Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Herbal Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Home » Kesehatan » Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Kunyit yang juga populer disebut kunir merupakan tanaman rempah-rempah serta tanaman obat yang berasal dari Asia Tenggara. Kunyit terbilang cepat dalam proses penyebarannya, sebut saja; ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia hingga Afrika. Perhatikan tabel yang ditunjukkan oleh Wikipedia mengenai data tanaman kunyit berikut ini.

Setiap 100 gram kunyit terdapat:

Kalori (kcal) 354
Jumlah Lemak 10 g
Lemak jenuh 3,1 g
Lemak tak jenuh ganda 2,2 g
Lemak tak jenuh tunggal 1,7 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 38 mg
Kalium 2.525 mg
Jumlah Karbohidrat 65 g
Serat pangan 21 g
Gula 3,2 g
Protein 8 g
Vitamin A 0 IU Vitamin C 25,9 mg
Kalsium 183 mg Zat besi 41,4 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 1,8 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 193 mg
sumber: Wikipedia

Tanaman yang bernama latin, “Curcuma longa” ini tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Di jamak tempat di dunia, kunyit memiliki nama setempat, misalnya turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura) serta Kunyir (Komering).

Kunyit bisa menyembuhkan penyakit apa saja?

Berbicara penyembuhan itu sama halnya dengan bicara manfaat. Ada segudang manfaat dari kunyit asem.

Mengatur gula darah

Bagi para penderita diabetes aktifitas mengatur kadar gula darah dalam tubuh mereka menjadi hal yang wajib untuk rutin dilakukan. Sejak dulu, jamu kunyit asem kerap direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Mencegah risiko kanker

Kandungan curcumin dalam kunyit berkhasiat guna mencegah risiko kanker, sebab antioksidan dan anti-peradangan yang dimiliki oleh curcumin mampu mengurangi risiko sel tubuh yang rusak karena proses mutasi sel dan kanker.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Meminum kunyit asem secara teratur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan, anti-peradangan, dan antibakteri di dalamnya. Selain itu, curcumin dalam jamu kunyit asem juga bisa menjadi modulator kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

BACA JUGA :  4 Jenis Makanan 'Musuh' Penderita Asma

Menekan risiko komplikasi jantung

Sebagai antioksidan dan anti-peradangan, curcumin pun terbilang bermanfaat sekali bagi penderita sakit jantung. Sebuah penelitian di 2012, ditemukan penderita jantung yang mengonsumsi 4 gram curcumin setiap hari setelah operasi by pass jantung mampu menekan risiko komplikasi hingga 17%.

Meningkatkan fungsi otak

Penyakit depresi atau Alzheimer terjadi akibat menurunnya fungsi otak. Dengan mengonsumsi curcumin yang terkandung pada kunyit – diolah menjadi minuman jamu kunyit asem bisa meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF) dan fungsi otak pun meningkat serta tidak rentan terkena penyakit otak.

Meredakan nyeri haid

Selain obat pelancar haid, ternyata manfaat kunir asem adalah meredakan nyeri akibat “tamu bulanan” ini. Lagi-lagi, kandungan curcumin dalam jamu kunyit asem dapat mengurangi produksi hormon pemicu peradangan dan rasa nyeri yaitu prostaglandin. Tak hanya itu, asem jawa dalam jamu kunyit asem juga dapat berpengaruh terhadap sistem saraf serta otak. Dengan demikian, otak bisa mengirim sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim bisa mereda dan nyeri haid berkurang.

Menurunkan berat badan

Meminum jamu kunyit asem dapat sebagai alternatif minuman bagi mereka yang tengah menjalankan mencapai berat badan ideal yang menyehatkan. Dengan caranya berupa mengurangi respon peradangan pada sel tubuh minum kunir asem membantu menurunkan berat badan.

Tahukah Anda? Dengan terjaganya kadar gula darah serta kolesterol mampu menghindari kenaikan berat badan drastis. Sehingga potensi mengalami obesitas bisa ditekan.

BACA JUGA: Rempah-Rempah yang Berkhasiat

Jamu kunyit asem dan ibu hamil

Manfaat lain dari kandungan curcumin dalam jamu kunyit asem menarik bagi ibu hamil. Dengan meminum jamu kunyit asem, setiap bumil bisa berupaya meredakan pegal linu selama kehamilan. Perlu diperhatikan bahwa ibu hamil dihimbau untuk tidak mengonsumsi jamu kunyit asem dalam dosis besar. Apa pasal? Sebab curcumin dalam jamu kunyit asem bekerja seperti hormon estrogen dalam tubuh akibatnya curcumin bisa memengaruhi kerja homon hingga kontraksi uterus yang berpotensi menyebabkan kelahiran prematur dan keguguran. Untuk amannya, bumil meminum jamu kunyit asem sebanyak kandungan kunyit yang ada pada makanan saja. Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu rempah atau pewarna alami untuk masakan.

Kapan sebaiknya minum kunyit?

Minumlah di pagi hari sebelum sarapan pagi dan pada saat perut kosong selama 7 hari. Ketahuilah segelas air rebusan kunyit bila diminum secara rutin saat perut masih kosong di pagi hari atau tidak lama setelah bangun tidur. Di waktu perut kosong di pagi hari bila seseorang meminum rebusan kunyit oleh sebab sifat anti-oksidan, anti-inflamasi serta anti-bakteri maka kunyit mampu bekerja dengan sangat baik.

BACA JUGA :  Inilah Rempah Rempah yang Berkhasiat untuk Tubuh

Apa efek samping minum kunyit?

Iritasi pencernaan

Meskipun terbilang baik untuk pencernaan, kunyit bisa mengiritasi pencernaan apabila diminum denga jumlah berlebihan. Karena kunyit memiliki efek yang dapat merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam.

Batu ginjal

Kandungan oksalat dalam kunyit terbilang tinggi karenanya senyawa ini berpotensi membentuk batu ginjal. Hal ini dapat dicegah dengan cara membatasi jumlah konsumsinya atau tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Apakah boleh minum kunyit setiap hari?

Kunyit asem bisa kita minum setiap hari. Akan tetapi dikarenakan kunyit memiliki sifat anti-inflamasi, melancarkan pencernaan, menangkal radikal bebas dan banyak lagi maka batasi jumlah mengonsumsinya jangan sampai kebanyakan — akan menjadikan tidak baik untuk kesehatan.

10 Manfaat Kunyit versi IDNTimes
Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Itulah sekilas informasi kesehatan tentang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Manusia. Semoga bisa menjadi bacaan yang menambah pengetahuan kita semua khususnya tentang rempah-rempah atau herbal berupa kunyit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: