Inilah Rempah Rempah yang Berkhasiat untuk Tubuh

Inilah Rempah Rempah yang Berkhasiat untuk Tubuh
Home » Kesehatan » Inilah Rempah Rempah yang Berkhasiat untuk Tubuh

Berbicara rempah rempah, kita bisa menyebut serai atau sereh serta jahe yang keduanya sudah dikenal sejak lama oleh para leluhur kita. Khasiat dari rempah rempah ini pun sangat baik bagi tubuh manusia. Anda cukup merebusnya lalu tambahkan gula merah maka berbagai keluhan penyakit dapat diredakan.

15 Khasiat dari Serai dan Jahe bagi Tubuh Manusia

Serai, jahe ditambah dengan gula merah tersebut bisa mengusir jamak penyakit berbahaya seperti; jantung, darah tinggi serta dapat menyehatkan pencernaan. Walaupun informasi khasiat ini didapatkan dari cerita yang turun temurun namun secara keilmuan sudah terbukti keabsahannya.

[1] Mencegah penyakit-penyakit yang membahayakan bagi tubuh

Serai dan jahe sudah lama dikenal sebagai rempah rempah antioksidan. Kandungan antioksidan di dalam serai dan jahe tersebut bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berjumlah banyak.

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat pula melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti; jantung, kanker serta penyakit gangguan syaraf serupa alzheimer dan parkinson.

[2] Mampu meredakan radang dalam tubuh

Serai dan jahe memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan. Penderita alergi bisa meminum rebusan air serai dan jahe saat berupaya melakukan penyembuhan.

Perlu diingat, tubuh terserang penyakit serta bakteri karena tidak baiknya pola makan. Untuk itu lakukan pola makan yang baik agar tidak terjadi infeksi pada tubuh sehingga sehat tidak terjadi peradangan.

[3] Mengobati mual

Sebagai rempah rempah yang bekhasiat, jahe sudah sejak lama dikenal masyarakat bermanfaat sebagai obat mual. Untuk itu, bagi pembaca yang tengah dilanda mulai dan ingin muntah bisa mengobatinya dengan meminum air jahe campur serai.

BACA JUGA :  Minum Air Mineral yang Bisa Bikin Haus hilang, Sehat datang!
bagi pembaca yang tengah dilanda mulai dan ingin muntah bisa mengobatinya dengan meminum air jahe campur serai.
[internet]

[4] Menyehatkan Pencernaan

Dari sekian banyak permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan perut adalah sakit perut dan kram perut. Para ahli telah meneliti, sereh berfungsi dengan baik mengatasi tukak lambung serta melindungi lapisan lambung dari kerusakan.

[5] Penurun darah tinggi

Tekanan sistolik merupakan tekanan darah sewaktu terjadi kontraksi otot jantung. Ini adalah istilah khusus yang digunakan saat terjadi kontraksi pada lobus ventrikular kiri dari jantung dan interval waktu terjadinya kontraksi disebut systole.

Bagi pembaca yang terbiasa mengonsumsi air rebusan serai maka akan terhindar tekanan darah tinggi, kenapa? Karena serai membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Apabila tekanan darah Anda setelai dicek mencapai 135/85, maka tekanan sistoliknya adalah 135.

Perlu diingat,bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit jantung sebaiknya tidak mengonsumsi air rebusan serai secara berlebihan. Pasalnya, minuman ini bisa memperlambat detak jantung dikhawatirkan akan berpotensi memicu gangguan tambahan.

[6] Menyeimbangkan kadar gula darah

Jahe pun sudah lama diketahui masyarakat sebagai salah satu obat alami diabetes. Jahe berperan sebagai pembantu menyeimbangkan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh bahkan mampu mengurangi risiko terjadinya komplikasi tambahan akibat diabetes.

[7] Menjaga kadar kolesterol

Serai dan jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang diperoleh dari makanan tidak sehat. Supaya informasi yang bermanfaat ini bisa maksimal, maka pembaca wajib menjaga pola makan.

[8] Penenang Kecemasan

Tidak saja bagi fisik, air rebusan jahe dan serai pun ternyata bisa berguna bagi kesehatan mental. Kandungan yang ada di dalam serai mampu memberikan efek menenangkan bagi Anda sedang mengalami gangguan kecemasan.

[9] Pelindung tubuh dari infeksi

Lindungi tubuh Anda dari infeksi dengan mengonsumsi serai. Karena serai mampu melindungi tubuh seseorang dari infeksi. Serai sudah lazim dipergunakan oleh sebagian masyarakat guna membantu mengurangi risiko terjadinya infeksi jamur mulut yang kerap menyerang daya tahan tubuh manusia – penderita HIV, misalnya.

[10] Menurunkan berat badan

Berat badan Anda bermasalah? Tenang, konsumsi saja jahe maupun serai. Kedua rempah rempah ini terbilang efektif membantu menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk menjalani pola makan sehat dan olahraga teratur agar tujuan menurunkan berat badan bisa berhasil.

[11] Meredakan Sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS)

Bagi para wanita yang ingin tahu obat alami untuk meredakan sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS), seperti kembung, kram, dan hot flashes bisa meminum air rebusan jahe dan serai. Hal ini memungkinkan karena adanya sifat antiinflamasi yang dimiliki serai.

BACA JUGA :  Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Manusia

[12] Menyehatkan gigi dan mulut

Mengunyah batang serai sudah sering dijadikan sebagai salah satu metode untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi oleh sebagian lingkungan masyarakat tradisional. Kebiasaan ini terbukti secara ilmiah, ketika diteliti di laboratorium, serai dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

[13] Meredakan kembung

Saat perut kita terasa penuh akan cairan yang bisa dilakukan adalah meminum air sereh. Karena sifat diuretik yang dimiliki sereh berguna untuk meredakan kembung. Adapun jahe akan membantu mengeluarkan gas-gas yang ada di tubuh. Jadi minum juga air jahe. Atau kombinasikan keduanya menjadi sebuah minuman rempah rempah sesuai selera Anda.

[14] Meredakan nyeri di tubuh

Saat Anda merasa nyeri di badan, cobalah minum air rebusan serai yang dicampur dengan jahe dan gula merah sebagai penambah rasa. Tahukah Anda? Salah satu manfaat serai yang ada adalah sebagai obat pereda nyeri alami.

[15] Menjadi diuretik alami

Diuretik alami merupakan makanan alami atau herbal yang membantu meningkatkan aliran urin. Air rebusan jahe dan sereh dapat dijadikan pula sebagai diuretik alami.

Diuretik menjadikan peminumnya sering buang air kecil, sehingga tubuh mampu mengeluarkan kelebihan cairan atau sodium melalui urine. Obat diuretik biasanya diresepkan untuk pasien yang mengalami gagal jantung, gagal hati serta edema.

Gula merah sebagai penambah rasa dan manfaat lainnya

Tanpa gula atau penambah rasa, meminum air rebusan serai dan jahe saja tentu kurang sedap. Sebab itu kita bisa menambahkan sedikit gula merah sebagai penambah rasa.

Gula merah dianggap sedikit lebih sehat dibanding dengan gula putih. Karena gula ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih.

Indeks glikemik merupakan perhitungan kemampuan suatu makanan atau minuman dalam menaikkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin rendah indeks glikemik makanan, maka semakin baik.

Namun bukan berarti diperbolehkan untuk mengonsumsi gula merah sebanyak-banyaknya. Pasalnya, gula mampu menaikkan kadar gula darah. Bagi pembaca yang mempunyai riwayat diabetes, sebaiknya hindari konsumsi gula merah sebagaimana Anda menghindari untuk mengonsumsi gula putih.

Adakah risiko mengonsumsi air rebusan jahe, sereh serta gula merah?

Walaupun jahe dan sereh merupakan bahan alami dan sudah sering digunakan sebagai obat herbal, jahe dan serai masih memiliki efek samping yang perlu diwaspadai.

Apabila dikonsumsi berlebihan maka jahe bisa memicu nyeri ulu hati, gas, sakit perut, dan panas di mulut. Saran terbaik dari pakar kesehatan kita supaya mengonsumsi tidak lebih dari 4 gram jahe setiap hari.

BACA JUGA :  Mengatasi Alergi Pada Anak tanpa Pemberian Obat

Begitu pula dengan serai, bila dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu beberapa efek samping, seperti: pusing, mulut kering, meningkatkan keinginan buang air kecil dan lemas.

Perhatikan tanda-tanda alergi yang muncul setelah mengonsumsi minuman baik jahe atau sereh. Apabila muncul ruam merah, bengkak, hingga sesak napas, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan alergi.

Ibu hamil serta orang yang punya riwayat penyakit kronis, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi air rebusan jahe dan sereh sebagai suplemen herbal.

Demikian artikel informasi kesehatan dan herbal tentang Inilah Rempah Rempah yang Berkhasiat untuk Tubuh. Semoga dapat menambah wawasan Anda pembaca Klik Soreang. Tetap semangat dan salam olahraga!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: