Doa-doa Untuk Kedua Orangtua

Home » Umum » Doa-doa Untuk Kedua Orangtua

Doa termasuk ke dalam salah satu ibadah, bahkan juga merupakan inti dari ibadah seperti ibadah haji. Pada hakekatnya, ibadah adalah sebuah ungkapan dari lahirnya kesadaran nurani atau perasaan hajat seseorang dalam meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Bahkan, kita dianjurkan untuk berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktifitas. Nah, berbicara soal doa, pada ulasan kali ini juga akan membahas beberapa doa untuk kedua orang tua.

Paling tidak ada lima doa yang bisa dipanjatkan oleh setiap anak untuk kedua orangtuanya yang tengah sakit, sakit parah, supaya senantiasa sehat bahkan doa untuk kedua orangtua yang sudah tiada.
Doa-doa Untuk Kedua Orangtua

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Doa Untuk Kedua Orangtua yang Masih Ada

“Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humma kamaa rabbayaa nii shokhiroon”

Artinya: Ya, Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Baik ibu maupun bapakku, sayangilah mereka berdua seperti mereka menyayangiku di waktu keciL.

Doa Untuk Orangtua yang Sedang Sakit

“Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wan antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaaukalaa yughaadiru saqaama”

Artinya: Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak adakesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

Doa Untuk Orangtua yang Sedang Sakit Parah

“Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli”

Artinya: Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.

Doa Untuk Orangtua yang Sudah Tiada

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa’ aafihi wafu ‘anhu wa akrim nuzulahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqhihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihiii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzaabil qobri wa finatihi wa min adzaabin naar”

Artinya: Ya Allah, ampunilah dan rahamtilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan miliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dan yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga-Mu, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka”.

BACA JUGA :  Rute Ke Curug Malela dari Soreang

Doa Untuk Orangtua dan Saudaranya

“Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa robbayaanii shagiroo. Walifami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati. Wataabi wabainanaa, wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirur roohimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim”

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas seluruh dosa-dosaku dan seluruh dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah mekduanya itu sebagaimana beliau berdua mengasihiku ketika aku masih kecil. Begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, bak laki-aki maupun wanita yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia dan ikutkanlah diantara kami dan mereja dengan kebaikan-kebaikan-Mu. Ya, Allah berilah ampunan dan balas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tida daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Pembaca … Yang terakhir, doa juga tidak hanya dilakukan saat seseorang dalam keadaan membutuhkan. Sebagai seorang Muslim, doa pun harus selalu dipanjatkan dalam keadaan bahagia sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.