LDII Bali Berqurban Melibatkan Dinas Peternakan, Dibagikan ke Umat Lintas Agama

LDII Bali Berqurban Melibatkan Dinas Peternakan, Dibagikan ke Umat Lintas Agama

Berita Lintas Daerah: Bali — Bertempat di Padangsambian, Provinsi Bali tepatnya di Sekretariat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) – LDII berqurban dengan melibatkan Dinas Peternakan setempat dengan memotong kambing dan sapi (Minggu, 10 Juli 2022).

Seluruh Bali, LDII Memotong 103 Ekor Sapi dan 220 Ekor Kambing

H. Hardilan selaku wakil ketua DPW LDII Provinsi Bali menyebutkan bahwa LDII seluruh Bali telah memotong sebanyak 103 ekor sapi dan 220 ekor kambing.

“Tahun ini jumlah pemotongan kambing mengalami peturunan,” ungkap H. Hardilan.

“Secara nominal masih sama dengan tahun lalu namun untuk jumlah hewan menurun karena harganya mengalami kenaikan,” sambungnya.

Akibat adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) menyebabkan kelangkaan baik sapi atau pun kambing. Namun, tidak mengurangi antusias umat Islam di Denpasar, Bali untuk berqurban.

“Kambing yang sebelumnya 1,5 juta sekarang menjadi 2,5 hingga 3,5 juta,” tuturnya.

Sedangkan sapi, H. Hardilan melanjutkan – yang semula 10 juta rupiah saat ini menjadi 20 juta rupiah dengan berat 400 sampai dengan 500 kilogram. Jumlah paket daging qurban untuk seluruh Bali telah disiapkan sebanyak 10 ribu paket.

Sedangkan sapi, H. Hardilan melanjutkan - yang semula 10 juta rupiah saat ini menjadi 20 juta rupiah dengan berat 400 sampai dengan 500 kilogram. Jumlah paket daging qurban untuk seluruh Bali telah disiapkan sebanyak 10 ribu paket.
Pelaksanaan pemotongan daging kurban di LDII Provinsi Bali, Minggu 10 Juli 2022 – LDII Bali Potong Ratusan Hewan Kurban, Libatkan Dinas Peternakan, Dibagikan ke Umat Lintas Agama

LDII Tidak Memandang Suku, Ras, dan Agama dalam Pembagian Daging Qurban

Paket daging tersebut dibagikan kepada umat atau masyarakat yang membutuhkan dan yang memesan.

“Kami tidak memandang suku, ras, agama. Kami berkewajiban memberi kepada yang meminta dan membutuhkan,” tegas H. Hardilan.

Termasuk juru sembelih halal, LDII Bali telah membentuk panitia sebanyak 50 orang saat melaksanakan pemotongan qurban tersebut. Dan menghindari waktu masuk petang, pemotongan ditargetkan selesai jam 2 siang.

Melibatkan Dinas Peternakan dalam Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban

Dan guna menghindari kerumunan, pendistribusian daging dilakukan secara door to door. Dan agar terjamin, hewan qurban melalui pemeriksaan dari Dinas Peternakan Provinsi Bali.

“Dari pengecekan yang dilakukan oleh Dinas Peternakan, hasilnya aman. Dan sebelumnya pun hewan qurban melalui pemeriksaan dari sisi kesehatan dan fisiknya,” pungkas H. Hardilan.


BACA JUGA: Prof. Miftah Faridl Berpesan Agar LDII Silaturahim dengan Ulama Sepuh dari Berbagai Golongan


Share
%d bloggers like this: