Inilah Alasan Kita Harus Menanam Pohon Jambu Biji

Inilah Alasan Kita Harus Menanam Pohon Jambu Biji

Jambu biji adalah buah hasil dari pohon jambu yang bisa dengan mudah kita cari baik di pasar tradisional maupun moderen. Jambu biji pun terbilang buah yang pohonnya dapat kita budidayakan dengan mudah. Sebagian masyarakat sering mengatakan untuk menanam pohon jambu biji tidak perlu membeli bibit, karena pohonnya banyak yang tumbuh dengan sendirinya.

Psidium guajava atau jambu biji - biji merah
Psidium guajava atau jambu biji – biji merah || Photo by Any Lane on Pexels.com

Ada dua macam buah dari pohon yang juga sering disebut dengan jambu batu ini, terutama dari warna bijinya; jambu batu biji merah dan putih.

Inilah Alasan Kita Harus Menanam Pohon Jambu Biji

  1. Mudah membudidayakannya. Dan jambu biji adalah tanaman yang berbuah sepanjang tahun. Satu pohon mampu menghasilkan sampai dengan setengah kuintal buah jambu per tahun. Dengan tingkat produktifitasnya yang tinggi sehingga pohon jambu dapat dipanen secara terus menerus.
  2. Nilai gizinya yang tinggi. Jambu biji mengandung nilai gizi yang tidak sedikit, tentunya ini sangat baik untuk kita konsumsi. Semua anggota keluarga bisa mendapatkan porsi yang rata saat memenuhi kebutuhan gizi mereka. Beberapa penyakit pun bisa disembuhkan dengan mengonsumsi buah jambu biji, misalnya menurunkan tekanan darah, trigliserida dan kolesterol.
    Tidak saja buahnya, bagian lain dari pohon jambu pun bisa kita manfaatkan. Daun dan akar dari pohon jambu biji dapat dijadikan herbal. Ada sebagian resep ramuan herbal yang racikannya menggunakan daun dan akar jambu biji saat mengobati diare, demam, sariawan hingga diabetes.
  3. Ekonomis. Walaupun sering kita melihat dan banyak, pohon jambu tetap memiliki nilai ekonomi. Jamak masyarakat yang menjadikan buah jambu biji sebagai bahan minuman segar. Tidak jarang kita melihat pedagang minuman jus menawarkan kepada pembeli jus buah jambu. Atau pelaku UKM yang memasarkan produk selai berbahan jambu biji.
  4. Penghijauan di rumah. Dengan kita menanam pohon jambu biji di rumah, maka pekarangan rumah menjadi teduh. Karena sifat dari pohon jambu biji ini daunnya rimbun akan menghalangi sinar matahari yang menembus rumah kita. Dan rumah kita pun terbebas dari debu karena ada daun-daun dari pohon jambu biji yang bertugas menghalanginya.

Itulah sekilas informasi tentang Alasan Kita Harus Menanam Pohon Jambu Biji. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA: Obat Sakit Jantung Tradisional dengan Tanaman Herbal

Artikel dan pemberitaan lainnya dapat Wargi baca di Google News.


Share
%d bloggers like this: