Jadwal Samsat Keliling di Soreang

Jadwal Samsat Keliling di Soreang

Jadwal SIM Keliling Samsat di Soreang — Setiap satu tahun sekali, STNK wajib melakukan pengesahan. Untuk itulah ada Layanan pengesahan STNK. Pemegang STNK harus melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Santunan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas (SWDKLL).

Bapenda Mengerahkan Armada SAMSAT Keliling di Beberapa Pelosok di Jawa Barat

Dalam upaya menjemput bola, Provinsi Jawa Barat lewat Bapenda Mengerahkan Armada SAMSAT Keliling di Beberapa Pelosok di Jawa Barat seperti di kecamatan Soreang. Hal ini dilakukan agar mampu mendatangi pemilik kendaraan/Wajib Pajak yang jauh dari pusat pelayanan Samsat.

Kegiatan SIM Keliling tersebut sebagai upaya pemerintah dalam mengembangkan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang tertuang dalam Renstra Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat 2006-2010 sebagai visi dan misi Bapenda.

2 Manfaat Utama dari Pelayanan SAMSAT Keliling

Tujuan utamanya meningkatkan mutu pelayanan publik, khususnya pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Ada dua manfaat utama dari Pelayanan SAMSAT Keliling, yaitu:

  1. Memberikan kemudahan kepada masyarakat (Wajib Pajak) dalam pengurusan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) setiap tahun, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Santunan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas (SWDKLL)
  2. Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat atau Wajib Pajak sehingga mengurangi biaya.

Persyaratan Pelayanan Samsat Keliling yang Perlu Difahami Pemegang STNK, antara lain:

  • E-KTP Asli Pemilik sesuai data di STNK.
  • BPKB Asli-Foto kopi (untuk Wilayah Polda Metro Jaya).
  • STNK Asli.
  • Bukti Pelunasan PKB dan SWDKLL (SKPD telah divalidasi) tahun terakhir.
  • Waktu pelaksanaan Samsat Keliling :
  • Setiap hari kerja mulai pukul 09.00-14.00 WIB.

Selain di Soreang Kabupaten Bandung, tempat Layanan SIM Keliling ini pun tersebar di 5 Wilayah se Jawa Barat. Anda pun bisa mengecek Jadwal SIM Keliling SAMSAT di Jawa Baratdi sini.

Jadwal Samsat Keliling di Soreang

Di Soreang ada dua agenda; Jadwal Samsat Keliling dan Samsat Gendong. Jadwal SAMSAT Keliling di Soreang masuk ke dalam Wilayah Kab. Bandung II Soreang.

Apa itu Samsat Gendong?

Bersama Tim Pembina Samsat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus membuat inovasi sebagai terobosan baru dan menjadi alternatif pembayaran pajak kendaraan bermotor. Adalah ‘SAMDONG’ akronim untuk Samsat Gendong.

Ini merupakan terobosan yang berawal dari adanya kebutuhan masyarakat saat hendak melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) namun jauh loketnya. Agar dapat menjangkau daerah ataupun wilayah yang tidak terjangkau oleh pelayanan Samsat Induk maupun Samsat Keliling, maka dibuatlah SAMDONG guna melayani keinginan komunitas warga yang ingin melakukan pembayaran PKB.

Sama halnya dengan Samsat Keliling, Samdong pun melayani pengesahan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) setiap tahun, pembayaran PKB dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Dibandingkan dengan pelayanan Samsat lainnya, Samdong memiliki mekanisme yang jauh lebih sederhana yakni;

  • Jarak yang ditempuh lebih dekat, karena dua petugas Samsat (1 petugas Polri dan 1 petugas Samsat) membuka stand (meja registrasi) di lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat yang ada di satu wilayah, seperti Balai RW dan sebagainya.

Jadwal Samsat Keliling Soreang Hari Ini

HariJamLokasi
Senin-Jumat08.30–13.00– Halaman Masjid Al-Mukhlis Cireungit
– Depan Komplek Permata Kopo
Sabtu08.30–11.00– Halaman Masjid Al-Mukhlis Cireungit
– Depan Komplek Permata Kopo

Jadwal Samsat Soreang Sore – Wilayah Kab. Bandung II Soreang

HariJamLokasi
Sabtu17.00–20.00Warsun Cafe & Resto di jalan Gading Tutuka Soreang

BACA JUGA: SIM KELILING Buka di CAR FREE DAY Soreang 2022

Klik di sini untuk mendapatkan pemberitaan dari Google News.


Share

2 thoughts on “Jadwal Samsat Keliling di Soreang

Comments are closed.

%d bloggers like this: