Mengenal Sosok Zhang Yiming Penemu Tiktok - Cover

Mengenal Sosok Zhang Yiming Penemu Tiktok

Home » Umum » Mengenal Sosok Zhang Yiming Penemu Tiktok

Sebelum diuraikan lebih lanjut tentang Mengenal Sosok Zhang Yiming Penemu Tiktok, kami ajak pembaca untuk kembali mengulasnya. Kenapa kok platform ini bisa begitu meledak? Termasuk kantornya yang tersebar di seluruh kota di penjuru dunia.

Apa itu TikTok?

TikTok merupakan media sosial yang memperbolehkan penggunanya membuat video dengan durasi pendek; 15 detik. Penggunanya diperbolehkan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh platform asal Cina tersebut mulai dari filter, musik dan beberapa menu fitur lainnya. Awalnya bukan TikTok nama aplikasi fenomenal ini, melainkan Douyin.

Douyin adalah bahasa Tiongkok untuk aplikasi TikTok, sampai hari ini masih beroperasi apabila kita coba searching di Google. Anda yang memiliki kemampuan baca dan tulis bahasa Tiongkok bisa mencobanya dan rasakan sensasinya dibandingkan dengan TikTok yang lebih universal.

Douyin diluncurkan kali pertama oleh perusahaan ByteDance pada September 2016. Cukup satu tahun bagi Douyin untuk bisa mengumpulkan 100 juta pengguna dan satu milyar video pendek. Dari sinilah popularitas Douyin kian menanjak dan percaya diri untuk melakukan ekspansi ke luar Cina. Mulailah namanya berubah menjadi – yang hari ini kian akrab di telinga – TikTok.

TikTok Kini Kian Booming

Hari ini TikTok kian booming, semua pemberitaan tidak henti-hentinya merilis isu tentang aplikasi ini. Dan memang TikTok-nya sendiri pun memunculkan iklannya setiap hari di internet. Pengguna aktif TikTok dunia sudah lebih dari 500 juta orang dan melejitkan nama-nama yang kini bisa dibilang sebagai seleb TikTok.

Dengan jumlah pengikut yaitu 90,8 juta orang membuat seorang Khaby Lame moncer dari TikTok . Pandemi yang mengharuskan warganya untuk di rumah saja ternyata membawa berkah di kehidupan Khaby. Perusahaan tempatnya bekerja memecatnya sehingga tidak banyak kegiatan yang dilakukan olehnya lalu mulai bermain TikTok dan akhirnya sukses sampai sekarang.

Selebriti Indonesia yang namanya kian populer di ranah TikTok adalah Clowy Estrop yang sebelumnya dikenal sebagai bintang sinetron. Perempuan cantik beranak satu ini, memiliki jumlah pengikut sebanyak 2,4 juta. Nama-nama lainnya yang moncer sebagai seleb TikTok Indonesia, antara lain; Sandy Saputra, Iggy Dzu serta serta cahyanirynn.

BACA JUGA :  Manfaat dan Persyaratan Donor Darah

Sandy Saputra yang memilih konsep random content – seperti yang ditulis di profil akun TikToknya, memiliki pengikut sebanyak 15 juta followers. Ada pula pengguna yang tengah merangkak viral disebabkan oleh konten-konten masa-masa SMP – SMA yang dibuatnya, yaitu Iggy Dzu.

@iggydzu

wah kamu ngasih pertanyaannya banyak bgt ya terus gampang semua lagi 🙂

♬ original sound – IGGY DZU – IGGY DZU
Sumber: Akun Asli Iggy Dzu

Kantor TikTok Tersebar di Banyak Kota di Dunia

Di halaman profil website resminya, TikTok mempunyai kantor yang tersebar di kota-kota seluruh dunia, sebut saja; Los Angeles, New York, London, Paris, Berlin, Dubai, Mumbai, Singapura, Jakarta, Seoul, dan Tokyo.”

Aplikasi Lain yang Mirip TikTok

Kesuksesan TikTok dengan ciri khasnya yang memudahkan pengalaman pengguna saat menggunakannya mendorong aplikasi lain untuk melakukan manuver serupa. Dua aplikasi lain yang mirip dengan TikTok dari sisi kemudahan bagi pengguna yang memakainya, yaitu Instagram reels dan YouTube Shorts.

Apa itu Instagram Reels?

Instagram Reels adalah fitur terbaru yang diluncurkan kali pertama di tahun lalu lebih tepatnya pada 5 Agustus 2020. Hari ini seluruh pengguna Instagram bisa membuat konten video pendek berdurasi 60 detik (sebelumnya persis dengan TikTok, hanya 15 detik) dengan diberi musik, bisa di-share ke teman-teman, pengikut dan berpotensi ditemukan dengan mudah di beranda oleh pengguna lain. Oleh sebab itulah banyak pihak yang menilai Reels akan menjadi salah satu pesaing TikTok.

Apa itu YouTube Shorts?

YouTube Shorts merupakan sebuah teknik baru bagi siapa saja yang hendak membuat konten video lewat YouTube dan berpotensi besar terhubung dengan penonton baru cukup dengan menggunakan smartphone dan kamera Shorts di aplikasi YouTube. Demikian penjelasan resmi dari tim support YT Shorts.

Dapat kita tarik kesimpulan untuk membuat konten video dengan durasi pendek semua orang bisa memilih dan memiliki tiga aplikasi; YouTube Shorts, Instagram Reels dan tentu saja sang pionir, TikTok.

Mengenal Sosok Zhang Yiming Penemu Tiktok

Itulah Fenomenal TikTok yang mampu mengguncang dan mempengaruhi kompetitor untuk berpikir keras bagaimana cara menyainginya. Di balik kesuksesan TikTok tentu saja ada orang yang membangunnya hingga kokoh seperti sekarang.

Adalah Zhang Yiming, seorang insinyur perangkat lunak yang lahir pada 1983 di Provinsi Fujian, Cina. Nama,”Zhang Yiming” pemberian orangtuanya dan memiliki arti, “Mampu memberi kejutan pada percobaan pertama”. Sebuah doa yang terbukti secara nyata!

BACA JUGA :  Inilah Rempah Rempah yang Berkhasiat untuk Tubuh

Sebelum menjadi seorang software engineer, Zhang Yiming duduk di bangku perkuliahan mengambil jurusan mikro elektronik pada 2005 di Universitas Nankai. Di kampus tersebut, pria pendiam dan tertutup ini menemukan jodoh dan menikah namun sampai dengan sekarang belum dikaruniai keturunan.

Awal karierZhang Yiming dimulai saat bekerja di perusahaan rintisan bernama Kuxun. Di perusahaan startup inilah, dirinya mengaku banyak belajar ilmu pemasaran sampai akhirnya bisa merintis perusahaan sendiri, ByteDance.

Sosok Zhang Yiming dikenal sebagai pribadi yang sopan, muda namun bijaksana, santun dalam berucap, penuh semangat tetapi logis. Berkat kepiawaiannya dalam mengembangkan ByteDance, kini perusahaan tersebut memiliki nilai valuasi sebesar USD $75.

Aplikasi lain yang dimiliki oleh ByteDance di luar TikTok adalah Duoshan. Platform ini yang digadang-gadang sebagai pesaing WeChat yaitu FlipChat serta satu unit aplikasi lainnya, DuoShan – aplikasi Video Messaging.

Mengenal Sosok Zhang Yiming Penemu Tiktok

Quotes Inspiratif Seorang Zhang Yiming
Quotes Inspiratif Seorang Zhang Yiming

Zhang Yiming sekarang masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia dengan nilai harta 878 triliun rupiah. Pada usianya yang memasuki 38 tahun, Zhang memilih mundur dari posisi CEO ByteDance dan lebih memilih untuk mendesain teknologi baru.

Portal The Verge memberitakan, salah satu alasannya mengundurkan diri sebab Zhang ingin nyaman dengan aktifitasnya. Ia lebih suka bekerja sendirian. Zhang mengakui kalau dirinya tidak lihai sebagai manajer yang sempurna. Ia lebih suka membaca, mendengarkan musik dan online mencari inspirasi baru untuk mewujudkan mimpi-mimpi lainnya.

Sampai dengan hari ini, Zhang Yiming tetap berada di di jajaran direksi ByteDance, hanya saja jabatannya sudah berbeda. Dirinya akan yang lebih fokus kepada strategi jangka panjang, mendesain kultur perusahaan dan tanggung jawab sosial.

Mengenal Sosok Zhang Yiming Penemu Tiktok – Platform ini pun tidak luput dari strategi memenangkan pasar. Sekarang sudah jamak perusahaan termasuk UKM yang memilih TikTok sebagai Sarana Pemasaran. Aplikasi TikTok hari ini bertranformasi menjadi aplikasi yang mendunia. Anak muda, mahasiswa, karyawan bahkan orang lanjut usia lebih memilih TikTok untuk mengaktualisasikan dirinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.