

“Sebagai seorang penggemar, saya sangat bersyukur atas pamain paling luar biasa yang pernah saya lihat dalam hidup saya. Yang bisa saya katakan adalah terima kasih banyak atas perjuanganmu telah membawa Barcelona ke level yang berbeda.” — Pep Guardiola

[3] Sergio Busquets

 Saat ini Sergio Busquets bermain untuk Barcelona dan tim nasional Spanyol.

“Messi telah datang sebagai anak dan pergi sebagai sejarah.” — Sergio Busquets

[4] Gerard Pique

Gerard Pique adalah pesepakbola Spanyoldan rekan satu tim Messi di Barca, berpesan untuk Messi perihal kepergiannya.

“Kami bertemu pada tahun 2000, kami sama-sama berusia 13 tahun waktu itu. Karir yang luar biasa! Kini tinggal sejarah, tetapi aku tahu suatu hari kamu akan kembali. Ada hal-hal tertunda yang harus dilakukan.” — Gerard Pique

Pesan lain dari Gerard, “Bersenang-senanglah kamu, Leo. Nikmati ke mana pun kamu pergi dan terus menang karena hanya kamu yang tahu cara melakukannya. Di sini kami akan terus merindukanmu. Aku Cinta Kamu, Leo.”

Selanjutnya pesan berdatangan dengan nada dukungan yang sama untuk Messi sebut saja; James Rodriquez, FC Barcelona, Gary Lineker, Suarez, Sergio Roberto serta Jordi Alba. Semuanya memberikan dukungan positif bagi Bergabungnya Lionel Messi Ke PSG.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.