KM Putra Barokah Ditemukan Selamat

KM Putra Barokah Ditemukan Selamat

Sempat Hilang Kontak di Perairan Indramayu, KM Putra Barokah Ditemukan Selamat.

KM Putra Barokah SN akhirnya berhasil di temukan padahal sebelumnya dikabarkan hilang kontak di perairan Indramayu. Pada Selasa 8 Maret 2022 Tim SAR Gabungan bisa berkomunikasi dengan nakhoda Dasman melalui sambungan telepon pukul 08.37 WIB.

Menurut nakhoda kapal Dasman, KM Putra Barokah SN mengalami kerusakan di bagian kelistrikan, Selasa 8 Maret 2022. Kronologi kejadiannya, KM Putra Barokah akan menuju Sungai Buntu, pukul 09.35 WIB, kemudian HR-3604 dengan 5 orang crew telah Landing di Bandara Kertajati setelah melakukan pencarian, hasilnya crew melihat KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari Karawang.

Sekira pukul 10.00 WIB, Tim SAR Gabungan dari Sungai Buntu bertolak menuju KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari menggunakan 2 unit LCR. Pukul 10.25 WIB, Tim SAR Gabungan tiba di KM Putra Barokah SN pada koordinat 5°56’52″S – 107°18’37″E dalam kondisi aman, 19 POB dalam kondisi selamat dan sehat.

KM Putra Barokah Ditemukan Selamat

Lantas, Tim SAR Gabungan di Eretan berkoordinasi dengan pihak vendor VMA terkait operasional alat pemancar sinyal yang digunakan KM Putra Barokah SN. Sehubungan dengan tim SAR Gabungan telah berhasil menemukan KM Putra Barokah SN dengan 19 POB dalam keadaan selamat dan sehat, maka pada pukul 13.30 WIB maka dilakukan penghentian operasi SAR dan seluruh unsur SAR kembali ke kesatuannya masing-masing.

Alat utama yang digunakan selama upaya pencarian, antara lain 1 Unit HR-3604, 1 Unit Kapal Agung Jaya, 2 Unit LCR, 1 Unit Rescue Truck, 3 Unit Rescue Car, Pal Air, Peralatan Alkom, Peralatan Medis dan APD Personal. Dengan unsur SAR yang terlibat adalah Basarnas Kantor SAR Bandung, Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan, LANUD Sukani, Lanal Cirebon, Polairud Polres Indramayu, Satpolairud Karawang, BPBD Karawang, AP II Kertajati, VTS Pelabuhan Cirebon, Pertamina Kilang Karawang, Dinas Perikanan Eretan, UPP Indramayu, dan KUD Misayamina. (SUP)*


Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: