Manfaat dan Persyaratan Donor Darah

Manfaat dan Persyaratan Donor Darah

Home » Umum » Manfaat dan Persyaratan Donor Darah

Manfaat dan Persyaratan Donor Darah – Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela dengan maksud dan tujuan transfusi darah bagi orang lain yang membutuhkan. Semua orang dapat melakukannya jika memenuhi persyaratan.

Manfaat Donor Darah

Memang apa sih manfaat donor darah? Memetik dari yang telah ditulis oleh RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Soreang yang tertuang di dalam brosur Ayo Donor Darah yang dicetaknya, setidaknya ada 5 (lima) faedah apabila kita menjadi pendonor darah.

  1. Menjaga kesehatan jantung.
  2. Meningkatkan produksi sel darah merah.
  3. Membantu penurunan berat badan.
  4. Mendapatkan kesehatan psikologis.
  5. Mendeteksi penyakit serius.

Jantung Harus Sehat

Pakar kesehatan seringkali mendengung-dengungkan mengenai jantung harus sehat. Karena jantung adalah organ vital di dalam tubuh manusia yang bekerja tidak pernah berhenti. Jantung berperan memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh demi keberlangsungan hidup manusia.

Itulah alasan utama jantung harus terpelihara dan sehat agar tidak rusak sebab terserang penyakit. Rajin berolahraga dan makan dan minum secara teratur serta mulailah aktif menjadi pendonor darah adalah cara terbaik untuk menjaga jantung tetap sehat.

Olahraga yang cocok untuk membuat jantung sehat, antara lain; aerobik, zumba,tai chi, peregangan dan yoga. Pakar kesehatan menyarankan, setiap orang yang menginginkan jantungnya senantiasa sehat maka perlu berolahraga selama 150 menit setiap minggunya dengan porsi lahraga ringan atau 75 menit per minggu untuk porsi olahraga berat.

Setiap Orang Perlu Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Sering kita jumpai orang atau diri kita merasa lemah dan letih, tidak menutup kemungkinan kondisi tersebut adalah gejala kekurangan sel darah merah. Untuk itu setiap orang perlu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuhnya guna menghindari penyakit anemia (kekurangan sel darah merah). Penuhi kebutuhan sel darah merah tubuh dengan mengonsumsi asupan yang baik dan sehat serta menjadi pendonor darah.

Asupan makanan yang baik bagi sistem peredaran darah serta untuk meningkatkan produksi sel darah merah, antara lain:

  • Kuning telur.
  • Kacang-kacangan.
  • Kacang polong.
  • Buah-buahan kering, seperti plum dan kismis.
  • Sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung.
  • Daging organ (jeroan), seperti ginjal dan hati sapi.
  • Daging merah, seperti daging sapi.
BACA JUGA :  Pola Makan yang Ideal Guna Menurunkan Tekanan Darah

Berat Badan yang Ideal

Setiap orang pasti menginginkan berat badan yang ideal, sepakat? Buat pembaca yang tengah menjalankan program penurunan berat badan sudah saatnya Anda mencoba menjadi pendonor darah karena dengan giat mendonorkan darah bisa membantu penurunan berat badan.

Untuk Anda yang tengah memantau perkembangan berat badan menuju ideal, bisa menggunakan rumus berikut ini.

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Sebagai contoh: bila Anda memiliki tinggi badan 160 cm maka berat badan ideal Anda adalah 60 kg. Akan tetapi rumus tersebut tidak mempertimbangkan perbedaan jenis kelamin dan hanya bisa diaplikasikan bagi orang dengan tinggi badan kurang dari 165 cm.

Tinggi badan 165 berat badan ideal berapa?

Apabila tinggi badan Anda 165 cm, maka penghitungan berat badan sebagai berikut:

Berat badan normal: 165 – 100 = 65 kg. Berat badan ideal: (165-100) x 90% = 58,5 kg.

Seimbangkan Antara Sehat Jasmani dengan Rohani

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Sudah sering kita mendapatkan semboyan tersebut dengan kata lain kita perlu menyeimbangkan antara sehat jasmani dan rohani atau psikologis alias kesehatan mental.

Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan seseorang yang membekas di dalam ingatannya serta berdampak besar pada kepribadian dan perilakunya. Manusia dapat dikatakan sehat mental jika mampu bersikap positif terhadap diri sendiri atau mau menerima dengan baik dirinya sendiri secara utuh dan menyadari kelebihan serta kekurangan dari dirinya.

Sehat psikologis atau kesehatan mental adalah kondisi setiap orang di saat batin dan watak dalam keadaan normal, tenteram serta tenang, sehingga mampu menjalankan rutinitas sehari-hari dan menikmati kehidupan setiap saat. Untuk itulah penting bagi kita menjadi pendonor darah agar mendapatkan kesehatan psikologis.

Deteksi Penyakit Serius dalam Tubuh

Untuk bisa mendeteksi penyakit serius di dalam tubuh, setiap orang dalam pencegahannya jamak yang melakukan medical check-up. Semakin cepat terdeteksi penyakit dalam tubuh maka akan semakin cepat penanggulangan yang bisa dilakukan. Dan dengan giat donor darah kita pun dapat mendeteksi kesehatan tubuh atau adakah penyakit serius dalam tubuh.

Medical check up merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, diharapkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan bisa dideteksi sejak dini. Pemeriksaan ini pun berguna untuk merencanakan metode penanganan dan pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang.

BACA JUGA :  Tubuh Indah dan Sehat dengan Diet yang Cerdas

Saat medical check up, pasien akan menjalani sejumlah tahapan pemeriksaan, yang meliputi konsultasi mengenai keluhan yang sedang dirasakan, pencatatan dan pemeriksaan berkaitan dengan riwayat kesehatan, serta pemeriksaan tanda vital tubuh dan kondisi fisik secara umum.

Persyaratan Donor Darah

Dari uraian di atas dijelaskan tentang pentingnya dan manfaat donor darah. Selanjutnya, masih mencuplik dari brosur Ayo Donor Darah RSUD Soreang — berikut bagi Anda yang tangah mencari informasi tentang Persyaratan Donor Darah.

Syarat-syarat donor darah

  1. Dalam keadaan sehat
  2. Usia 17 s/d 60 tahun
  3. Berat badan minimum 45 kg
  4. Tekanan darah:
    -Sistole 100 – 150 mmHg
    -Diastole 70 – 100 mmHg
  5. Denyut nadi 60-100 x/menit, teratur
  6. Kadar haemoglobin 12,5 g% s/d 17,0 g%
  7. Suhu tubuh calon donor darah kurang dari 37°C
  8. Jarak donor Minimum 2 bulan atau 60 hari sejak donor darah sebelumnya
  9. Tidur malam minimum 5 jam sebelum donor
  10. Sudah sarapan atau makan
  11. Bagi wanita tidak sedang haid/hamil/menyusui
  12. Tidak mengkonsumsi antibiotik selama 7 hari, selama 3 hari untuk obat demam, flu atau nyeri, dan serta atau 1 hari untuk vitamin sebelum donor
  13. Tidak mendapat imunisasi virus yang dilemahkan dalam waktu 2 minggu
  14. Bukan pecandu alkohol dan narkotika
  15. Tidak memiliki tato (kecuali sudah lebih dari 1 tahun)
  16. Tidak mempunyai riwayat penyakit:
    -Tekanan darah tinggi/rendah
    -Kurang darah (anemia)
    -Penyakit gangguan pembekuan darah
    -Diabetes Mellitus
    -Penyakit infeksi yang ditularkan melalui transfusi darah
    -(Hepatitis, Malaria, Sipilis, HIV, dan lain-lain)
    -Ayan, kejang
    -Kanker

Manfaat dan Persyaratan Donor Darah

Brosur RSUD Soreang tentang Manfaat dan Persyaratan Donor Darah
Brosur RSUD Soreang tentang Manfaat dan Persyaratan Donor Darah

Itulah sekilas informasi kesehatan dan gerakan sosial tentang Manfaat dan Persyaratan Donor Darah. Semoga bisa memberikan motivasi dan bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.