Manfaat Minum Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Sudah jamak penelitian yang membuktikan Manfaat Minum Madu Bagi Kesehatan Tubuh. Madu adalah cairan kental yang bersumber dari nektar bunga yang telah lebah hisap. Kandungan nektar hasil dari hisapan lebah ini adalah nutrisi alami yang tentunya berfaedah bagi kesehatan.

Khasiat lain dari cairan kental tersebut pun mampu menjadi pengganti gula putih yang lebih menyehatkan bagi tubuh manusia. Sehingga madu berperan sebagai pemanis alami yang sama seperti gula.

Alasan Tidak Boleh Berlebihan Meminum Madu

Namun, perlu diingat — di dalam madu juga terkandung kalori tambahan untuk tubuh sehingga setiap orang yang meminumnya jangan terlalu berlebihan sebab dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Manfaat Minum Madu Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Minum Madu Bagi Kesehatan Tubuh || Photo by ROMAN ODINTSOV on Pexels.com

Masalah kesehatan tersebut antara lain mulai dari penambahan berat badan sampai meningkatnya risiko penyakit lain seperti jantung dan diabetes. Untuk itu, penting sekali untuk semua wargi mengetahui cara mengonsumsi madu yang tepat dalam upaya mengoptimalkan khasiat madu.

Agar mengonsumsi madu terasa manfaatnya dengan signifikan maka sebelum memutuskan untuk mengonsumsi madu, wargi perlu mempelajari;

  • Jenis dan karakteristik madu.
  • Memerhatikan komposisi madu yang wargi beli secara detil, sebab terdapat produsen madu menambahkan bahan lain dalam madu olahannya.
  • Pakar gizi jamak yang menyarankan setiap orang agar meminum madu alami mentah (raw honey) setiap hari dan sesuai takaran.
  • Tepat pada waktunya. Waktu terbaik minum madu adalah pada saat pagi dan malam hari.

Minum Madu pada Waktunya

Minum Madu di Pagi Hari

Manfaat minum madu di pagi hari ketika perut masih kosong mampu membantu kerja pencernaan. Tidak itu saja, kalori yang terkandung dalam madu bisa memberikan energi bagi manusia sebelum mulai beraktifitas.

Minum Madu di Malam Hari

Sementara itu, manfaat minum madu di malam hari berfaedah bagi kesehatan tubuh manusia. Prakteknya, wargi bisa meminum madu di waktu menjelang tidur. Manfaat minum madu di malam hari ini dapat membantu wargi tidur lebih nyenyak dan tenang, serta dapat membantu menjaga sistem pencernaan selama tidur.

Cara Mengonsumsi Madu yang Tepat dalam Upaya Mengoptimalkan Khasiat Madu

Termasuk wargi-wargi, sejak lama telah banyak yang mengenal madu sejak lama, namun tidak ada salahnya redaksi menguraikan kembali Cara Mengonsumsi Madu yang Tepat dalam Upaya Mengoptimalkan Khasiat Madu. Berikut ini tips-tips mengonsumsi madu.

Konsumsi madu yang belum diolah (raw honey)

Guna memaksimalkan manfaat meminum madu, maka madu yang akan wargi minum adalah madu yang murni dan belum diproses. Apa pasal? Karena madu asli mengandung sifat anti-inflamasi yang mampu membantu mengurangi gejala pilek dan alergi. Dan madu murni lebih condong tidak memiliki kandungan bahan pemanis aditif, seperti fruktosa.

Seduh Madu dengan Teh atau Air Hangat

Madu yang wargi minum dalam teh atau air hangat bisa membantu meredakan sakit tenggorokan atau batuk dengan menghidrasi selaput lendir dan membuat lendir menjadi lebih tipis. Wargi cukup menambahkan 1 sendok teh (4,9 mL) atau lebih madu ke dalam secangkir teh atau air panas. Selanjutnya wargi akan merasa tenang karena minuman madu tersebut telah meringankan ketidaknyamanan pada tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Alternatif lain, wargi pun bisa mencampur air atau teh madu hangat dengan 1 sendok teh jus lemon sehingga rasanya menjadi lebih enak.

Minum Madu Sebelum Tidur untuk Menekan Batuk

Setiap orang yang menambahkan madu ke dalam secangkir teh hangat dapat meredakan gejala batuk dan membantu mendapatkan mood untuk tidur. Sangat disarankan, wargi untuk menambahkan madu ke teh yang dapat meningkatkan tidur, seperti chamomile atau teh herbal bebas kafein. Karena mencampur madu pada minuman teh berkafein bisa menyebabkan orang menjadi sulit tidur sehingga gejala batuk akan lebih terasa.

Jangan Memberikan Madu pada Anak di Bawah 1 Tahun

Spora dalam madu dapat menyebabkan botulisme yang langka pada anak-anak. Spora yang berbahaya tersebut bernama Clostridium botulinum. Saat spora ini berkembang biak di usus, mampu menghasilkan racun yang dapat membuat anak sakit. Untuk itu, wargi jangan memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun. Selain itu, sistem pencernaan anak di bawah 1 tahun masih belum dapat memproses madu dengan baik.

Madu yang Mengkristal Masih Aman dan Baik untuk Wargi Konsumsi

Jika wargi pernah memiliki madu yang mengkristal, tidak perlu risau, sebab itu mengindikasikan madu yang wargi punya adalah madu murni dan belum diencerkan serta tercampur dengan bahan lain semisal pemanis sehingga masih baik untuk dikonsumsi. Wargi cukup memanaskannya dengan hangat-hangat kuku untuk mencairkannya kembali, lalu wargi biarkan dingin secara bertahap agar madu tetap dalam bentuk cair.

Manfaat Mengonsumsi Madu Bagi Kesehatan

Kandungan madu sebut saja; antioksidan, mineral, dan enzim adalah kandungan yang potensial meningkatkan kesehatan. Antioksidan yang dimiliki mampu melindungi tubuh dari inflamasi atau peradangan. Peradangan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan gangguan autoimun.

Di dalam salah satu penelitian yang pernah dilakukan, telah terbukti antioksidan dalam madu soba terdeteksi dalam plasma darah, menunjukkan bahwa makan madu dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

Pada umumnya, dokter tidak merekomendasikan obat bebas untuk mengobati batuk dan pilek pada anak kecil sehingga orang tua sering mencari solusi alami. Dua sendok teh madu dapat meredakan batuk anak-anak di malam hari dan memungkinkan mereka untuk tidur. Tetapi dokter tidak merekomendasikan madu untuk anak di bawah satu tahun.

Walaupun madu memiliki berbagai manfaat, perlu wargi ingat kalau konsumsi madu tidak boleh berlebihan. Terutama bagi para pengidap diabetes atau orang dengan kondisi kesehatan yang sensitif dengan glukosa.

The American Heart Association merekomendasikan konsumsi glukosa per hari sebagai berikut.

  • Untuk wanita: wargi perlu mengonsumsi tidak lebih dari 6 sendok teh gula tambahan per hari (100 kalori).
  • Untuk laki-laki: wargi perlu mengonsumsi tidak lebih dari 9 sendok teh gula tambahan per hari (150 kalori).

Batasan tersebut di atas meliputi seluruh sumber gula tambahan dalam makanan. Untuk itu konsumsi madu secukupnya agar tidak melebihi batas tersebut. Dan perlu diperhatikan juga, bagi wargi-wargi yang rentan terhadap alergi harus berhati-hati dalam mengonsumsi madu. Walaupun alergi madu langka terjadi, namun ada potensi alergi terjadi. Hal ini kemungkinan karena serbuk sari lebah di dalam madu. 

Apa itu Bee Pollen?

Bee Pollen merupakan campuran serbuk sari dan enzim pencernaan dari lebah. Serbuk sari ini bisa berpotensi menimbulkan reaksi alergi yang serius, seperti: kesulitan bernapas, kepala pusing, perut mual, ingin muntah, letargi, tingkat keringat abnormal, pingsan, aritmia (denyut jantung tidak teratur), serta iritasi saat madu dioleskan ke kulit,

Apabila wargi mengonsumsi madu kemudian mengalami satu atau lebih dari gejala-gejala tersebut di atas agar mrnghubungi dokter segera serta tanyakan tentang pengobatannya.

Itulah sekilas informasi kesehatan seputar madu. Semoga wargi-wargi semua semakin bertambah wawasan setelah mengetahui waktu terbaik untuk mengonsumsi madu, tips mengonsumsi madu, manfaat, serta gejala alergi madu.

Mulai hari ini, wargi semua wajib mencermati jenis madu yang akan dikonsumsi dan jangan lupa untuk memastikan madu yang Anda akan konsumsi telah melalui proses produksi tanpa bahan tambahan yang mengurangi khasiat madu alami. Selamat beraktifitas!


BACA JUGA: Cara Menurunkan Berat Badan Berlebih


Share
%d bloggers like this: