Google My Business dengan Fitur-Fitur Terbaru

Google My Business dengan Fitur-Fitur Terbaru

Google My Business dengan Fitur-Fitur Terbaru – Setiap hari ada jutaan orang yang menelusuri mesin pencarian Google guna memenuhi kebutuhan mereka. Ini artinya, terdapat peluang yang sangat besar potensinya apabila pelanggan bisa MENEMUKAN bisnis yang sesuai dengan keperluannya dan BISNIS tersebut MILIK ANDA.

Cara Pelanggan Menemukan Bisnis Anda

Dari banyak cara agar pelanggan bisa menemukan bisnis digital Anda dengan mudah yaitu dengan memasang (install) GMB atau Google My Business. GMB mampu membawa bisnis Anda nampak lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor. Apa pasal? Karena, setiap pengguna yang mencari kebutuhan produk atau jasa lewat internet lalu menemukannya akan langsung menghubungi Anda dengan syarat Anda sudah memasang Fitur-fitur yang akan menyita perhatian sehingga menarik pelanggan baru.

Fitur-Fitur GMB Terbaru

Inilah fitur-fitur Google My Business terbaru yang siap membantu setiap bisnis baik produk ataupun jasa yang tengah Anda kelola.

  1. Tombol Posting. Seperti halnya media sosial, di GMB – Anda bisa membuat postingan seputar informasi, edukasi, sosialisasi hingga promosi terkait bisnis yang sedang Anda pasarkan secara online.
    Dengan menggunakan fitur posting, maka Anda bisa leluasa menambah postingan dan foto-foto profil, produk, dan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis secara mudah.
  2. Tab Profil. Melalui fitur tab profil, pengguna GMB dapat meninjauinformasi, foto serta postingan profil bisnis dalam satu tempat.
  3. Fitur Interaktif. GMB telah menambahkan fitur terbaru yang tujuannya agar Anda sebagai pemilik bisnis bisa langsung berinteraksi dengan pelanggan.

Ada tiga fitur interaktif yang sudah Google My Business luncurkan, antara lain.

  • Tab Pelanggan — dengan fitur ini, Anda bisa dihubungi oleh pelanggan tanpa harus beranjak dari aplikasi GMB.
  • Messaging — atau menulis pesan. Ketika Anda tidak tengah mengelola GMB, biasanya pelanggan akan menulis pesan. Saat mulai membaca pesan, Anda bisa langsung membalasnya langsung di aplikasi.
  • Follower — fitur pengikut, dengan adanya fitur ini Anda bisa mengajak semua pelanggan untuk mengikuti Anda sehingga setiap postingan terbaru bisa langsung dibaca.

Setiap Google My Business yang Anda kelola akan lebih menonjol lagi apabila nampak ‘hidup’ di mata pelanggan. Maksudnya, Anda benar-benar mengelola GMB secara rutin dan bisa menanggapi pelanggan dengan baik.

Untuk itu, lakukan beberapa poin berikut ini.

  • Tanggapi ulasan yang sudah pelanggan lakukan, misal: saat pelanggan memberi bintang serta komentar di kolom ulasan. Walaupun sekadar mengucapkan,”terima kasih”.
  • Balas kiriman pesan yang masuk dari pelanggan. Hal ini cukup penting, sebab Google sendiri pun akan memberikan penilaian bagi pengelola GMB yang mampu menanggapi pesan dengan cepat.
  • Lakukan pembaruan terkait profil bisnis Anda. GMB akan menampilkannya secara langsung (realtime) dari setiap update informasi yang sudah dilakukan.
  • Unggah foto produk atau jasa dari bisnis Anda, lakukan penawaran yang menarik bagi pelanggan. Tunjukkan pula keunikan (unique selling point) dari produk atau jasa yang dipasarkan.
  • Analisa perubahan atau perkembangan bisnis Anda dengan cara melihatnya di beranda GMB. Kita bisa mengamati mulai dari pengamatan secara global (overview), jumlah penelepon, jumlah yang menulis pesan, yang melakukan booking, jumlah yang mencari lokasi bisnis hingga jumlah yang mengunjungi website (maksudnya website gratis yang sudah GMB berikan secara otomatis untuk setiap penggunanya) – contohnya ini.

Dengan fitur-fitur yang lebih dari cukup tersebut, pebisnis yang menggunakan GMB tinggal fokus saja dengan hal-hal yang bisa mendongkrak perkembangan bisnis ke arah yang lebih baik lagi.

Penulis sering mendapatkan pertanyaan dan menjadi poin paling banyak ditanyakan oleh setiap orang yang baru menggunakan Google My Business, “Apakah boleh memiliki lebih dari 1 bisnis dengan email yang sama?”

Jawabannya, “Boleh banget”. Anda bisa mengelola beberapa bisnis yang berbeda dari 1 lokasi yang sama atau sebaliknya, Anda pun boleh memperbanyak jumlah bisnis yang sama asalkan lokasinya berbeda-beda. Semuanya dapat diatur lewat dashboard Google Business Profile Manager.

dashboard Google Business Profile Manager
dashboard Google Business Profile Manager

Google My Business dengan Fitur-Fitur Terbaru

Itulah sekilas informasi tentang bagaimana memaksimalkan fitur-fitur terbaru yang sudah tersedia di Google My Business sebagai salah satu alat bagi para pebisnis khususnya marketing. Silakan digali terus informasi ini dan selamat mencoba, sukses untuk Anda!


BACA JUGA : Cara Daftar Google News Cukup dengan 4 Postingan Saja


Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: