Go Modern, Go Digital dan Go Online Bersama BRIncubator – Bertempat di lantai 2 Hotel Grand Tjokro Cihampelas, Bandung telah berlangsung acara peluncuran program inkubasi bisnis (Rabu, 3 Oktober 2018). Acaranya dinamai dengan Launching BRIncubator, Transformasi Digital UMKM Indonesia.

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah meluncurkan program inkubasi bisnis untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang dinamai dengan BRIncubator. Tidak saja sukses digelar di Bandung, peluncuran BRIncubator pun digelar di Solo, Jawa Tengah pada 28 September 2018.

Dan acara BRIncubator yang digelar di Bandung ini adalah yang ke-3 dengan orientasi memberikan akses pembiayaan dan peningkatan kapasitas serta kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada validasi ekspor persis dengan yang disampaikan oleh Ngatari selaku pemimpin wilayah BRI Bandung saat membuka acara Launching BRIncubator, Transformasi Digital UMKM Indonesia.

Ada banyak sektor yang menjadi fokus dari BRIncubator, seperti; sektor pariwisata, pertanian dengan subsektor bidang kuliner, fashion dan kriya. Dengan tujuan utamanya memodernisasi UMKM supaya memiliki basis teknologi serta mampu menciptakan teknopreneur di seluruh pelosok Indonesia termasuk Bandung.

Sebagai bentuk dukungan untuk OJK yang menjadikan bulan Oktober sebagai bulan inklusi keuangan, BRI berharap setelah program BRIncubator tuntas digelar semua peserta akan menjadi UMKM unggulan dengan menyandang well literate yaitu memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan resiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan hingga memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.

Ngatari dan Djoko Purwanto (kiri) bersama awak media press conference seputar BRIncubator Bandung
Ngatari dan Djoko Purwanto (kiri) bersama awak media press conference seputar BRIncubator Bandung

Go Modern, Go Digital dan Go Online Bersama BRIncubator

“BRI berniat untuk fokus pada pemberian ruang dan pendampingan melalui fasilitas yang bisa mendorong kemajuan dan berdampak pada ekonomi lokal dan nasional,” tegas Ngatari di hadapan seluruh peserta BRIncubator dan tamu Undangan termasuk Djoko Purwanto selaku Kepala Desk Inkubator Bisnis Mikro dan Ritel Kantor Pusat Bank BRI serta pakar industri Hatta Kresna sebagai founder/CEO PT Bhineka Rahsa Nusantara Bandung.

Dalam agendanya, di Batch Pertama 2018 ini BRIncubator menurut rencananya melibatkan 500 UMKM di 5 kota terpilih, yaitu; Solo, Makassar, Bandung, Malang dan Padang. Adapun di masa yang akan datang, program ini akan diperluas guna menjangkau lebih banyak lagi peserta dan kota di seluruh Indonesia.

BRIncubator pun akan terus menggandeng para pakar UMKM baik yang bertaraf lokal maupun nasional yang sudah sukses di bidangnya dengan tujuan agar peserta mampu mendapatkan nilai tambah yang signifikan mengenai pengetahuan yang lebih konkret dalam menjalankan bisnis UMKM. Rangkaian BRIncubator dikemas dengan menggelar roadshow, seminar, workshop, bootcamp dan selama digelar kegiatan inkubasi bisnis ini akan dimonitor perkembangannya.

Go Modern, Go Digital dan Go Online Bersama BRIncubator

Selesai menjalankan BRIncubator, para UMKM akan tetap didampingi lewat 53 Rumah Kreatif BUMN Bank BRI yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. BRI sangat mengharapkan kontribusi positif dari seluruh pihak untuk bisa bersinergi memajukan para pelaku UMKM agar bisa Go Modern, Go Digital dan Go Online sehingga bisa bersaing di kancah global khususnya bidang bisnis dan naik kelas.

“Pada tahap akhir program BRIncubator akan dipilih pengusaha di program inkubasi dan program akselerasi masing-masing sebanyak 30 UMKM untuk masuk ke tahap selanjutnya berupa penilaian sebagai UMKM terbaik. 30 UMKM ini berhak mendapatkan hadiah berupa reward untuk pengembangan usaha,” tutup Ngatari.

Aneu pemilik bisnis fashion Rajut Bikini
Aneu pemilik bisnis fashion Rajut Bikini [dok. KS]
Inti dari digelarnya acara Launching tersebut adalah BRI melalui BRIncubator ingin menjalankan sebuah strategi baru dengan menumbuhkembangkan UMKM di daerah serta mendukung pencanangan bulan inklusi keuangan. [w1/10/2018_ini]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: