Manfaat Senam Zumba untuk Badan

Manfaat Senam Zumba untuk Badan

Di Bandung, saat masih CarFree Day masih nge-trend di mana orang-orang senang sekali datang ke CFD hingga parkiran penuh di mana-mana dan orang tumpah di sepanjang jalan Dago — kita akan menjumpai banyak sekali senam yang diikuti banyak orang. Dan salah satu senam yang termasuk banyak sekali pengikutnya adalah senam zumba.

Manfaat Senam Zumba untuk Badan

Apa itu Senam Zumba?

Zumba merupakan sebuah olahraga dengan tujuan utama mendapatkan kebugaran yang baik bagi tubuh atau badan setiap orang yang melakukannya. Senam Zumba diciptakan oleh seorang penari dan koreografer asal Kolombia pada era 90-an yang bernama Alberto “Beto” Pérez yang sudah dipatenkan oleh Beto dengan nama merk dagang dari Zumba Fitness, LLC.

Bagaimana Cara Melakukan Senam Zumba?

Pada dasarnya setiap orang yang melakukan senam zumba adalah melakukan gerakan tari dengan irama yang menghentak membangkitkan semangat untuk bergerak. Wikihow telah merangkum tips-tips sebelum melakukan senam zumba.

  • Temukan tempat latihan zumba di daerah tempat kita. Kalau Anda tinggal di Soreang coba cari di internet, “Tempat latihan senam zumba terdekat?” Nanti akan keluar rekomendasi yang ditawarkan oleh mesin pencarian – Google misalnya.
  • Lakukan sendiri di rumah. Maksudnya, hari ini zaman sudah begitu berubah. Terutama semenjak pandemi dua tahun kemarin. Semua hal harus kita lakukan di rumah saja. Begitu pula dengan senam zumba – Anda bisa temukan tutorial melakukan senam zumba di YouTube.
  • Pelajari senam zumba baik teori dan prakteknya. Ada banyak senam zumba berdasarkan skill, misalnya Zumba Fitness. Hampir semua orang mampu melakukan zumba ini, senam zumba yang memiliki ritme dan beat atau ketukan yang enerjik – biasanya musik latin yang menjadi pengirin ketika kita melakukan senam zumba fitness.
  • Kalau bisa Anda lakukan latihan senam zumba dengan berbagai sumber, bisa langsung mendatangi kelas zumba yang berbeda-beda atau menonton YouTube dari berbagai rujukan atau sumber yang variatif.
  • Kenakan outfit yang sesuai. Karena tubuh kita akan memanas dengan cepat saat melakukan senam zumba maka kenakan pakaian yang tepat. Misalnya mengenakan kaos atau t-shirt yang mudah menyerap keringat.
  • Bawa barang pelengkap yang bermanfaat. Jangan lupa, setiap akan melakukan senam zumba, anda persiapkan juga pelengkap lain yang berguna seperti handuk dan tumbler yang diisi air minum.
  • Tunjukkan ekspresimu! Melakukan senam zumba kita harus kompromi dengan kebiasaan kita selama ini terutama bagi orang-orang yang pemalu. Apa pasal? Karena senam zumba adalah senam yang penuh dengan gerakan tarian dengan musik yang menghentak penuh semangat. Kalau kita malu-malu jangan harap mampu berhasil melakukannya. Setidaknya, kita berkeringat seusai melakukan senam zumba.

Cara Senam Zumba yang Ekspresif

  • Menarilah dengan all out atau lepas saja melakukannya agar kita bisa melakukan dengan maksimal. Cara paling mudah agar bisa totalitas dalam melakukan senam zumba adalah dengan menganggap seakan-akan tidak ada orang lain yang memerhatikan kita.
  • Gerakkan kedua tangan Anda. Cara paling mudah agar kita bisa lentur melakukan senam zumba adalah dengan menggerakkan kedua lengan. Kenapa semua penari bisa terlihat menarik karena, mereka tidak saja bergerak dengan bertumpu pada kedua kakinya tetapi mereka pun menggunakan kedua tangan terutama bagian lengan. Untuk itu, ayunkan tangan dan gerakkan badan nikmati irama yang menghentak dengan penuh semangat.

Manfaat Senam Zumba untuk Badan

Ada banyak manfaat bagi setiap orang yang melakukan senam zumba. Khususnya untuk badan, sedikitnya ada 5 manfaat yang akan dirasakan.

  1. Mengurangi stres. aktifitas yang padat serta pekerjaan yang seperti tiada habisnya membuat setiap orang merasa suntuk dan tertekan. Guna mengatasinya, lakukan olahraga salah satunya dengan bersenam zumba yang akan melepaskan hormon endorfin. Hormon ini mampu melecut perasaan bahagia dan melepas penat sehingga tidak stres.
  2. Berjejaring. Melakukan senam di berbagai tempat yang sudah kita pilih sebagai tempat yang layak untuk kita datangi dan ikuti kita akan bertemu dengan banyak orang yang tidak kenal sebelumnya lalu menjadi teman baru. Akhirnya, kita bisa menemukan teman-teman sefrekuensi dan membawa diri untuk bergaul dengan sehat dan baik.
  3. Menjaga berat badan tetap ideal. Para pakar dalam penelitiannya menghasilkan survei senam zumba selama 30 menit akan membakar kalori sekira 9,5 kalori per menit. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat bada maka lakukan senam zumba. Jangan lupa mengimbangi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi agar bada tetap sehat.
Manfaat Senam Zumba untuk Badan
#ilustrasi Manfaat Senam Zumba untuk Badan || Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Yuk lihat Aksi Senam Zumba di Car Free Day Dago?!

Itulah sekilas informasi tentang Cara Melakukan Senam Zumba semoga mengilhami. Semangat!


BACA JUGA: Cara Memilih Makanan Sehat

Artikel dan Pemberitaan dapat Anda baca di Google News.


Share
%d bloggers like this: