INILAH SMK TERBAIK DI JAWA BARAT

Inilah SMK Terbaik di Jawa Barat

Home » Umum » Inilah SMK Terbaik di Jawa Barat

Hari ini di Indonesia terdapat sekitar 14.247 SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) baik negeri maupun swasta. Dan merujuk pada informasi yang bersumber resmi dari Direktorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (DPSMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat 9 (sembilan) bidang keahlian pada SMK.

9 (sembilan) bidang keahlian pada SMK

No.Bidang KeahlianProgram Keahlian/Jurusan
1Seni Industri Kreatif Seni Tari, Seni Pedalangan, Seni Teater, Seni Karawitan, Seni Broadcasting dan Film
2Agribisnis AgroteknologiAgribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, Kesehatan Hewan, Kehutanan, Agribisnis Tanaman 
3Kesehatan dan Pekerjaan Sosial  Pekerjaan Sosial, Kesehatan Gigi, Keperawatan, Farmasi
4PariwisataTata Kecantikan, Tata Busana, Kuliner, Perhotelan dan Jasa Pariwisata
5Bisnis ManajemenAkuntansi dan Keuangan, Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran
6Teknologi dan RekayasaTeknik Ketenagalistrikan, Teknik Perkapalan, Teknologi Tekstil, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Grafika, Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Konstruksi Poperti, Teknik Kimia, Teknik Industri, Instrumental Industri
7KemaritimanPerikanan, Pengolahan Hasil Perikanan, Pelayaran Kapal Niaga
8Teknologi InformasiTeknik Telekomunikasi, Teknik Komputer Informatika
9Energi PertambanganGeologi Pertambangan, Teknik Perminyakan
9 (sembilan) bidang keahlian pada SMK

Menurut catatan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2020 yang sudah merilis 1000 SMK Terbaik Nasional, diantaranya terdapat SMK Terbaik di Jawa Barat. Disebut SMK Terbaik karena menduduki peringkat teratas dengan nilai rata-rata tertinggi dengan metode pengukuran. Ada 6 (enam) Metode Pengukuran untuk menentukan SMK Terbaik yang dimiliki oleh LTMPT.

6 (enam) Metode Pengukuran untuk Menentukan SMK Terbaik

  1. SMK yang diikutkan dalam pengukuran ini adalah SLTA yang jumlah siswanya mengikuti UTBK tahun 2020 minimal 20 orang.
  2. Jumlah SMK yang memenuhi kriteria sebanyak 6.319 sekolah.
  3. Rata-rata nilai TPS peserta dihitung berdasarkan rerata dari nilai 4 sub tes yaitu kemampuan kuantitatif, memahami bacaan dan menulis, kemampuan penalaran umum dan pengetahuan pemahaman umum.
  4. Rata-rata nilai TPS sekolah dihitung berdasarkan rerata nilai TPS dari peserta di sekolah tersebut.
  5. SMK diurutkan berdasarkan rerata nilai TPS dari tertinggi hingga terendah.
  6. Diambil 1.000 SMK dengan rerata nilai TPS tertinggi.

Inilah SMK Terbaik di Jawa Barat

  • SMK-SMAK Bogor (peringkat 166 nasional)
  • SMKN 1 Cimahi (615 nasional)
  • SMKN 1 Bogor (638 nasional)
  • SMKN Kehutanan Kadipaten (719 nasional)
  • SMKN 7 Bandung (884 nasional)
BACA JUGA :  8 Tata Cara Shalat Taubat Mulai Niat Sampai Sujud

SMK – SMAK Bogor

Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor, sampai hari ini masih jamak masyarakat yang menyebutnya dengan SAKMA Bogor. SMK-SMAK Bogor menyelenggarakan Program Pendidikan Kejuruan 4 Tahun. Sekolah ini terbilang sebagai salah satu lembaga pendidikan kejuruan negeri di bawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Sudah mencetak tenaga analis kimia atau operator laboratorium tingkat menengah yang siap pakai.

SMKN 1 Cimahi

Atau disebut juga dengan (STM Pembangunan Bandung) ini adalah salah satu Lembaga Pendidikan Menengah Kejuruan di Kota Cimahi, Jawa Barat. SMKN 1 Cimahi menyelenggarakan Program Pendidikan Kejuruan 4 Tahun termasuk dari 8 (delapan) SMK Negeri di Indonesia yang memiliki program 4 (empat) Tahun.

SMKN 1 Cimahi memiliki bangunan fisik yang sudah berdiri sejak 1969. Bangunan tersebut kokoh berdiri di atas tanah seluas 3,4 Ha. SMKN 1 Cimahi sudah menerima siswa sejak 1974 dengan nama STM Negeri Pembangunan Bandung yang diresmikan pada tanggal 24 Maret 1977.

SMKN 1 Bogor

Mengutip dari portal resminya, SMKN 1 Bogor menjelaskan tentang profil sekolah dengan lengkap. Kami coba uraikan kembali penjelasan dari profil tersebut sebagai berikut.

SMK Negeri 1 Kota Bogor merupakan sekolah negeri yang berada di Kota Bogor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Terletak di pusat Kota Bogor, tepatnya di bilangan Jalan Heulang No. 6 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. SMK Negeri 1 Bogor dirintis pada 1963 dengan nama SMEA PERSIAPAN yang berlokasi di jalan Polisi 2 Bogor.

Pada pada 1 Agustus 1963 berdasarkan SK No. 194/B.3/Kejd nama yang asal SMEA Persiapan diubah menjadi menjadi SMEA Negeri Bogor dengan Kepala Sekolah adalah Drs. Rukman Suryan. Dan sejak tahun 5 Juni 1997 SMK 1 Bogor namanya menjadi SMK Negeri 1 Bogor hingga sekarang.

SMKN 1 Bogor menempati bangunan seluas 2225 m2 di atas tanah seluas 5885 m2. SMKN 1 Bogor memiliki program 5 (lima) bidang kompetensi keahlian, antara lain:

  1. Akuntansi dan Keuangan Lembaga
  2. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
  3. Bisnis Daring dan Pemasaran
  4. Usaha Perjalanan Wisata
  5. Multimedia

SMKN Kehutanan Kadipaten

Dalam profilnya, SMKN yang menerapkan sistem Boarding School (peserta didik diwajibkan tinggal di asrama selama masa studi) – menjelaskan tentang sejarah berdiri sekolah tersebut dari tahun ke tahun.

  • Tahun 1958. Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) didirikan di Bogor, diresmikan oleh Sekretaris Jenderal Departemen Pertanian Republik Indonesia.
  • Tahun 1980. Deptan melalui BPLPP mendirikan Sekolah Pertanian Pembangunan-Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SPP-SKMA) di Kadipaten dan Samarinda.
  • Tahun 1983. Departemen Kehutanan mengubah nama SPP-SKMA menjadi SKMA saja.
  • Tahun 2003. SKMA di Kadipaten ditutup karena adanya UU Sisdiknas.
  • Tahun 2008. Dephut bekerja sama dengan Depdiknas membuka kembali Sekolah kehutanan di Kadipaten dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Kadipaten.
BACA JUGA :  Rangkaian Nama Anak Laki Laki Islam 3 Kata

SMKN 7 Bandung

SMK Negeri 7 Bandung adalah sekolah menengah kejuruan negeri di Kota Bandung. Sekolah ini berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta No. 596 RT 011 RW 004, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung.

Para siswa yang menempuh pendidikan di SMK Negeri 7 Bandung akan belajar selama 3 tahun. Mulai dari kelas X hingga kelas XII, seperti pada umumnya masa pendidikan sekolah menengah kejuruan di Indonesia. Sekolah ini pun merupakan SMK Negeri terkenal di Kota Bandung yang mempunyai kelas RSBI dan memiliki Sertifikat Standar ISO 9001:2008 pada tahun 2007 dengan 4 kompetensi keahlian, yaitu:

  1. kimia industri,
  2. teknik penyempurnaan tekstil,
  3. analisis kimia dan
  4. farmasi.
ilustrasi siswa dan siswi serta guru di SMK (internet)
ilustrasi siswa dan siswi serta guru di SMK (internet)

Itulah ulasan singkat tentang SMK Terbaik di Jawa Barat, mudah-mudahan bisa menjadi informasi bagi para pembaca terutama para orangtua yang memiliki anak dan berencana mendaftarkannya ke SMK. Tentunya, orangtua ikut andil dalam menentukan pilihan pendidikan anak. Orangtua supaya bertindak bijak dalam proses rencana menentukan pendidikan ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.