Menemui Para Tokoh Padalangan Sukabumi, Yayasan Jonggring Salaka Kota Bandung Bertandang ke Kadudampit Sukabumi

Menemui Para Tokoh Padalangan Sukabumi, Yayasan Jonggring Salaka Kota Bandung Bertandang ke Kadudampit Sukabumi

Dalam rangka konsolidasi dan silaturahmi dengan para tokoh Padalangan Sukabumi, Yayasan Jonggring Salaka Kota Bandung bertamu ke Sukabumi tadi (Jumat, 19/8).

Acaranya sendiri berlangsung di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi salah satu agendanya membicarakan wacana Gempungan Dalang Sajabar yang akan digelar di Kota Bandung.

Adi Truna selaku Ketua Yayasan Jonggring Salaka menyebutkan bahwa agenda Gempungan Dalang Sajabar ditargetkan akan digelar pada 2022.

“Insya Allah Gempungan Dalang Sajabar berlangsung di 2022. Agenda acara ini berangkat dari keresahan serta hilangnya pengetahuan Padalangan dari dalangnya sendiri,” ungkap Adi Truna.

“Kalau istilah Sunda-nya,’Iir ibarat monyet ngagugulung kalapa’, maksudnya sehari-hari bergelut dengan cangkang namun tidak pernah memahami isinya,” sambungnya.

Adapun tujuan dari Gempungan Dalang Sajabar tersebut guna menjaga nilai-nilai bagi regenerasi Padalangan di masa yang akan datang.

“Kelak para seniman wayang golek jangan sampai kehilangan sumber referensi ilmu padalangan baik secara nilai kaidah maupun filosofinya,” tegas Adi.

Bagaimana Dalang akan mampu menjadi penyebar ajaran (Juru Brata) – Adi melanjutkan, apabila dalangnya sendiri tidak mengenal dan memahami ilmu padalangan tersebut.

Notulensi dari Gempungan Dalang Sajabar ini telah masuk dalam draft (konsep) dan dibukukan. Dalam acaranya nanti, buku tersebut dapat menjadi bekal bagi para dalang yang akan hadir.

Adi Truna (kiri) dari Yayasan Jonggring Salaka Kota Bandung berfoto dengan salah satu tokoh padalangan Sukabumi, Iman Rusmandar
Adi Truna (kiri) dari Yayasan Jonggring Salaka Kota Bandung berfoto dengan salah satu tokoh padalangan Sukabumi, Iman Rusmandar

Salah satu tokoh padalangan Sukabumi, Iman Rusmandar mengatakan bahwa dengan adanya kunjungan dan konsolidasi tersebut bisa menjadi tali silaturahmi antara Sukabumi dengan Yayasan Jonggring Salaka dalam niat memajukan para dalang dan padalangan Jawa Barat, khususnya di Sukabumi.

“Saya mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kepada Kang Adi Truna yang telah menjadi inisiator acara Gempungan Dalang Sajabar nanti,” tutupnya.


BACA JUGA: Seni Reak Juarta Putra


Share
%d bloggers like this: