Desa Cimenyan Melaksanakan Penyerahan BLT Dana Desa Tahun 2022 Tahap I

Desa Cimenyan Melaksanakan Penyerahan BLT Dana Desa Tahun 2022 Tahap I

Berita Desa di Kabupaten Bandung: Cimenyan — Selasa, 14 Juni 2022 Desa Cimenyan Melaksanakan Penyerahan BLT Dana Desa Tahun 2022 Tahap I.

Desa Cimenyan Melaksanakan Penyerahan BLT Dana Desa Tahun 2022 Tahap I
Desa Cimenyan Melaksanakan Penyerahan BLT Dana Desa Tahun 2022 Tahap I | foto; istimewa

143 Kepala Keluarga Berhak Mendapatkan BLT

Menyitir informasi yang kami peroleh dari portal desa Cimenyan, memberitakan bahwa Supratman Taryana, S.Pd.I selaku Kepala Desa Cimenyan telah menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2022.

Sebanyak 143 Kepala Keluarga yang memenuhi syarat dan telah ditetapkan di dalam Musyawarah Desa Khusus mendapatkan BLT Tahap 1 untuk periode Januari sampai dengan Maret 2022, sebesar Rp. 900.000 per KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Turut hadir dalam penyerahan tersebut; Pendamping Desa, Bimas dan Babinsa Desa Cimenyan Kecamatan Cimenya.

Desa Cimenyan Belum Bisa Memberikan BLT Kepada Semua Warga yang Memenuhi Kriteria

Dalam sambutannya, Supratman berpesan, penerima BLT supaya memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan cermat. Dan penerima mengutamakan kepentingan pemenuhan kebutuhan pokok sesuai dengan amanat pemerintah.

“Pemerintah telah berupaya dalam membantu masyarakat yang sakit kronis dari keluarga kurang mampu dan juga sebagai stimulus bagi masyarakat ekonomi lemah,” tegas Suparatman.

“Kami belum bisa memberikan BLT kepada semua masyarakat yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan santunan. Dikarenakan kuota untuk Desa Cimenyan belum mencukupi. Sehingga kami belum dapat meng-cover semuanya,” ungkapnya.

Di samping program BLT, Supratman melanjutkan – terdapat beberapa program jaring pengaman sosial lainnya yang sudah diserahkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Seperti PKH, BPNT, KKS, Subsidi rumah dan lain-lain di mana untuk keluarga yang sudah masuk ke dalam salah satu program tersebut tidak dapat kembali untuk kami ikutsertakan dalam program BLT ini,” tutup Supratman.

Apa itu PKH?

Mengutip yang sudah ditulis oleh Kemensos, PKH adalah program bantuan sosial bersyarat untuk Keluarga Miskin (KM) sebagai salah satu upaya percepatan penanggulangan kemiskinan kronis yang sudah dilakukan sejak tahun 2007.

BPNT, Apa itu?

BPNT adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebuah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank.

Pengertian KKS

KKS merupakan akronim untuk Kartu Keluarga Sejahtera yaitu sebuah kartu penanda bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) kurang mampu di antaranya penyandang disabilitas, lanjut usia yang belum memperoleh layanan atau bantuan sosial dan berada di dalam panti atau Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).


BACA JUGA: Rencana Perbaikan Infrastruktur Perbatasan Bandung – Garut dari Pemkab Bandung

Klik di sini untuk mendapatkan pemberitaan seputar Kabupaten Bandung di Google News.


Share
%d bloggers like this: