Manfaat Kalkulator Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Dan Cara Menggunakannya

Manfaat Kalkulator Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Dan Cara Menggunakannya

Home » ibu dan anak » Manfaat Kalkulator Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Dan Cara Menggunakannya

Manfaat Kalkulator Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Dan Cara Menggunakannya — Pada umumnya, ibu yang sedang hamil akan mengalami perubahan pada tubuhnya, termasuk berat badan. Kenaikan berat badan ibu hamil merupakan hal yang wajar, namun penambahannya tidak selalu sama. Kondisi ini tidak bisa dianggap remeh karena berkaitan dengan kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Kondisi ini bisa mengakibatkan kelahiran premature, diabetes pada ibu, preeclampsia, sleep apnea, dan yang lainnya. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, jika Indeks Massa Tubuh (IMT) sudah mencapai 30, artinya ibu sudah kelebihan berat badan. Terdapat beberapa cara aman untuk menurunkan berat badan ketika hamil seperti dengan mengurangi asupan kalori, serta minum vitamin prenatal dan asam folat. Atau ibu juga bisa melakukan olahraga yang baik dilakukan oleh ibu hamil seperti berenang, berjalan, prenatal yoga, jogging, atau melakukan aktivitas berkebun. Ibu bisa melakukannya setiap hari selama 30 menit, namun jika merasa terlalu berat bisa membaginya dalam beberapa waktu.

Lantas, berapa berat badan yang ideal ketika hamil? Perlu diketahui bahwa kenaikan berat badan saat hamil seharusnya terjadi secara bertahap. Kenaikan berat badan biasanya akan bertambah secara signifikan pada 3 bulan terakhir masa kehamilan. Kenaikan berat badan ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena nafsu makan atau ngemil yang berlebihan.

Sebenarnya, cara untuk bisa menentukan berat badan ibu hamil termasuk kedalam kategori normal, kurang, atau lebih yaitu dengan menggunakan rumus Indeks Massa Tubuh (IMT). Lebih praktisnya, Anda bisa menggunakan kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil.

Pada dasarnya, kalkulator itu adalah alat untuk menghitung. Sementara IMT sendiri adalah Indeks Massa Tubuh yang tidak lain adalah body mass index seseorang. Ketika ibu ingin mengetahui berapa nilai body mass index tubuh, maka untuk mendapatkannya ibu bisa melakukan perhitungan dengan menggunakan kalkulator yang satu ini.

Manfaat Kalkulator Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Dan Cara Menggunakannya

ILUSTRASI Manfaat Kalkulator Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Dan Cara Menggunakannya Cover
ILUSTRASI Manfaat Kalkulator Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Dan Cara Menggunakannya Cover

Manfaat Kalkulator Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Dan Cara MenggunakannyaLantas, apa manfaat dari penggunaan kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil ini? Berikut penjelasannya :

BACA JUGA :  Kartu Nama Fungsi dan Manfaatnya

[1] Bisa Mengetahui Indeks Massa Tubuh

Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi kalkulator ini adalah untuk mengetahui berapa berat badan tubuh ibu. Kemudian, nantinya ibu bisa mengetahui berapa besar IMT yang kemudian bisa dibandingkan dengan tabel kategori berat badan. Setelah memperoleh hasilnya, ibu pun bisa mengetahui apakah ibu termasuk kurus, normal, atau kegemukan.

[2] Lebih Mudah Untuk Mencari Solusi

Dengan mengetahui hasil IMT dan termasuk dalam kategori apa, ibu tentunya akan lebih mudah dalam mencari solusinya. Contoh, jika ibu termasuk kurus atau dibawah normal, tentunya ibu akan mencari solusi agar berat badan bisa bertambah dan menjadi normal. Sebaliknya jika ibu termasuk gemuk, maka ibu bisa langsung mencari solusi bagaimana cara menurunkan berat badan.

Cara menggunakan kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil adalah sebagai berikut :

  • Memasukkan berat badan sebelum hamil (dalam hitungan kg)
  • Memasukkan data perkiraan usia kehamilan (dalam hitungan minggu)
  • Lalu, klik “Hitung”
  • Hasil perhitungan hasil berat badan ideal ketika hamil pun akan muncul

Hasil perhitungan yang muncul adalah berdasarkan pada jawaban atau data yang dimasukkan. Namun, perlu Anda ingat bahwa fitur analisis ini sifatnya hanya memberikan perkiraan rata-rata saja. Jadi, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, pastikan Anda selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda atau melakukan pemeriksaan lanjutan.


BACA JUGA : 6 Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.